BerandaBlog
Mengatasi Retak Rambut pada Dinding Rumah Anda

Mengatasi Retak Rambut pada Dinding Rumah Anda

Bagikan
Sep 2, 2020

Sobat Kanggo, memiliki hunian yang nyaman untuk ditinggali tentunya merupakan impian kita semua, namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa semakin lama kita mendiami sebuah rumah pasti semakin banyak pula permasalahan fisik bangunan yang bisa muncul, apalagi jika kita tidak pandai dalam memelihara kondisi bangunan tersebut. Ibarat manusia; semakin lanjut usia, pasti akan semakin banyak penyakit yang dapat menyerang tubuh kita apabila kita tidak pandai dalam menjaga kesehatan dan merawat kondisi tubuh kita. Demikian juga dengan rumah kita; semakin tua usianya, semakin banyak kerusakan yang bisa saja terjadi, belum lagi pengaruh faktor eksternal seperti perubahan cuaca, bencana alam dan lain sebagainya.

Nah, tentunya kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan berbagai permasalahan yang sering terjadi di rumah kalian masing-masing, mulai dari atap yang bocor, cat dinding yang mengelupas, dinding yang retak, pipa yang bocor, kusen dihinggapi rayap dan lain sebagainya. Nah, pada artikel kali ini, kita khusus akan membahas tentang salah satu kerusakan yang paling sering dan paling umum terjadi di hampir setiap rumah, yaitu dinding retak.

Sebelum mengetahui cara mengatasi keretakan pada dinding, kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis keretakan berdasarkan penyebabnya, karena beda penyebabnya beda pula cara mengatasinya. Keretakan pada dinding dapat disebabkan oleh pergerakan struktur pada pondasi, perbedaan bahan penyusunnya, akibat pemasangan pipa conduit, akibat saluran pipa yang rusak, akibat penyusutan bahan dan lain sebagainya. Ada sebagian yang membahayakan, ada juga yang tidak. Namun, pada pembahasan kali ini kita khusus akan membahas keretakan yang paling sering dan paling umum terjadi di setiap rumah, yaitu retak rambut. Jenis retakan yang satu ini sering diremehkan karena bentuknya yang halus seperti rambut dan sebenarnya tidak membahayakan, namun pemandangan seperti ini sangat mempengaruhi keindahan estetika rumah Anda. Dinding rumah jadi tidak enak dipandang karena retak rambut ini bentuknya bercabang-cabang.

Retak rambut biasanya terjadi akibat pengacian yang tidak sesuai dengan kondisi standar pengerjaan acian. Misalnya, dinding yang masih dalam kondisi panas akibat sinar matahari langsung di aci. Tentunya disini terjadi perbedaan suhu yang cukup signifikan antara suhu acian yang relatif dingin akibat campuran air dengan suhu dinding yang panas akibat sinar matahari, sehingga kedua jenis material ini tidak dapat menyatu dengan sempurna, acian menjadi tidak melekat dengan sempurna pada permukaan dinding yang panas, akibatnya muncul banyak retakan halus dan bercabang-cabang.

Untuk mencegah keretakan ini terjadi dikemudian hari, ingatkan tukang agar menyiram permukaan dinding yang akan di aci terlebih dahulu dengan air, lalu tunggu beberapa saat sampai air meresap ke dalam pori-pori dinding dan menyesuaikan suhu dinding dengan suhu ruangan, baru kemudian pengacian dapat dilakukan. Namun, apabila keretakan ini terjadi setelah dinding sudah di aci dan sudah di cat, atau dalam kata lain beberapa waktu setelah Anda sudah mendiami rumah, maka cara mengatasinya sebagai berikut:

  1. Buatlah celah yang sedikit lebih besar pada retakan dinding yang halus dan bercabang-cabang tersebut dengan menggunakan kape ataupun cetok. Ini bertujuan agar acian yang baru bisa masuk mengisi ke dalam celah retakan tersebut.
  1. Buatlah adonan acian yang baru dengan komposisi yang ideal antara air dan semen, lalu tambahkan cairan bonding agent, seperti styrobond (anda juga dapat menggunakan merek lain) ke dalam adonan acian baru tersebut, lalu aduk hingga semua bahan menyatu. Cairan bonding agent ini berfungsi agar membuat adonan acian memiliki daya rekat yang tinggi.
  1. Kemudian aplikasikan acian baru ini pada semua retakan yang ada dengan mengisi celah-celah yang sudah diperbesar sebelumnya. 
Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
  1. Setelah kering, permukaan dinding yang sudah ditambal tadi dapat di plamir dan kemudian di amplas agar semakin semakin halus.
  1. Setelah plamir-annya kering, Anda dapat melapisi dinding dengan cat dasar (sealer) terlebih dahulu sebelum kemudian di cat kembali dengan warna awalnya.

Nah, demikianlah tips cara mengatasi retak rambut pada dinding rumah anda. Namun, untuk melakukan pekerjaan perbaikan ini, dibutuhkan skill dan pengalaman tersendiri, dan memakan waktu yang tidak sedikit juga. Karena itu, Anda dapat memesan tukang melalui Kanggo yang dapat mengatasi semua permasalahan hunian Anda. Kanggo kini hadir dengan menyediakan layanan jasa tukang profesional sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasi Kanggo kini dapat di-download di Google Play Store. Selamat mencoba!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami