BerandaBlog
Rincian Biaya Plester Dinding dan Cara Menghitung

Rincian Biaya Plester Dinding dan Cara Menghitung

Bagikan
Sep 17, 2022

Berapakah biaya plester dinding ruangan di dalam rumah? Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam menentukan besaran biaya yang perlu dikeluarkan untuk pengerjaan plesteran dan acian pada dinding rumah.

Biasanya, rencana anggaran untuk melakukan pekerjaan ini dibuat berbarengan dengan RAB pembangunan rumah yang akan kamu buat. Ini diperlukan untuk memperkirakan dan mempersiapkan biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah hunian.

Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir biaya tak terduga yang akan membuat pengeluaranmu semakin membengkak.

Untuk bisa memperhitungkan biaya plester dinding yang akan kamu perlukan, ada baiknya kamu mencari tahu komponen dan material apa saja yang diperlukan dalam proses pengerjaannya.

Nah, agar kamu dapat mengetahui biaya plester dinding yang sesuai dengan kebutuhanmu, yuk simak cara menghitungnya pada artikel ini!

Biaya Plesteran dan Acian Dinding

biaya-plester-dinding

Sebelum masuk ke tahap pengerjaan, ada baiknya kamu mengetahui material yang diperlukan dalam proses plesteran dan acian pada dinding rumahmu. Material plesteran yang umum digunakan adalah material yang sudah disesuaikan dengan Standar Nasional Indonesia, yakni:

  • Semen Portland (PC)
  • Pasir pasang (PS)
  • Air

Sementara itu, komponen lain yang tidak kalah penting dalam proses plesteran dan acian ini adalah biaya pengerjaan atau biaya tukang. Umumnya, tidak hanya 1 jenis tukang yang akan mengerjakan plesteran dan acian dinding ini. Tukang lain yang terlibat dalam pekerjaan plesteran sesuai dengan SNI DT-91-0010-2007 adalah sebagai berikut:

  • Pekerja
  • Tukang batu
  • Kepala tukang
  • Mandor

Akan tetapi, untuk komponen kepala tukang dan juga mandor bisa kamu hilangkan apabila proses pekerjaan plesteran yang dilakukan memiliki skala yang kecil.

Nah, di bawah ini merupakan perhitungan biaya yang digunakan untuk menentukan harga per satuan pekerjaan berdasarkan SNI DT-91-0010-2007.

Perhitungan untuk Memasang 1 m² Acian:

biaya-plester-dinding

Dari tabel di atas ini dapat diketahui bahwa biaya memasang acian yang sesuai standar per 1 m² adalah sebesar Rp 10.750/m².

Kemudian, untuk mengetahui biaya pemasangan plesteran per 1 m² berdasarkan SNI DT-91-0010-2007, perhitungannya adalah sebagai berikut:

biaya-plester-dinding

Berdasarkan tabel di atas, dapat kita lihat bahwa biaya plesteran per meter perseginya adalah sebesar Rp 33.661/m². Perhitungan pada pekerjaan plesteran dinding ini sudah sesuai dengan SNI DT-91-0010-2007.

Baca juga: Cara Plester Tembok dan Manfaatnya Untuk Hunian Lebih Kuat

Sementara itu, cara menghitung pemasangan plesteran skoning per 1 m² untuk kebutuhan 1 PC : 2 PP dengan lebar 10 mm, perhitungannya akan menjadi seperti berikut ini:

biaya-plester-dinding

Dari perhitungan yang telah dituliskan di atas, perlu kamu ketahui bahwa biaya yang akan dikeluarkan pada setiap daerah mungkin akan berbeda-beda. Sebab, masing-masing daerah memiliki standar harga yang ditetapkan untuk menggunakan jasa tukang.

Begitu pula dengan material yang akan kamu gunakan. Semakin bagus bahan yang kamu pilih, semakin besar pula biaya yang harus kamu keluarkan. Jadi, pastikan kembali anggaran yang telah kamu buat dengan kondisi yang ada di sekitar lingkungan rumahmu, ya!

Luas Pekerjaan Plesteran dan Acian

Setelah kamu mengetahui rincian biaya plesteran dan acian dinding, kini saatnya untuk menghitung luas dinding yang akan dikerjakan. Untuk dapat menemukan luas dinding yang akurat, kamu bisa mengalikan panjang dan lebar dinding kemudian mengurangi jumlahnya dengan luas kusen pintu dan jendela yang ada di dalam ruang.

Rumus mengukur luas dinding yang akan diplester:

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Tahap selanjutnya adalah mengalikan luas dinding yang akan diplester dengan jumlah biaya plesteran seperti yang telah disampaikan pada tabel di atas.

Rumus untuk mengetahui total biaya plesteran yang kamu butuhkan adalah:

Biasanya, RAB plesteran dan acian dinding ini sudah dibuat berbarengan dengan RAB pembangunan rumah secara utuh.

Menghitung biaya plesteran dan acian penting dilakukan sebelum kamu mulai membangun sebuah hunian. Rancangan pembangunan yang dibuat dengan detail akan membantu kamu mempersiapkan biaya dan anggaran yang mesti kamu keluarkan.

Selain itu, rincian anggaran yang kamu siapkan bisa membantu meminimalisir pembengkakan biaya pada proses pembangunan rumah nantinya.

Baca juga: 5 Tips Mengecat Tembok yang Belum Diplester

Cara Menghitung Plesteran dan Acian Dinding

Untuk membantu kamu memahami perhitungan plesteran dan acian dinding rumah, mari kita aplikasikan cara menghitung biaya plesteran dan acian yang sudah disampaikan sebelumnya.

Apabila diketahui:

  • Ukuran ruangan = 3 m x 3 m
  • Tinggi dinding = 3,2 m
  • 1 buah kusen jendela berukuran 0,8 m x 1,2 m
  • 1 buah kusen pintu berukuran 1 m x 2,3 m

Berdasarkan data tersebut maka bisa kita tentukan luas dinding yang akan diplester, yakni:

Luas dinding () = (panjang x tinggi dinding) – (lebar kusen x tinggi kusen pintu) – (lebar kusen x tinggi kusen jendela)

  • Luas dinding (m²) = 4 x (3 m x 3 m) – (1 m x 2,3 m) – (0,8 m x 1,2 m)
  • Luas dinding (m²) = 36 m² – 2,3 m² – 0,98 m²
  • Luas dinding (m²) = 32,72 m²

Setelah mengetahui luas dinding, berikut adalah perhitungan biaya yang kamu butuhkan untuk mengerjakan plesteran dan acian pada dinding tersebut sesuai dengan pembagian pada tabel di atas.

Biaya plesteran = Luas plesteran x Harga per meter

  • Biaya plesteran = 32,72 m2 x Rp 33.661/m²
  • Biaya plesteran = Rp 1.101.387

Jadi, total biaya yang kamu butuhkan untuk melakukan pekerjaan plesteran dan acian pada ruangan berukuran 3 m x 3 m adalah sebesar Rp 1.101.387.

Pentingnya Menghitung Biaya Plesteran dan Acian Dinding

Perhitungan biaya plester dinding di atas adalah salah satu contoh yang bisa kamu gunakan untuk mencari tahu biaya plesteran dan acian dinding yang sesuai dengan ruanganmu.

Baca juga: Cara Plester Lantai Supaya Tidak Retak, Simpel dan Mudah

Tentu saja untuk masing-masing ukuran ruangan yang digunakan akan memiliki besaran biaya yang berbeda. Begitu pula dengan biaya jasa tukang di setiap daerah yang berbeda.

Oleh sebab itu, kamu perlu benar-benar mencari tahu biaya tukang yang ada di sekitar tempat tinggalmu dan harga dari setiap komponen yang kamu butuhkan untuk melakukan plesteran dan acian dinding ini.

Akan tetapi, jika kamu masih kesusahan untuk mendapatkan hitungan yang tepat pada dinding rumah, kamu bisa meminta bantuan pada seseorang yang lebih ahli.

Sementara itu, untuk memudahkan kamu melakukan pengerjaan plesteran dan acian pada hunian, kamu bisa memesan tukang terlatih dan profesional dari Kanggo melalui aplikasi yang bisa kamu unduh melalui Google PlayStore atau App Store. Nikmati kemudahan mewujudkan hunian impian kamu bersama Kanggo. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba Kanggo sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami