BerandaBlog
13+ Intip Desain Jendela Dapur, Minimalis Anti Pengap!

13+ Intip Desain Jendela Dapur, Minimalis Anti Pengap!

Bagikan
13+ Intip Desain Jendela Dapur, Minimalis Anti Pengap!
Sep 2, 2022

Pernahkah kamu merasa pengap atau kepanasan ketika memasak di dapur milikmu? Hal itu mungkin terjadi karena asap yang mengepul dari proses memasak dan buruknya sirkulasi udara di dalam dapurmu. Maka dari itu, pentingnya kamu memerhatikan desain jendela di dapur.

Kamu bisa menambahkan jendela dapur agar udara di dapurmu dapat tersirkulasi dengan baik. Di samping fungsi utama tersebut, jendela dapur bisa menambah keindahan pada desain interior dapur milikmu, lho!

Fungsi lain dari jendela dapur membuat area dapur tidak lembab. Dapur yang lembab dapat menumbuhkan mikroorganisme sehingga mengundang sarang serangga dan dapurmu akan ditumbuhi lumut.

Supaya udara di dapur kamu tersikulasi dengan baik, berikut ini inspirasi model jendela dapur minimalis yang bisa kamu tiru! Yuk, simak, ya!

Jendela Dapur Geser Samping

Material utama model jendela dapur geser samping menggunakan kaca yang dibingkai kisi aluminium atau kayu. 
Material utama model jendela dapur geser samping menggunakan kaca yang dibingkai kisi aluminium atau kayu.

Sumber: Pinterest.com

Model jendela dapur geser samping atau sliding bisa kamu aplikasikan di dapurmu. Material utama dari jendela ini menggunakan kaca yang dibingkai kisi aluminium atau kayu. Desainnya bisa disesuaikan dengan tema dapurmu.

Untuk penerangan alami yang maksimal di dalam dapur, tempatkan jendela dapur geser ini memanjang sesuai dengan gambar di atas. Mekanisme untuk membuka dan menutup jendela ini dengan menggunakan sistem rel. Tentunya sistem rel ini akan memudahkanmu dalam menggeser dua bilah jendela agar bisa digeser ke kiri dan ke kanan.

Untuk menaikkan level keindahan interior dapur, catlah bingkai jendela dengan menggunakan cat warna minimalis seperti abu-abu, putih, hitam, atau coklat.

Jendela Dapur Double Hung

Model jendela dapur double hung dapat digeser dari bawah ke atas.

Sumber: Simonton

Jendela dapur model double hung, yaitu model jendela yang terdiri dari dua kaca berbeda di dalam satu bingkai jendela. Kamu dapat membuka secara praktis dengan menggeser jendela dari bawah ke atas.

Kamu bisa memasang jendela ini di antara cooker hood agar asap bisa keluar ruangan ketika kamu melakukan proses memasak. Untuk memperindah area yang dekat dengan jendela, tambahkan tanaman hias hijau agar dapurmu terlihat lebih fresh dan cantik.

Jendela Dapur Material Aluminium dengan Kaca Nako

Tampilan jendela dapur material aluminium dengan, kaca nako menjadi referensi yang tepat untuk dapur minimalis. 

Sumber: Alwindows

Pemilihan jendela dapur dari material aluminium untuk dapur terbukti wajib diperhitungkan dengan matang. Sekarang ini, banyak tampilan rumah yang mengusung gaya minimalis. Tidak heran jika segala komponen rumah terlihat menawan bila menggunakan interior dan dekorasi bernuansa minimalis juga.

Perpaduan yang simple tapi tetap modern mampu kamu ciptakan dengan memilih jendela dapur aluminium minimalis dengan kaca nako atau sering disebut dengan louvre window.

Jendela dapur cantik ini terdiri dari kaca paralel, akrilik, dan kisi-kisi kayu yang diatur dalam bingkai. Kisi-kisi ini disambungkan ke trek dan dapat dimiringkan terbuka dan tertutup secara bersamaan sehingga dapat mengontrol aliran udara. Cara membuka jendela ini dengan memutar engsel pada part jendelanya.

Supaya tetap menghasilkan visual jendela dapur yang minimalis, kamu dapat mengkombinasikan warna cat rumah area dapur serta kitchen set milikmu dengan warna netral seperti warna putih maupun cream.

Baca juga: Inspirasi Model Dapur Minimalis untuk Segala Jenis Hunian

Jendela Dapur Material Kayu Satu Bingkai

Model jendela dapur kayu satu bingkai bisa membuat ilusi ruangan menjadi lapang. 

Sumber: Tokban

Model jendela dapur minimalis yang ada di area kitchen set ini memang ukurannya tidak terlalu panjang. Kendati demikian, jendela dapur kayu ini tetap bisa membuat ilusi ruangan yang lapang karena ukuran kacanya cukup besar.

Saat memasak, kamu bisa membuka jendela dapur ini dengan mendorongnya ke arah depan karena tidak semua orang merasa cooker hood sebagai hal yang penting. Di sini, peran cooker hood ini dapat digantikan oleh jendela. Untuk warna jendela dapur ini, kamu dapat menyesuaikan dengan tema dapurmu, ya. Keserasian warna bingkai jendela dengan warna interior dapur akan menambah cantik area dapurmu.

Jendela Dapur Sudut Minimalis

Memasang jendela dapur model sudut perlu mempertimbangkan kekuatan struktur bangunan. 

Sumber: Laignes Aluminium

Model jendela dapur selanjutnya adalah model jendela kaca sudut. Kelebihan dari jendela sudut ini memberikan kesan luas pada ruangan. Dilihat dari desainnya pun jendela sudut ini terlihat sangat menarik dan bagus, bukan?

Berbeda dengan jendela pada umumnya, untuk memasang jendela model sudut ini kamu perlu mempertimbangkan kekuatan struktur bangunan rumahmu. Sebab, jendela sudut ini tanpa menggunakan tiang pada sudut jendelanya sehingga tidak ada kekuatan pada sudut tersebut.

Jendela Dapur Ukuran Kecil

Jendela dapur ukuran kecil cocok diaplikasikan pada dapur yang tidak memiliki area cukup luas. 

Sumber: BHG

Terkadang kamu merasa bingung ketika menata komponen di dalam dapur milikmu, bukan? Jika dapurmu memiliki area yang tidak cukup luas, kamu bisa memilih jendela berukuran kecil. Agar sirkulasi udara di dapur baik, perhatikan juga pemilihan perabotan yang diletakkan pada ruang dapur. Sebaiknya, hindari meletakkan perabotan yang kurang proporsional di dapur milikmu, ya! Pilihlah rak gantung seperti atas untuk menempatkan alat makan sebab penempatan kabinet pada dinding atas akan menambah sesak ruangan.

Jendela Dapur Model Swing

Jendela dapur model swing menggunakan material kaca yang ditata dalam bingkai kayu atau aluminium. 

Sumber: Ekco

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Jendela dapur model dua bukaan atau swing sangat efektif ditempatkan di dapur minimalis yang tidak terlalu luas. Dapur kecilmu tentu membutuhkan sirkulasi udara yang baik agar tidak pengap dan sumpek.

Jendela model ini menggunakan material kaca yang ditata di dalam bingkai kayu. Bingkai ini ditata secara vertikal dan horizontal untuk menghasilkan dua panel kaca berbingkai yang cantik. Untuk dapur mungilmu, cukup gunakan satu jendela saja, ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Jendela Rumah Minimalis yang Cocok Untuk Kamu!

Model Tirai

Mengaplikasikan tirai pada jendela dapur bisa menghasilkan kesan modern pada interior dapur. 

Sumber: Kutchina

Ingin dapur milikmu terkesan manis? Cobalah untuk memasang tirai untuk mempercantik tampilan jendela dapurmu. Pemakaian tirai ini tak hanya memperindah tampilan dapurmu tapi akan memunculkan kesan intimate. Selain itu, manfaat lain dari pengaplikasian tirai pada jendela dapur untuk menghindari panas cahaya matahari yang masuk ke dalam dapur.

Model jendela minimalis berukuran besar tak akan tepat berdampingan dengan perabotan besar semacam rak gantung kitchen set. Sebisa mungkin tempatkanlah posisi jendela pada area yang berlawanan dengan perabotan besar agar dapur tak terkesan sesak dan pengap.

Jendela Dapur Desain Memanjang

Model jendela dapur memanjang tidak ribet karena hanya terdiri dari satu kaca. 

Sumber: Dapur Basah Minimalis

Jika kamu lebih menyukai model jendela yang simpel, jendela dapur desain memanjang satu ini bisa dijadikan pilihan. Modelnya yang memanjang ke samping sehingga membuat dapurmu pun terlihat lebih luas.

Berkat model jendela yang memanjang, kamu bisa memanfaatkan ruang di atas jendela dapur untuk dipasang kabinet atau lemari dapur gantung. Dengan demikian, desain dapur minimalis milikmu akan jadi lebih efisien dan space saving.

Desain Grid

Sumber: Chehelsoton Panjere

Model jendela dapur selanjutnya adalah model jendela dapur grid. Jendela ini bagian permukaan kacanya terdapat bingkai bergaris tipis secara horizontal maupun vertikal sehingga membentuk 12 kotak kecil. Jendela dapur modern dan minimalis ini berhasil membuat tampilan dapur menjadi lebih hidup.

Apabila kamu tertarik menggunakan model jendela dapur ini, sebaiknya tidak meletakkan banyak barang atau hiasan di dekat jendela karena bisa mengurangi keindahannya. Cukup letakkan sebuah vas berisi tanaman hijau untuk mempermanis jendela dapur grid ini.

Jendela Berukuran Besar

Sumber: Wcmanet

Apakah kamu membutuhkan sirkulasi udara yang lebih baik pada dapur milikmu? Jika demikian, coba gunakanlah model jendela dapur minimalis berukuran besar seperti gambar di atas.

Jendela dapur ini memanjang ke atas dan menyerupai pintu kaca. Selain berukuran besar, jendela dapur ini saling berdampingan sehingga cahaya matahari yang masuk ke dalam dapur akan lebih banyak.

Model jendela dapur ini dibingkai oleh material kayu sehingga kesan dapur jadi lebih natural. Terlebih lagi jika di sekitar jendela dapur tersebut kamu letakkan aneka tanaman hias yang akan membuat area dapur terasa sejuk.

Baca Juga: 8 Inspirasi Model Rumah Sederhana Tapi Indah dan Minimalis

Jendela Dapur Folding

Sumber: Teal Windows

Apabila kamu suka memasak sambil memandang alam terbuka, pilihan yang tepat adalah menerapkan desain jendela dapur rumah minimalis dengan folding window. Hadapkan jendela lipat tersebut ke arah alam terbuka seperti pepohonan atau taman rumahmu.

Jendela dengan model bukaan lipat ini dapat memberikan kesan luas pada ruangan. Jendela ini bisa terbuat dari material kayu ataupun aluminium. Pemilihan material ini dapat kamu sesuaikan dengan tema dapur dan budget yang kamu miliki.

Model Skylight

Sumber: Aneka Model Dapur Minimalis Blogspot

Model jendela berikut ini memang jarang dipakai tapi bisa kamu coba terapkan pada hunianmu, yaitu jendela dapur model skylight. Hal yang perlu kamu perhatikan ketika ingin menggunakan model ini ke hunianmu adalah pemilihan jenis kacanya. Apabila jendela ini memakai kaca bening biasa akan membuat area dapurmu terasa panas sekali pada siang hari. Sebaiknya kamu menggunakan kaca anti panas atau kaca sunergy yang merupakan produk dari Asahimas Flat Glass.

Jendela dapur bukan sekadar membuat udara tersirkulasi dengan baik, tapi penerapannya dapat sebagai aksen visual yang cantik untuk interior dapur. Keberadaan jendela dapur memang sangat penting sehingga kamu perlu perencanaan dalam membuatnya Kamu juga bisa memilih salah satu contoh jendela dapur di atas untuk kamu pasang di dapur milikmu, lho!

Kini, kamu tak perlu bingung jika ingin merenovasi rumahmu. Kamu bisa menghubungi tim profesional dari Kanggo untuk membantu pengerjaannya.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan terkait hunianmu, mulai dari renovasi rumah, pemasangan plafon, pemasangan dan perbaikan pintu, pemasangan keramik, instalasi listrik, hingga perbaikan dapur.

Tukang Kanggo yang profesional telah dibekali berbagai keterampilan sehingga kualitas pengerjaan renovasi, termasuk mewujudkan hunian impianmu dan dijamin akan memberikan hasil yang maksimal.

Jangan tanyakan soal kualitasnya. Tukang-tukang yang bekerja dengan Kanggo adalah tukang profesional dan sudah terlatih dengan berbagai macam keahlian. Kamu juga bisa cek dari testimoni positif yang diberikan para pelanggan kepada tukang Kanggo.

Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk segera unduh aplikasi Kanggo di PlayStore atau App Store dan konsultasikan kebutuhanmu dengan konsultan profesional dari Kanggo!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami