BerandaBlog
Cara Membuat Plamir Tembok yang Berkualitas

Cara Membuat Plamir Tembok yang Berkualitas

Bagikan
Cara Membuat Plamir Tembok yang Berkualitas
Feb 15, 2022

Banyak yang menganggap bahwa menggunakan cat benar dan tepat saja sudah cukup untuk bisa mendapatkan hasil lebih sempurna pada dinding rumah. Padahal untuk memberikan hasil yang terbaik kamu membutuhkan lebih dari sekedar cat berkualitas. Plamir tembok adalah upaya untuk menghasilkan pengecatan yang baik. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui cara membuat plamir tembok yang baik.

Baca Juga: Cara Plester Lantai Supaya Tidak Retak, Simpel dan Mudah

Ini Dia Cara Membuat Plamir Tembok

Apa itu plamir tembok? Plamir tembok adalah cara melapisi tembok dengan menggunakan bahan maupun material yang khusus sebelum kamu melakukan proses pengecatan. Material dari plamir tembok ini merupakan campuran lem, air, serta kalsium dan mempunyai tingkat kekentalan tertentu.

Plamir bisa membantu menghaluskan permukaan dinding yang berlubang, tidak rata, maupun bertekstur sehingga bisa menyebabkan gangguan ketika melakukan pengecatan. Pengaplikasian plamir tembok dengan benar memiliki dampak yang cukup baik dan bagus pada hasil akhir dari pengecatan. Kalau kamu ingin hasil akhir mengecat rumah yang sempurna, maka perlu kamu ketahui cara membuat adonan plamir yang tepat di rumah.

Baca Juga: 5 Tips Mengecat Tembok yang Belum Diplester

Bahan-Bahan Membuat Plamir Tembok

Bahan yang diperlukan untuk membuat plamir bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan sendiri. Berikut ini bahan-bahan yang biasanya digunakan.

  1. Semen putih yang memiliki kualitas bagus
  2. Kalsium atau kapur bangunan atau kalsit bagus dengan warna putih mulus, jangan pilih yang warnanya buram
  3. Super cement
  4. Lem kayu putih

Komposisi dan Tips Pembuatan Adonan

  1. Bahan Super Cement
Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Hal pertama yang bisa kamu campurkan yakni o,5 kg super cement. Berikutnya tambahkan air sebanyak 20 liter baru. Setelah itu, diaduk hingga rata.

  1. Semen Putih

Bahan kedua yang bisa kamu campur dalam adonan untuk membuat plamir yakni semen putih. Memasukkan semen putih 1 kg dan ditambah kalsium kurang lebih sebanyak 2 kg akan menghasilkan adonan yang kuat.

  1. Lem Kayu

Lem kayu berfungsi untuk membantu merekatkan supaya tembok menjadi lebih halus ketika nanti dilakukan pengecatan. Kamu bisa masukkan lem kayu 1 kg serta tambahkan 3 liter air lalu campurkan dengan dituangkan dalam ember.

  1. Pencampuran

Setelah kamu mencampur semua bahan dalam satu wadah, aduk hingga semuanya merata. Plamir tembok sudah siap kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan plamir tembok tersebut sesuai dengan kebutuhan sendiri maka tinggal menuangkan saja dengan takaran adukan yang diperlukan.

Baca Juga: 6 Keramik yang Cocok untuk Kamar Tidur Model Terbaru

Cara membuat plamir tembok seperti di atas sangat mudah bukan? Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah kamu dapatkan di toko bangunan. Setelah kamu selesai melakukan mengaplikasikan plamir tersebut, maka perlu dipastikan bahwa semua pori-pori maupun lubang telah tertutup secara merata. Diamkan terlebih dahulu plamir sampai kering atau biasanya plamir tembok memerlukan waktu kurang lebih 24 jam supaya benar-benar merata dan menempel sempurna.

Jika kamu membutuhkan jasa tukang dinding atau perbaikan rumah lainnya, tak perlu repot sendiri karena ada solusi yang lebih mudah, praktis, dan dapat menghemat tenaga kamu.

Panggil tukang profesional untuk mengerjakan renovasi dan perbaikan rumah kamu. Cari tukang yang sesuai dengan kebutuhan kamu lebih mudah dengan aplikasi Kanggo. Download aplikasi Kanggo di PlayStore & App Store sekarang.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami
Aplikasi Kanggo
Pesan Tukang Jagoan Sekarang
Download