BerandaBlog
Unik dan Cantik, Inilah Ide Desain Rumah Kayu Minimalis

Unik dan Cantik, Inilah Ide Desain Rumah Kayu Minimalis

Bagikan
Unik dan Cantik, Inilah Ide Desain Rumah Kayu Minimalis
Jun 25, 2022

Kayu adalah material yang sudah bertahan cukup lama dan tampaknya masih akan kita lihat dalam beberapa tahun mendatang. Wajar saja jika masih banyak bangunan yang dibuat dengan bahan utamanya terbuat dari kayu, misalnya rumah kayu minimalis.Kayu merupakan bahan konstruksi yang serbaguna sekaligus tahan lama. Di samping itu, proses pembangunan rumah kayu dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan rumah beton. Dengan begitu, kamu dapat menghemat waktu pengerjaan yang berarti sekaligus menghemat biaya. Apakah kamu mau membangun rumah dari kayu? Kami mempunyai ide desain rumah kayu minimalis yang bisa kamu jadikan inspirasi lho.

Rumah Kayu Minimalis Sederhana

Desain rumah kayu minimalis sederhana seperti di atas bisa menjadi pilihan bila kamu ingin membangun rumah yang simpel, tetapi tetap tampak menarik.

Meskipun modelnya tampak familier dan simpel, rumah pada gambar tetap tak kehilangan daya tariknya. Salah satunya karena dinding rumah disusun oleh papan-papan kayu yang dengan sengaja dibentuk seperti stik es krim.

Hal ini membuat rumah tampak playful dan membangkitkan memori masa kecil bagi mereka yang terbiasa bermain stik es krim untuk membangun aneka bangunan atau benda. Kesan nostalgia selalu membuat sebuah rumah bernilai lebih.

Tak hanya itu, di antara warna kayu yang netral, rumah ini dilengkapi dengan jendela berwarna biru yang kontras. Jendela tersebut menjadi titik fokus yang menjadikan rumah kayu minimalis sederhana ini tampak makin hidup.

Rumah Kayu Minimalis Modern

Siapa bilang material kayu berarti kuno dan tradisional? Bahan konstruksi yang satu ini juga dapat kamu gunakan untuk membuat rumah kayu minimalis modern.

Seperti yang sudah diketahui arsitektur modern adalah gaya bangunan yang lebih mengedepankan fungsi serta bentuk yang ramping daripada ornamen. Estetika desain rumah bergaya modern sangat berbeda dari desain-desain yang sempat populer sebelumnya, misalnya rumah gaya Victorian yang seperti kastil.

Garis-garis yang tajam dan bersih menjadi salah satu ciri khas arsitektur modern. Karena itu, rumah-rumah bergaya modern kebanyakan mengambil bentuk balok.

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa rumah yang dari luar tampak persegi atau persegi panjang tersebut terkesan datar. Hal ini dapat diatasi bila kamu membangun rumah kayu minimalis modern.

Dengan material kayu yang mendominasi bangunan, rumah akan tampak seperti sebuah oksimoron. Ada kesan dingin dari bentuknya sekaligus hangat karena material kayunya. Bahan utamanya mengingatkan orang pada citra klasik, tetapi gayanya sangat kekinian. Unik, bukan?

Rumah Kayu Minimalis Mewah

desain-rumah-kayu-minimalis

Banyak yang menerjemahkan bahwa rumah minimalis harus kecil. Padahal, tidak demikian. Seperti aspek lain dalam minimalism, desain minimalis juga ditujukan untuk mengurangi noise, dan fokus pada struktur bangunan yang minimal.

Gaya ini fokus pada struktur, pencahayaan, material, dan ruang. Pertimbangan utamanya adalah hal esensial bagi penghuni rumah.

Jadi, bila ruang yang besar esensial dan dibutuhkan oleh penghuni rumah, kamu bisa membuat rumah minimalis berukuran besar. Begitu pula dari sisi material. Kamu tidak harus selalu membuat rumah minimalis dengan bahan beton yang dicat warna putih.

Bahkan, kamu dapat membuat rumah kayu minimalis mewah. Rumah ini dibuat dengan ukuran sesuai kebutuhan penghuni rumah, diberi banyak jendela untuk mengoptimalkan pencahayaan, dan disusun dari material kayu berkualitas.

Dari sisi warna, berhubung gaya minimalis dimaksudkan mengurangi distraksi visual, warna yang digunakan pun umumnya seputar warna netral, seperti putih, hitam, atau abu-abu.

Akan tetapi, selain menggunakan warna putih dan hitam, kamu bisa memilih warna kontras yang tidak terlalu mencolok. Warna biru coral, warna pastel, atau earth tone color dapat menjadi salah satu kombinasi. Pemilihan warna yang tepat juga akan memaksimalkan kesan mewah yang ingin kamu ciptakan.

Rumah Kayu Minimalis 2 Lantai

desain-rumah-kayu-minimalis

Rumah 2 lantai tidak hanya tampak impresif, tetapi juga memungkinkan penghuninya memiliki multiarea pada level yang berbeda. Membangun rumah 2 lantai juga berarti menghemat dana dalam pembelian tanah.

Lebih dari itu, pembangunan rumah secara vertikal sebetulnya membuka banyak sekali kemungkinan dari sisi desain. Bahkan kamu juga dapat mengeksplorasi penggunaan material seperti membuat rumah kayu minimalis 2 lantai.

Bayangkan desain rumah minimalis yang sharp dan bergaris tegas, tetapi disusun oleh bahan kayu yang tampak hangat dan ringan. Tidak lupa, tambahkan jendela-jendela berbentuk persegi atau persegi panjang berukuran besar dan berwarna gelap.

Rumah kayu minimalis 2 lantai milikmu akan terkesan hangat sekaligus misterius pada saat yang sama.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Desain rumah seperti ini juga merupakan pilihan tepat untuk kamu yang menyukai privasi, terlebih bila kamu tinggal bersama anggota keluarga lain. Dengan adanya tingkatan, kamu tidak harus selalu berada di ruangan yang sama dengan anggota keluarga lain. Setiap penghuni rumah bisa memperoleh me time dengan mudah!

Rumah Kayu Model Jepang

desain-rumah-kayu-minimalis

Berbicara arsitektur minimalis, kita memang tidak bisa tak membicarakan Japanese Zen sebagai salah satu sumber inspirasi arsitektur minimalis.

Gaya Japanese Zen fokus untuk menjaga bangunan bersih, simpel, dan memangkas struktur bangunan agar hanya menyisakan bagian esensial saja. Dengan begitu, kita bisa menikmati sebuah bangunan yang fungsional, clutter-free, dan menenangkan.

Maka dari itu, kalau kamu menginginkan rumah yang bukan hanya sebagai tempat tinggal, melainkan menjadi calming space untukmu, desain rumah kayu minimalis Jepang dapat menjadi pilihan.

Rumah kayu minimalis ala Jepang benar-benar tidak banyak menampilkan variasi struktur. Alasannya, tentu karena struktur sederhana seperti bentuk balok sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan penghuninya.

Dinding-dinding kayu kebanyakan hadir dengan warna putih berpadu dengan pintu kayu berwarna cokelat. Tak lupa bentuk atap yang khas pada rumah-rumah tradisional Jepang.

Meskipun bentuk desainnya terkenal tak neko-neko, rumah kayu minimalis Jepang mempunyai daya tarik yang ajaib dan membuat tenang siapa saja yang melihatnya.

Baca juga: 8 Inspirasi Model Rumah Sederhana Tapi Indah dan Minimalis

Rumah Kayu Minimalis Elegan

desain-rumah-kayu-minimalis

Desain yang elegan mungkin terasa sulit disatukan dengan istilah minimalis atau sederhana. Padahal, sebetulnya kamu bisa mengombinasikan keduanya, terutama jika kamu ingin membangun rumah dari kayu.

Kamu dapat menghadirkan rumah kayu minimalis elegan dengan menerapkan beberapa twist pada bangunan.

Pertama, bentuk atap dan dinding asimetris dapat menjadi pilihan agar rumah kayu milikmu langsung tampak berbeda. Selanjutnya, kombinasi cat berwarna hitam dan warna kayu alami akan mempertegas kesan elegan dari rumah tersebut.

Selain menciptakan kontras, perpaduan warna tersebut akan memberikan kesan balance.

Kalau kamu pernah berkunjung ke desa yang masih tradisional, mungkin kamu pernah melihat rumah panggung yang umumnya tampak cantik. Nah, berikutnya buatlah tingkatan seperti rumah panggung, tetapi jangan terlalu tinggi. Cara ini akan membuat rumah kayu terlihat makin elegan.

Ukuran 4×6 Meter

desain-rumah-kayu-minimalis

Ingin membuat rumah kayu unik di atas lahan 4×6 meter? Tidak perlu khawatir sebab hal tersebut bisa kamu wujudkan. Cobalah buat rumah kayu minimalis 4×6 meter dengan bentuk segitiga.

Jika biasanya rumah kayu terdiri dari dinding kayu yang disambung ke bagian atap segitiga, kali ini kamu buat rumah langsung berbentuk segitiga sampai bawah. Jadi, meskipun ukurannya tak terlalu besar, rumahmu tetap terlihat unik dan menarik.

Di bagian depan, susunlah pintu dan jendela seperti sedang membuat gambar-gambar bangun datar di atas kertas. Kamu bisa membuat pintu yang tentunya berbentuk persegi panjang dengan arah panjang di sisi vertikal.

Lalu, di sampingnya letakkan jendela dengan bentuk persegi panjang, tetapi arah panjang berada pada sisi horizontalnya.

Berhubung rumah kayu minimalis 4×6 meter ini berbentuk segitiga, tentu masih ada space di atas pintu dan jendela tersebut. Kamu bisa menambahkan mirroring window dengan bentuk segitiga siku-siku. Bagian depan rumahmu dijamin tampak lain dari biasanya.

Namun untuk membuat rumah seperti ini, kamu perlu cermat dalam pemilihan bahan. Sebagai contoh, pemilihan bahan atap yang sekaligus akan menjadi dinding. Kalau kamu tetap bingung, tenang saja kamu bisa meminta bantuan konsultan profesional Kanggo. Tim konsultan Kanggo akan memberi tahu bahan yang sebaiknya kamu gunakan, jumlah bahan yang kamu butuhkan, bahkan jumlah tukang yang kamu perlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Jadi, kamu tidak perlu repot menganalisis dan menghitungnya sendiri. Saat pengerjaan pun, tim tukang profesional Kanggo siap mewujudkan desain impian yang kamu inginkan. Yuk, download aplikasinya melalui Playstore atau Appstore sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami