BerandaBlog
9 Model Pintu Minimalis dari Kayu, Stylish Sekaligus Elegan

9 Model Pintu Minimalis dari Kayu, Stylish Sekaligus Elegan

Bagikan
Sep 24, 2022

Pintu adalah salah satu bagian penting dari sebuah rumah dan menjadi akses utama untuk masuk dan keluar rumah. Pintu juga merupakan salah satu elemen focal point untuk mempertegas dan meningkatkan estetika pada sebuah hunian. Kini, terdapat banyak model pintu kayu minimalis yang bisa kamu pilih tergantung dari material yang digunakan serta modelnya. Karena itu, tak sedikit orang membutuhkan waktu dalam memilih model pintu untuk menyesuaikan konsep dari suatu ruangan atau hunian. Selain fungsi utamanya untuk melindungi rumah bagian dalam, fungsi pintu yang lainnya adalah untuk mempercantik tampilan depan rumah, mengatur sirkulasi udara dan cahaya, hingga pembatas ruangan.

Sebelum kamu memilih pintu yang ingin kamu aplikasikan di rumah milikmu untuk mempercantik tampilan rumah, yuk simak desain pintu yang super keren seperti beberapa pilihan model pintu minimalis dari kayu berikut ini!

Model Pintu Kayu dengan Kaca

Model pintu kayu dengan kaca memiliki nuansa minimalis dan elegan.

Sumber: Simpson Door

Model pintu kayu dengan kaca ini memiliki nuansa minimalis modern dan juga elegan. Siapa pun yang melihat model pintu satu ini dipastikan akan jatuh hati sejak pandangan pertama.

Model pintu kayu dengan kaca seperti gambar di atas, cocok dijadikan pintu utama rumah. Desain dari pintu ini tidak akan terasa “too old” karena aksen kaca dari pintu memberikan gaya modern dan klasik pada rumahmu. Pemasangan handle pintu berwarna gold juga menambah kecantikan desain pintu minimalis dari kayu ini.

Baca juga: 7 Arsitektur atau Fasad Rumah Kekinian yang Lagi Trending

Model Pintu Kayu Barcode

Pintu kayu barcode desainnya menyerupai garis-garis barcode.

Sumber: Fortandfield Blogspot

Model pintu dari kayu ini mendapat julukan pintu barcode berkat desainnya yang memang menyerupai garis-garis barcode. Deretan bilah-bilah kayu vertikal dengan ukuran lebar yang bervariasi memberikan tampilan pintu menjadi lebih natural yang menawan.

Balutan warna cokelat hangat terlihat kontras dengan dinding hitam di kedua sisi yang membuat pintu tidak membutuhkan tambahan dekorasi apa pun. Pengaplikasian model pintu minimalis dari kayu ini juga memiliki kemiripan dengan dinding rumah sehingga tercipta keseragaman tema yang sama.

Model Pintu Kayu Double Dutch

Model pintu minimalis dari kayu double dutch banyak digunakan di masyarakat Eropa.

Sumber: Pinterest

Model pintu dari kayu dengan gaya double dutch masih sangat jarang digunakan di Indonesia. Biasanya model pintu minimalis dari kayu jati ini banyak digunakan oleh masyarakat pedesaan di Eropa terutama di negara Belanda. Model pintu seperti farmhouse ini, memiliki bagian jendela dan pintu yang keduanya dapat dibuka secara terpisah.

Bagi kamu pecinta gaya hunian pedesaan yang minimalis, pintu double dutch bisa memberikan sentuhan berbeda pada hunian milikmu, lho!

Model Pintu Kayu Sliding Door

Model pintu minimalis dari kayu sliding membuat penggunaan ruang lebih efisien.

Sumber: Goodhill

Model pintu sliding memang mirip dengan model pintu yang diaplikasikan di hunian Jepang. Bagi kamu yang saat ini sedang mencari pintu untuk ruangan yang tidak begitu luas, pintu dengan model ini wajib kamu pertimbangkan.

Untuk materialnya, kamu bisa bebas memilih jenis kayu yang digunakan. Supaya menambah kesan elegan pada pintu tersebut, tambahkan pernis sebagai pewarnanya. Namun, model pintu minimalis satu ini mewajibkan kamu untuk rajin membersihkan bagian atas pintu agar selalu bisa digeser dengan mudah.

Ada sejumlah kelebihan dalam menggunakan sliding door dari kayu pada hunian milikmu, antara lain:

  • Penggunaan ruang menjadi lebih efisien.
  • Sliding door dapat dibuka dan ditutup dengan energi yang lebih efisien.
  • Menambah kesan minimalis ruangan lebih kuat.
  • Mengubah ruangan sempit menjadi terlihat luas.
  • Memaksimalkan akses ke beberapa ruangan sekaligus.

Baca juga: Ide Variasi Pagar Tembok agar Tampilan Rumah Makin Menarik

Model Pintu Kayu Bergaya Kontemporer

Sumber: Hipwee

Model pintu minimalis dari kayu 2 pintu seperti di atas cocok diaplikasikan pada hunian bergaya modern kontemporer. Kamu bisa mengaplikasikan pintu dengan model kontemporer yang menggunakan material kayu, kaca, dan besi warna hitam. Besi hitam pada pintu memberi kesan kokoh dan elegan pada pintu rumah. Bentuk terali pada pintu juga menambah fasad rumah menjadi lebih menawan.

Model Pintu Kayu Bergaya Industrial

Sumber: Archiproducts

Selanjutnya ada model pintu minimalis dari kayu kamper yang bergaya industrial yang memberi kesan alami pada hunian. Tak heran jika model pintu ini dapat memberikan nuansa minimalis dan elegan karena sangat cocok dipadukan dengan dinding bata ekspos. Dalam hal ini, kamu bisa memilih warna cat yang cocok digunakan pada pintu tersebut. Selain itu, finishing naked kayunya juga menjadi aksen organik yang menonjol di antara material batu ekspos dan metal pada hunian.

Untuk menjaga nuansa minimalis dan elegan, pilihlah pintu kayu dengan warna netral, misalnya warna cokelat, cream, putih, dan hitam atau kamu juga bisa memadukan beberapa warna tersebut.

Model Pintu Kayu Folding Door

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Sumber: Home World Design

Bingung memilih model pintu minimalis dari kayu untuk area teras atau balkon? Pakai saja desain folding door (pintu lipat) ala Japandi seperti di atas yang memberikan sirkulasi udara pada ruangan secara maksimal.

Penggunaan desain pintu lipat dengan bukaan yang besar membuat rumah terasa lebih lapang. Kesan lapang ini tercipta dari tidak adanya sekat di antara ruang dalam dan ruang luar sehingga kamu dan anggota keluarga pun menjadi lebih leluasa untuk beraktivitas di dalamnya.

Model Pintu Kayu Hunian Bergaya Minimalis

Sumber: Greenply

Model pintu minimalis dari kayu 1 pintu seperti di atas banyak ditemui pada semua hunian di Indonesia. Untuk membuat atau memasang model pintu untuk hunian minimalis ini, kamu bisa menggunakan material kayu yang memiliki serat dan warna alami, seperti kayu meranti, kayu kamper samarinda, kayu jati, dan kayu olahan lainnya.

Model pintu dari kayu tanpa ukiran ini dibuat dengan clear finishing natural menggunakan water based pelitur dan pernis yang mewujudkan desain pintu rumah minimalis serta cantik. Elemen kayu dengan warna natural seperti warna putih akan membawa suasana klasik minimalis yang menghangatkan ruangan.

Model Pintu Kayu Vertical Pivot Door

Sumber: Pinterest

Apakah kamu bisa menebak ada yang unik dari model pintu di atas? Ya, pintu ini tidak mempunyai slider yang terlihat. Model pintu dari kayu ini bernama vertical pivot door. Model pintu ini terinspirasi dari folding door dan sliding door sehingga lahirlah pintu dengan model seperti ini. Apabila kamu pernah melihat movable partition yang memisahkan satu ruangan dengan ruangan lain, hal itu juga yang menginspirasi terlahirnya desain pintu ini, lho!

Bagi kamu yang kreatif dan ingin mencoba hal baru, vertical pivot door cocok diaplikasikan pada hunian milikmu, lho! Hal yang perlu kamu ingat bahwa pintu seperti ini didominasi oleh material kayu sehingga pilihlah material kayu yang kuat dan tidak mudah dimakan rayap, ya!

Baca juga: Elegan dan Indah, Inilah Inspirasi Cat Rumah Minimalis

Tips Memilih Pintu Kayu Minimalis

Setelah kamu mengetahui beberapa model pintu minimalis dari kayu di atas, kamu juga perlu mengetahui tips memilih pintu kayu untuk bisa diaplikasikan pada hunian milikmu, lho! Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Sesuaikan Tujuan Penggunaan Pintu Kayu pada Hunian

Pintu kayu memiliki sifat yang luwes. Kamu dapat menggunakan pintu kayu untuk keperluan eksterior dan interior hunian milikmu. Dengan kata lain, kamu dapat menggunakannya sebagai pintu utama rumah ataupun pintu kamar. Karena itu, pintu kayu sangat cocok bagi kamu yang ingin menjaga keserasian desain dan material antara bagian luar dengan bagian dalam pada sebuah hunian.

Dengan perawatan yang baik, kualitas dan keawetan pintu kayu dapat melebihi berbagai jenis pintu dengan material lain.

Tentukan Jenis Kayu yang Dipakai

Walaupun kini sudah terdapat berbagai jenis kayu yang dapat dipakai menjadi pintu, tapi masing-masing kayu memiliki kualitas yang berbeda, lho! Pastikan kamu memilih jenis kayu yang kokoh dan awet untuk rumahmu, ya! Kayu sangat direkomendasikan adalah kayu jati, kayu merbau, kayu kamper, dan kayu meranti.

Untuk pintu kayu dengan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa memilih jenis pintu dari kayu pinus, sengon, atau mahoni. Ketiga material kayu ini cocok untuk pintu interior saja karena tidak terlalu tahan terhadap cuaca.

Memilih Kualitas Kayu

Pilihlah material kayu yang kering atau telah melewati proses oven, sebab kayu yang sudah kering tidak mudah melengkung jika terjadi perubahan cuaca. Kayu yang melengkung akan menjadikan pintu sulit untuk dibuka dan ditutup.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jendela Rumah Minimalis yang Cocok Untuk Kamu!

Pilih Ukuran Pintu Berdasarkan Ruangannya

Pilihlah ukuran pintu berdasarkan ruangannya, ya! Misalnya saja, ukuran pintu utama rumah akan berbeda dengan ukuran pintu untuk kamar tidur.

Ketebalan Pintu Kayu

Pilihlah pintu kayu yang bagus memiliki ketebalan 3,5 cm hingga 4 cm agar pintu tetap kuat dan aman untuk dipakai bertahun-tahun.

Model Desain dan Motif Pintu Kayu

Banyak sekali model pintu kayu yang dapat dibentuk, model minimalis adalah model yang banyak dipakai pada hunian saat ini.

Pintu kayu sangat cocok diterapkan disegala jenis model rumah karena desain yang dinamis dari sangat menyejukkan bila dipandang. Pintu kayu juga cenderung tidak kaku karena dapat dibentuk dan diberi ukiran seni pada daun pintunya.

Spesifikasi kualitas pintu yang sangat kualitasnya bagus, antara lain:

  • Stabil,
  • Anti rayap,
  • Anti susut,
  • Anti lengkung,
  • Anti pecah,
  • Anti retak.

Finishing pintu kayu juga bisa disesuaikan dengan menggunakan duco, melamic, atau PU (Poly Urethane).

Sesuaikan dengan Budget

Apabila kamu sudah memilih pintu yang sesuai dengan keinginanmu, tapi harganya terlalu tinggi, kamu perlu memikirkan ulang, ya!

Supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari, usahakanlah untuk membeli atau membuat pintu sesuai dengan budget yang telah kamu tentukan.

Apa pun variasi model pintu rumah yang kamu inginkan pasti selalu ada cara untuk mewujudkannya. Jika kamu ragu untuk memasang pintu rumah sendiri, serahkan tugas tersebut pada orang yang lebih berpengalaman.

Dengan menggunakan aplikasi Kanggo, kamu bisa menemukan tukang profesional dan terlatih yang dapat membantu segala kebutuhan perbaikan rumah. Termasuk untuk memasang model pintu minimalis dari kayu yang cocok untuk rumah hunian milikmu.

Adanya aplikasi Kanggo, untuk mencari dan mendapatkan tukang menjadi mudah, tinggal klik, tukang besok pasti datang. Kanggo berkomitmen akan membantu segala kebutuhan pemasangan atau renovasi hunian milikmu.

Kalau kamu masih memerlukan aneka tips dan inspirasi seputar hunianmu, kamu bisa membacanya di sini.

Yuk unduh Kanggo sekarang melalui PlayStore dan App Store.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami