BerandaBlog
7 Model Pagar Rumah Terbaru yang Bisa Jadi Inspirasi

7 Model Pagar Rumah Terbaru yang Bisa Jadi Inspirasi

Bagikan
7 Model Pagar Rumah Terbaru yang Bisa Jadi Inspirasi
Jul 1, 2022

Pagar rumah merupakan elemen esensial untuk melindungi privasi serta keamanan tempat tinggalmu. Keberadaan pagar rumah terbilang cukup penting, terutama jika kamu tinggal di pinggir jalan raya. Seperti bagian rumah yang lain, berfungsi saja tidak cukup. Tentu pagar pun harus memiliki kesan estetis supaya hunian tempat kamu tinggal tidak hanya memenuhi kebutuhan, tetapi juga terlihat cantik.

Mulai dari model pagar rumah sederhana hingga model pagar rumah tembok yang terkesan kokoh dan mewah dapat kamu pilih. Kuncinya tentu menyesuaikan model pagar rumah dengan kebutuhan dan seleramu. Pastinya, desain pagar harus sesuai dengan desain bangunan rumah itu sendiri. Sebagai referensi, berikut ini kami telah menyiapkan berbagai inspirasi model pagar rumah. Langsung saja intip selengkapnya, yuk!

Model Pagar Rumah Minimalis dari Batu Bata

Pagar rumah dari batu bata, memberikan proteksi maksimal.

Apabila kamu tinggal di tepi jalanan yang ramai, model pagar rumah minimalis dari batu bata bisa menjadi inspirasi yang di pertimbangan. Batu bata, khususnya bata merah, tidak hanya menawarkan model pagar yang estetik, tetapi juga memberikan berbagai keuntungan.

Jenis pagar ini memberikan keamanan optimal yang bisa mencegah orang asing masuk ke area tempat tinggal. Di samping itu, pagar dari bata juga membantu mengurangi kebisingan dari luar. Dengan kata lain, bata akan menghadirkan pagar yang bersifat protektif untuk bangunan rumahmu.

Sekali lagi, fungsi tersebut dicapai oleh model pagar rumah minimalis dari batu bata sambil tetap memberikan desain yang stylish.

Baca juga: Teras Rumah Minimalis: Mempercantik Desain Hunian Kamu! 

Berbicara durability, pagar dari bata juga tergolong sangat awet. Bahkan, material ini dapat bertahan dalam jangka waktu sangat lama. Tidak sedikit pagar terbuat dari bata yang menjadi saksi kehidupan penghuninya dari generasi ke generasi.

Model Pagar Rumah Sederhana

Pagar berbentuk pintu merupakan pilihan model klasik, sederhana, tetapi tetap cantik.

Pagar horizontal dengan metode buka tutup menggunakan engsel seperti pintu tergolong model klasik. Namun, bagi kamu yang menginginkan model pagar rumah sederhana, desain ini dapat kamu jadikan pilihan.

Kamu bisa membuatnya baik dari kayu ataupun logam. Penggunaan cat berwarna terang juga bisa kamu pertimbangkan untuk menciptakan kesan hidup dan fresh pada area gerbang rumah. Terlebih jika bagian rumah lain sudah menggunakan warna netral atau natural.

Untuk membuat model pagar rumah sederhana milikmu makin cantik, pertimbangkan juga variasi penempatan bilah kayu atau logam pada pagar. Kamu bisa membuat pagar seolah terdiri dari dua bagian dengan garis batas asimetris.

Lalu, satu sisi disusun oleh bilah kayu atau logam yang rapat, sedangkan sisi lainnya terdiri dari bilah kayu atau logam yang lebih jarang. Variasi detail yang simpel ini akan menjadikan pagar rumahmu tetap tampak unik, meskipun sederhana.

Model Pagar Rumah Minimalis 

Pagar rumah minimalis yang bagus tidak hanya ditentukan oleh desainnya, tetapi juga oleh warna serta materialnya. Keduanya harus sesuai atau paling tidak melengkapi satu sama lain.

Nah, untuk kamu yang sedang mencari ide model pagar rumah minimalis, kami merekomendasikan pagar rumah berbahan aluminium yang simpel. Model pagar ini akan saling melengkapi dengan desain bangunan rumahmu yang bergaya minimalis.

Jika rumah sudah didominasi warna-warna terang seperti putih atau krem, pilihlah warna abu-abu tua untuk bagian pagar. Selain akan menciptakan kesan kontras yang estetik, pagar rumah juga jadi terlihat lebih ramping dan mengukuhkan kesan minimalisnya.

Terkait sistem buka tutupnya, kamu bisa memilih sistem sheet door yang lebih klasik atau sliding door. Dengan material aluminium dan warna yang tepat, kedua sistem tersebut tetap akan mampu menghasilkan model pagar rumah minimalis.

Model Pagar Rumah Tembok

Kamu memiliki opsi untuk menerapkan model pagar rumah tembok yang tinggi dan seluruhnya terbuat dari bata, batako, atau adonan semen. Namun, kami menyarankan untuk mengombinasikan pagar tembok dengan material lain.

Pagar rumah tembok memang akan memberikan perlindungan maksimal bagi keamanan rumah, tetapi model ini akan memberikan kesan kaku. Jadi, jika kamu ingin menciptakan kesan hangat dan menarik, sebaiknya padukan model pagar rumah tembok dengan bahan konstruksi lain.

Supaya terasa lebih luwes, pagar tembok bisa kamu buat rendah dan sebagai pilar pada beberapa titik. Selebihnya, kamu dapat menambahkan material kayu yang lebih hangat.

Untuk membuatnya makin menarik, kamu juga bisa menambahkan frame logam untuk bagian kayu tertentu, misalnya khusus untuk bagian pintu pagar. Tidak lupa, lengkapi juga dengan handle pintu yang terbuat dari logam dan pilihlah warna yang kontras dengan warna kayu.

Baca juga:

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
9+ Handle Rumah Paling Bagus dan Tips Memilihnya

Model ala Rumah Jepang

Dalam budaya barat, rumah sebagai sebuah teritori mungkin dimulai dari pintu depan. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku di Jepang. Bagi masyarakat Jepang, area rumah sudah dimulai sejak bagian dalam pintu pagar atau gerbang.

Dalam bahasa Jepang, salah satu kata untuk ‘pagar’ ialah kaki (垣) yang berarti pagar kokoh dari batu, tanah, atau kayu. Kata lainnya ialah hei (塀).

Kata hei sendiri berarti dinding yang terbuat dari tanah atau batu bata dan pertama kali digunakan secara eksklusif untuk kuil atau rumah bangwasan. Selain itu, rumah para samurai pun terlihat menggunakan pagar ini.

Hei atau pagar ini banyak digunakan di rumah-rumah masyarakat Jepang sebab dianggap sebagai penutup yang efektif.

Karena itu, apabila kamu ingin membuat pagar yang sekaligus menjadi statement atas teritori serta ruang privat, inspirasi model pagar rumah ala rumah Jepang patut kamu jadikan pilihan.

Pagar Rumah dari Kayu

Mengingat fungsinya sebagai batas wilayah, perlindungan keamanan, serta penjagaan atas privasi, kayu juga bisa menjadi bahan konstruksi andalan untuk membuat pagar rumah.

Ada banyak model pagar rumah dari kayu yang dapat kamu eksplorasi. Salah satunya ialah model pagar menyatukan bilah-bilah kayu secara vertikal.

Menariknya model ini, biasanya terdapat baut-baut tebal yang menempelkan bilah kayu bagian depan dengan frame belakang. Baut-baut ini tidak hanya menjalankan fungsinya agar pagar kokoh, tetapi juga dapat menjadi ornamen pada pagar rumahmu. Mengingatkanmu pada pagar-pagar di rumah klasik, bukan?

Seperti halnya bata, kayu juga sangat bisa kamu andalkan dari sisi durability. Bahan konstruksi ini memang tergolong sangat awet dan kuat. Kekuatan setiap pagar kayu tentu tergantung juga pada jenis kayu yang kamu gunakan.

Baca juga: Unik dan Cantik, Inilah Ide Desain Rumah Kayu Minimalis 

Model Terbaru dan Modern

Kalau kamu memiliki rumah dengan gaya arsitektur modern, kamu tentu ingin menerapkan model pagar rumah terbaru dan modern pula. Seperti yang sudah diketahui, arsitektur modern sangat fokus pada fungsi dan banyak mengeliminasi bagian ornamen dari sebuah bangunan.

Baca juga: Ketahui Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Adapun model pagar rumah terbaru yang cocok dipadukan dengan desain rumah modern biasanya menggunakan tembok beton. Umumnya, tembok ini dihadirkan dalam bentuk geometris yang unik.

Tak hanya itu, tembok beton tersebut sering kali dikombinasikan dengan material lain seperti logam. Bagian logam kebanyakan diaplikasikan untuk pintu gerbang serta hadir dalam warna-warna gelap seperti hitam atau abu-abu.

Baja, aluminium, dan besi adalah beberapa contoh logam yang lazim digunakan sebagai bahan pagar rumah. Namun, tidak sedikit juga rumah modern yang menambahkan bahan kaca untuk bagian pagar. Tentu tidak semua jenis kaca dapat dijadikan bahan pagar rumah.

Ternyata menentukan model pagar rumah bisa demikian rumit, ya. Begitu banyak desain yang dapat kamu pilih. Belum lagi, penentuan material atau bahan konstruksi yang tepat supaya pagar tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga menciptakan kesan estetik.

Apabila kamu merasa kesulitan menentukan model atau desain yang tepat untuk pagar rumahmu, kamu tinggal hubungi Kanggo saja. Kamu akan disambungkan dengan jasa konsultan profesional yang siap membantumu menentukan jenis dan jumlah material yang kamu butuhkan. Kemudian, tentu mengeksekusi pekerjaan home improvement tersebut dengan maksimal. Jadi, proyek perbaikan rumahmu bisa selesai dan optimal sambil kamu tetap dapat produktif setiap harinya. Tidak perlu berlama-lama, yuk, unduh aplikasinya melalui PlayStore atau App Store sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami