BerandaBlog
5 Tips Mengecat Tembok yang Belum Diplester

5 Tips Mengecat Tembok yang Belum Diplester

Bagikan
5 Tips Mengecat Tembok yang Belum Diplester
Feb 10, 2022

Sebuah bangunan atau rumah yang indah jika dipadukan dengan pilihan warna cat yang sesuai maka akan kelihatan sempurna. Artikel kali ini akan memberikan tips atau cara cat tembok belum diplester dengan cara yang benar. Simak penjelasannya di bawah ini.

Inilah Cara Mengecat Tembok yang Belum Diplester

Selain nilai fungsional, pemilik rumah tentu ingin rumahnya memiliki nilai estetika. Biasanya agar lebih indah dan nyaman dihuni, kebanyakan orang memilih warna dinding yang sesuai dengan tema rumahnya. Rumah yang tadinya buram akan terlihat cerah dan ceria jika menggunakan warna cat secara tepat.

Namun, tidak semua dinding sudah diplester, ada juga dinding yang belum diplester. Plester sendiri merupakan tahap akhir pembuatan dinding yang dilakukan dengan memberikan lapisan adonan dari campuran air, pasir, dan semen. Hal ini bertujuan untuk membuat dinding tampak lebih rata dan rapi.

Biasanya tembok atau dinding memang diplester terlebih dahulu sebelum pengecatan. Hal ini agar cat bisa melekat dengan mudah. Namun, bagaimana cara mengecat tembok yang belum diplester?

Tren eksterior dan interior yang paling populer sekarang ini yaitu desain klasik. Desain klasik banyak diminati oleh semua orang. Ada juga dari awal pembangunan tidak melakukan plesteran atau pelur pada dinding dengan tujuan memunculkan motif asli tembok.

Jika Anda termasuk yang berniat tidak memplester dinding dan ingin mengaplikasikan cat tembok, Anda perlu mengetahui cara mengecat tembok yang belum diplester dengan benar dan tepat. Simak cara berikut ini.

Baca Juga:

  1. Cara Plester Tembok dan Manfaatnya Untuk Hunian Lebih Kuat
  2. Cara Plester Lantai Supaya Tidak Retak, Simpel dan Mudah
  3. Cara Pasang Keramik Dinding yang Sudah Diplester Biar Makin Keren
  4. Cara Plester Lantai Supaya Tidak Retak, Simpel dan Mudah

1. Bersihkan Dinding

Lakukan proses pembersihan terlebih dahulu. Bersihkan semua kotoran, jamur, dan spasi mortar yang tidak rapi di dinding. Pastikan juga semua permukaan dalam kondisi rata dan bersih.

Namun, jangan lupa berhati-hati dalam melakukan tahap pembersihan. Menyikat terlalu keras akan menyebabkan runtuhnya spasi mortar atau bahkan menggerus material ini.

2. Persiapkan Alat Mengecat

Cara mengecat tembok tanpa diplester selanjutnya yaitu mempersiapkan alat mengecat. Beberapa alatnya seperti kuas besar, kuas kecil, dan koran atau kain lap sebagai pelapis agar cat tidak mengotori lantai. Mengecat dinding tidak dapat menggunakan roll karena permukaannya tidak merata sepenuhnya.

3. Pemilihan Cat

Berhubung permukaannya agak kasar dan mudah menyerap air, sebaiknya gunakan dua macam cat. Pertama, cat dasar atau cat untuk lapisan pertama permukaan dinding. Anda juga bisa menggunakan plamir sebagai lapisan dasar. Plamir akan membantu menahan cat supaya tidak terlalu terserap dalam tembok. Untuk lapisan cat kedua, gunakan cat tembok sesuai warna yang Anda inginkan.

4. Aduk Cat Sesering Mungkin

Cara berikutnya yaitu mengaduk cat yang akan diaplikasikan di tembok sesering mungkin agar cat tidak kering dan tak kental. Semakin pas kekentalan catnya, hasil pewarnaan tembok akan lebih bagus dan kuat mengikat di tembok tanpa plester.

5. Proses Mengecat Tembok yang Belum Diplester

Setelah mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, selanjutnya Anda bisa masuk ke proses pengecatan. Aplikasikan cat lapisan pertama dengan merata menggunakan kuas. Biarkan lapisan pertama mengering dengan sempurna. Jika sudah kering, bersihkan permukaan lalu lanjutkan dengan lapisan cat kedua.

Tips di atas merupakan cara mengecat tembok yang belum diplester. Tidak ingin repot melakukan pengecatan sendiri? Serahkan saja pada ahlinya!

Kanggo siap membantu Anda menemukan tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi. Download aplikasi Kanggo di PlayStore & App Store sekarang.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami