Syarat & ketentuan (mitra)

TERMS AND CONDITION

(Syarat dan Ketentuan)

 

Selamat datang di fitur pendaftaran sebagai Mitra Kanggo. Mohonuntuk membaca  Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini terlebih dahulu. Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini merupakan perjanjian antara Anda, sebagai Mitra dan PT. Tenaga Kanggo Indonesia sebagai penyedia Aplikasi dan pemilik merek dagang “Kanggo”. Jika Anda melanjutkan proses registrasi atau pendaftaran ini, Anda akan dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat & KetentuanPendaftaran. Oleh karenanya, jika Anda tidak menyetujui bagian apapun dari Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini, mohon agar tidak melanjutkan proses registrasi atau pendaftaran.

  1. Tenaga Kanggo Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Aplikasi Kanggo merupakan perusahaan berbadan Hukum dalam bidang usahaPortal Web Dan/atau Platform Digital Dengan Tujuan Komersial, berkantor pusat di Foresta Business Loft 1 No. 32 , Jl. BSD Raya Utama, Tangerang, Banten, dalam menjalankan kegiatan usahanya PT. Tenaga Kanggo Indonesia terbuka  bagi  semua  orang yang memiliki keahlian atau keterampilan di bidang perbaikan/service/cleaning bangunan, perawatan dan pertukangan (“Mitra”), dan  agar mempunyai kesempatan bermitra/kerjasama dengan PT.Tenaga Kanggo Indonesia.  Dalam menjalankan  usaha bisnisnya,  PT.  Tenaga Kanggo Indonesia mengeluarkan  Kebijakan  Manajemen dalam hal Hak  dan  Kewajiban  antara  pihak  Perusahaan  dengan  para  Mitra. Perusahaan juga  memiliki  syarat  dan  ketentuan  serta  kebijakan  yang  harus  ditaati  oleh  setiap Mitra.
  2. ISTILAH UMUM

Syarat & Ketentuan Pendaftaran

(Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini) mengatur hubungan Anda, sebagaiMitra, dengan PT. Tenaga Kanggo Indonesia sebagai penyedia Aplikasi, dengan ketentuan-ketentuan sebagai tertera dibawah ini :

  1. Akun adalah akun yang diberikan kepada Mitra setelah Mitra mendaftarkan diri melalui Aplikasi Kanggo;
  2. Aplikasi Kanggo adalah aplikasi perangkat lunak yang dapat diakses melalui Smartphone yang dapat digunakan Customer untuk menemukan layanan yang disediakan oleh Mitra, yang menggunakan aplikasi sebagai forum untuk menyediakan layanan, termasuk namun tidak terbatas pada layanan pertukangan, service, cleaning, dll yang disediakan dari waktu ke waktu melalui aplikasi;
  3. Tenaga Kanggo Indonesia adalah pemilik Aplikasi Kanggo;
  4. Informasi Pribadi adalah informasi mengenai Anda yang secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui Aplikasi Kanggo pada saat Anda melakukan pendaftaran maupun penggunaan Aplikasi Kanggo, seperti berikut :
    • KTP
    • Nomor Rekening
    • Email
    • Nomor Hp
    • Dan data-data pendukung lainnya
  5. Layanan adalah layanan perbaikan/service/cleaning bangunan yang ditawarkan oleh Anda sebagai Penyedia Layanan melalui Aplikasi Kanggo;
  6. Mitra atau Anda adalah pihak yang bersedia untuk mendaftarkan diri sebagai Mitra dan, apabila pendaftaran tersebut berhasil dan disetujui, akan menjadi penyedia jasa melalui Aplikasi Kanggo;
  7. Smartphone adalah telepon selular yang dapat terhubung dengan Aplikasi Kanggo;
  8. Customer adalah pihak yang menjadi pelanggan Aplikasi Kanggo untuk menggunakan Layanan yang disediakan oleh Mitra Kanggo
  9. Persyaratan adalah  ketentuan penggunaan Aplikasi Kanggo maupun fitur-fitur didalam Aplikasi Kanggo (sebagaimana berlaku dan termasuk namun tidak terbatas kepada setiap syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Kanggo sehubungan dengan penggunaan sistem uang elektronik (sebagaimana berlaku), dan lain sebagainya;
  10. Kontrak Elektronik adalah perjanjian para pihak yang dibuat melalui sistem elektronik sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

 

  1. PENDAFTARAN

 

  1. Mitra memberikan persetujuannya atas syarat dan ketentuan yang tercantum di dalam Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini apabila Mitra melanjutkan proses pendaftaran. Mitra mengerti dan menyetujui bahwa apabila Mitra menyelesaikan proses pendaftaran dan disetujui sebagai Mitra, maka Mitra mempunyai kewajiban untuk mentaati setiap kebijakan dalam Persyaratan dalam memanfaatkan Aplikasi Kanggo termasuk dalam menyediakan jasa melalui Aplikasi Kanggo. Apabila Mitra tidak setuju dengan Persyaratan ini, Mitra dapat memilih untuk tidak melanjutkan proses pendaftaran.
  2. Tenaga Kanggo Indonesia (Kanggo), atas dasar pertimbangannya sendiri ,dapat mengubah atau menambahkan Persyaratan dari waktu ke waktu. Perubahan atau penambahan atas Persyaratan tersebut akan berlaku setelah Kanggo mengumumkan perubahan atau penambahan Persyaratan tersebut melalui media elektronik ataupun media komunikasi lain yang dipilih oleh Kanggo yang dapat mencakup perubahan atau penambahan kebijakan yang sudah ada dalam Persyaratan atau syarat dan ketentuan tambahan. Untuk dapat disetujui menjadi Mitra, Mitra diwajibkan untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kanggo termasuk:
    • Pada saat melakukan pendaftaran di aplikasi Kanggo, calon mitra wajib memiliki dan menyerahkan kartu identitas berupa :
      1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik (“E-KTP”) dalam bentuk scan atau foto
      2. Apabila calon Mitra belum memiliki e-KTP, maka dapat menggunakan tanda terima permohonan E-KTP yang ditandatangani oleh instansi yang berwenang dibidang pencatatan sipil berdasarkan ketentuan perundangan yang berlaku.
    • Calon Mitra minimal berusia 17 tahun dan maksimal berusia 60 tahun pada saat pendaftaran
    • Calon Mitra wajib Warga Negara Indonesia
    • Membawa asli dokumen E-KTP yang masih berlaku pada saat verifikasi data.
    • Membawa salinan Kartu Keluarga
    • Membawa dokumen pendukung berupa Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan / Desa setempat apabila calon Mitra belum memiliki E-KTP
    • Membawa asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau dokumen sejenis yang menyatakan calon Mitra tidak memiliki catatan tindak pidana dari kepolisian setempat.
    • Memiliki Perangkat Smartphone dengan sistem Android / IOS, RAM minimal 2GB dan kapasitas Harddisk ROM minimal 32GB
    • Menyerahkan nomor telpon genggam yang masih aktif
    • Memiliki Rekening Bank
    • Memiliki alamat e-mail
    • Memiliki peralatan tukang sesuai keahliannya;
    • Berjanji untuk, pada setiap saat, memenuhi semua syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh Kanggo. Mitra menyetujui bahwa Kanggo, atas dasar pertimbangannya sendiri, mempunyai hak untuk memberlakukan syarat-syarat tambahan selain yang disebutkan diatas maupun yang diminta di proses pendaftaran, termasuk namun tidak terbatas kepada meminta Mitra untuk menyerahkan dokumen tambahan untuk disimpan oleh Kanggo (termasuk namun tidak terbatas kepada ijazah, atau dokumen lain yang ditentukan oleh Kanggo) selama Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini berlaku ataupun untuk periode lain sebagaimana dapat ditentukan oleh Kanggo sendiri, meminta Mitra untuk membayarkan deposit dan menjaga jumlah deposit tersebut dalam rekening Mitra (deposit mana dapat ditarik kembali oleh Mitra apabila Perjanjian ini diakhiri), maupun, apabila diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, meminta Mitra untuk memproses atau mendapatkan perizinan lainnya atas nama Mitra pribadi sebagaimana diharuskan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Untuk tujuan pendaftaran Akun, Mitra diwajibkan untuk menyerahkan informasi pribadi tertentu kepada Kanggo, termasuk namun tidak terbatas kepada nama, alamat, nomor telepon, dan informasi mengenai rekening Mitra pada Bank yang direkomendasikan oleh Kanggo. Mitra menjamin bahwa segala informasi pribadi tertentu yang diberikan kepada Kanggo adalah benar dan Mitra bertanggung jawab penuh atas kebenaran informasi tersebut. Mitra bertanggung jawab atas semua kewajiban yang timbul dari atau sehubungan dengan penyerahan informasi oleh Mitra kepada Kanggo. Mitra setuju bahwa ia hanya dapat mendaftar untuk 1 (satu) Akun dan akan bertanggung jawab atas setiap kewajiban maupun kerugian yang disebabkan kepada pihak manapun yang mungkin timbul atas dan sehubungan dengan pendaftaran oleh Mitra atas lebih dari 1 (satu) Akun.
  4. Mitra setuju untuk memberikan pemberitahuan kepada Kanggo secara tertulis dan atau melalui aplikasi Kanggo dalam hal adanya perubahan atas Informasi Pribadi dan/atau informasi pribadi tertentu Mitra yang telah diberikan kepada Kanggo, termasuk namun tidak terbatas kepada nama, alamat, nomor telepon, dan informasi mengenai rekening Mitra pada Bank yang direkomendasikan oleh Kanggo.
  5. Data personal Mitra dijaga berdasarkan Kebijakan Privasi dan Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini oleh Kanggo. Kebijakan Privasi dianggap sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini dan persetujuan Anda atas Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini merupakan penerimaan Anda atas Kebijakan Privasi.
  6. Anda mengerti dan menyetujui bahwa Kanggo mempunyai hak penuh untuk menentukan hasil dari proses pendaftaran Anda berdasarkan diskresinya sendiri. Anda menyetujui bahwa dengan mengikuti dan menyelesaikan proses pendaftaran tidak memastikan keberhasilan Mitra untuk menjadi terdaftar dan terkualifikasi untuk menyediakan jasa melalui Aplikasi Kanggo.

 

 

  1. KEBERLAKUKAN PERJANJIAN
    1. Perjanjian ini berlaku sejak tanggal Mitra melakukan pendaftaran kepada Aplikasi Kanggo dan dinyatakan diterima.
    2. Kanggo maupun Mitra berhak untuk mengakhiri Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini secara sepihak sewaktu-waktu sebelum berakhirnya masa berlaku Perjanjian dengan mengesampingkan ketentuan pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.
    3. Mitra mengetahui dan menyetujui bahwa Kanggo mempunyai hak untuk menutup akses Mitra kepada Akun yang dimilikinya dalam Aplikasi Kanggo dalam halnya Syarat & Ketentuan Pendaftaran Sendiri diakhiri dan juga dalam hal Mitra tidak mengikuti SOP dan standard-standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh Kanggo dan hal lainnya yang menurut Kanggo bisa membawa dampak tidak baik/kerugian pada Kanggo dan customer.

 

  1. KETENTUAN LAIN
  2. Penyelesaian Sengketa
    • Mitra dengan ini membebaskan Kanggo dari segala macam tuntutan, gugatan, atau tindakan hukum lainnya, baik dalam sebuah gugatan perdata maupun setiap gugatan pidana yang dialami oleh Mitra, dalam bentuk apapun terkait dengan jasa yang ditawarkan, maupun disediakan, diselenggarakan atau diselesaikan oleh Mitra melalui Aplikasi Kanggo.
    • Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan/atau pelaksanaan dari Perjanjian ini maka Kanggo dan Mitra sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud secara musyawarah. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah maka Kanggo dan Mitra sepakat untuk menyelesaikan perselisihan dimaksud melalui Pengadilan Negeri Tangerang, dengan tidak mengurangi hak Kanggo untuk mengajukan laporan, gugatan atau tuntutan baik perdata maupu pidana melalui Pengadilan Negeri, Kepolisian atau instansi terkait lainnya dalam wilayah Negara Republik Indonesia.

 

  1. Kontrak Elektronik
  • Para Pihak setuju dan sepakat bahwa Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini dibuat dalam bentuk Kontrak Elektronik dan dengan menyetujui untuk memulai proses pendaftaran dengan mengklik persetujuan atas Syarat & Ketentuan Pendaftaran merupakan bentuk pernyataan persetujuan atas ketentuan Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini sehingga Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini sah, mengikat Para Pihak dan dapat diberlakukan.
  • Para Pihak setuju bahwa tidak ada pihak yang akan memulai atau melakukan tuntutan atau keberatan apapun sehubungan dibuatnya maupun keabsahan Syarat & Ketentuan Pendaftaran Sendiri ini berikut amandemen atau perubahannya dalam bentuk Kontrak Elektronik.

Para Pihak setuju dan sepakat bahwa segala perubahan, amandemen atas Perjanjian ini dan Persyaratan (termasuk syarat dan ketentuan untuk penggunaan fitur fitur lain dalam Aplikasi Kanggo), perubahan mana dapat dilakukan oleh Kanggo atas dasar pertimbangannya sendiri, juga dapat dibuat dalam secara elektronik salah satunya bentuk Kontrak Elektronik. Perubahan atas Syarat & Ketentuan Pendaftaran Sendiri ini atau Persyaratan akan berlaku setelah Kanggo mengumumkan perubahan Persyaratan tersebut baik melalui Aplikasi Kanggo ataupun melalui media lainnya yang dipilih oleh Kanggo dan Mitra menyetujui bahwa akses atau penggunaan Mitra yang berkelanjutan atas Aplikasi Kanggo maupun kelanjutan kerjasama Mitra dengan Kanggo setelah tanggal pengumuman atas perubahan syarat dan ketentuan dalam Persyaratan akan diartikan bahwa Mitra setuju untuk terikat oleh Persyaratan, sebagaimana telah diubah atau ditambahkan.

 

  1. Keahlian dan Kualitas kerja Mitra

1)     Mitra Kanggo yang mendaftar dalam aplikasi Kanggo , harus memiliki kualitas kerja/skill dan keahlian sesuai dengan bidangnya masing-masing dan juga disesuaikan dengan pelayanan serta solusi yang ada di dalam aplikasi Kanggo.

  • Dalam hal Mitra menerima pekerjaan dari customer melalui aplikasi Kanggo, maka Mitra disyaratkan untuk melakukan pekerjaan service nya tersebut dengan kualitas kerja dan hasil yang baik sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan dalam Kanggo.

 

  1. Penggunaan Informasi Pribadi
  • Mitra menyetujui bahwa Kanggo berhak untuk mengumpulkan dan menggunakan setiap informasi yang diberikan maupun dihasilkan oleh Mitra sebagaimana diatur juga dalam Kebijakan Privasi, informasi tersebut termasuk namun tidak terbatas kepada Informasi Pribadi yang diberikan oleh Mitra pada saat pendaftaran Aplikasi Kanggo, informasi mengenai lokasi Mitra yang dapat diketahui melalui Aplikasi Kanggo, informasi mengenai transaksi Mitra melalui Aplikasi Kanggo, maupun informasi lainnya yang tersedia kepada dan dapat diakses oleh Kanggo melalui pengunduhan, instalasi dan penggunaan Aplikasi Kanggo oleh Mitra, termasuk namun tidak terbatas kepada memberikan ataupun penyebarluasan informasi tersebut kepada Pihak Ketiga manapun, termasuk pemberian informasi yang diperlukan kepada aparat yang berwenang yang memproses klaim jika terdapat keluhan, perselisihan, atau konflik, yang dapat termasuk kerusakan maupun kecelakaan kerja, yang melibatkan Mitra dan Customer dan informasi atau data tersebut diperlukan untuk menyelesaikan keluhan, perselisihan, atau konflik maupun pemberian informasi untuk keperluan komersil Kanggo maupun pemberian informasi kepada instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Mitra dilarang untuk menyebarluaskan atau membagi setiap informasi yang didapatkan olehnya melalui penggunaan Aplikasi Kanggo, baik informasi mengenai Kanggo maupun mengenai Customer, kepada pihak ketiga manapun tanpa mendapatkan persetujuan tertulis dari Kanggo. Persetujuan Para Pihak Perjanjian ini dibuat dan diberikannya persetujuan secara elektronik oleh Kanggo dan Mitra dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga. Setelah tindakan mengklik persetujuan secara elektronik atas Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini, maka Kanggo dan Mitra setuju untuk dianggap bahwa Mitra telah membaca, mengerti serta menyetujui setiap dan keseluruhan pasal dalam Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini dan akan mematuhi dan melaksanakan setiap pasal dalam Syarat & Ketentuan Pendaftaran dengan penuh tanggung jawab.

 

Dengan ini, saya, sebagai Mitra dalam Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini, menyetujui dan berjanji akan memenuhi setiap ketentuan dalam Syarat & Ketentuan Pendaftaran ini.