BerandaBlog
Tips Mengecat Tembok untuk Menutupi Retak Rambut

Tips Mengecat Tembok untuk Menutupi Retak Rambut

Bagikan
Tips Mengecat Tembok untuk Menutupi Retak Rambut
Feb 14, 2022

Tembok kamu mengalami retak rambut? Tentunya hal ini sangat menyebalkan. Sebab tentu akan memudarkan nilai estetika hunian dan mengganggu bagi orang-orang yang melihat hal tersebut. Sebagai solusi, kamu bisa menutupinya dengan cat tembok untuk menutupi retak rambut.

Retak rambut merupakan masalah yang sering terjadi, baik di rumah baru maupun rumah lama. Sebenarnya ini bukan hal yang perlu dikhawatirkan, karena bisa diatasi dengan mudah sehingga rumahmu akan mulus kembali dan terlihat baru lagi.

Nah, untuk kamu yang belum tahu bagaimana caranya untuk mengatasi retak rambut, simak penjelasan berikut ini.

Cat Tembok untuk Menutupi Retak Rambut, Ini Caranya

Retak rambut memang paling sering terjadi di bangunan terlebih ketika pelapisan plester selesai dibuat. Hal ini muncul karena suhu ruangan terlalu panas. Meski sebenarnya ada beberapa alasan lain, mengapa muncul retakan  rambut pada tembok.

Biasanya retakan bisa sepanjang satu milimeter dan hanya menyentuh lapisan atas saja. Pola arah letaknya juga tidak beraturan. Namun kerap, retakan rambut ini muncul di area pintu dan jendela, bagian yang lemah dibandingkan bagian lainnya.

Penting juga untuk membedakan retakan berstruktur dan non struktur. Retakan non terstruktur biasanya lebih umum terjadi, namun retakan ini tidak bisa dihindari. Sehingga kamu hanya bisa mengatasinya dengan cara menutupnya dengan cat.

Hal ini tidak lain karena pengerjaanya dalam menggunakan cat tembok untuk menutupi retak rambut. Pada dasarnya untuk membuat sebuah tembok harus memiliki proses urutan yang sesuai. Mulai dari pemasangan material, plester, aci, hingga finishing. Jika urutan tersebut sampai terbalik, tentu berpotensi menimbulkan kerusakan di kemudian hari.

Bila retakan lebih dalam dan melebar, bahkan masih melebar walau kamu sudah mengatasinya, berarti itu masuk dalam retakan struktural. Jika sampai ada keretakan struktural ini, kamu perlu hati-hati karena bisa merubah struktur bangunan.

Hal tersebut dapat membuat pintu dan jendela tidak bisa ditutup rapat. Jika retak terjadi karena masalah struktural, sebaiknya kamu memanggil tukang dinding yang ahli di bidangnya karena cat tidak dapat menyelesaikan masalah ini.

Baca Juga: 5 Tips Mengecat Tembok yang Belum Diplester

Langkah Mudah Mengatasi Retak Rambut

Jika terjadi retak rambut pada dinding rumah kamu, bisa diatasi dengan menggunakan cara ini. Untuk perbaikan kamu bisa melakukannya dengan cara menggunakan cat tembok untuk menutupi retak rambut. Jika kamu memperhatikan dan mempraktekan dengan baik, maka tembok bisa kembali halus seperti semula.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Baca Juga: Cara Plester Lantai Supaya Tidak Retak, Simpel dan Mudah

Kikis Lapisan Cat Lama

Untuk mengikir menggunakan amplas kasar, hingga lapisan aci terlihat. Hal ini berlaku untuk retakan yang ada di bagian cat saja. Untuk mengatasinya, setelah diamplas kamu hanya perlu mengecat ulang.

Membersihkan Sekitar

Pastikan kamu membersihkan debu dan kotoran menggunakan sikat dan lap dinding dengan kain basah. Hal ini mencegah ada debu dan kotoran yang dapat mempengaruhi hasil pengecatan.

Mengaplikasikan Plamir

Kamu bisa mengaplikasikan plamir pada dinding dan tutupilah semua retaknya. Setelah mengoleskan hingga rata, tunggu hingga 1 hari. Setelah kering amplas lagi dan gunakan rol cat atau kuas cat untuk menutupi retak rambut.

Baca Juga: Cara Membuat Plamir Tembok yang Berkualitas

Itu dia cara menggunakan cat tembok untuk menutupi retak rambut yang bisa kamu coba. Butuh tukang profesional untuk melakukan perbaikan dindingmu? Kanggo siap mempertemukanmu dengan tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumah, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi.

Download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami