BerandaBlog
Main Jadi Lebih Ceria, Cek 5 Tips Renovasi Ruang Main Anak

Main Jadi Lebih Ceria, Cek 5 Tips Renovasi Ruang Main Anak

Bagikan
Main Jadi Lebih Ceria, Cek 5 Tips Renovasi Ruang Main Anak
Nov 15, 2021

Renovasi ruang main anak merupakan salah satu cara mendukung kegiatan bermain anak. Bermain memegang peran penting dalam kesehatan dan perkembangan seorang anak. Mengutip laporan kesehatan The Power of Play: A Pediatric Role in Enhancing Development in Young Children dari The American Academy of Pediatrics (AAP), bermain dapat meningkatkan kemampuan anak untuk merencanakan, mengatur, bergaul dengan orang lain, dan meregulasi emosi. Selain itu, bermain membantu keterampilan bahasa, matematika dan sosial, hingga membantu anak-anak mengatasi stres.

Mempertimbangkan pentingnya kegiatan bermain untuk anak, tidak ada salahnya kita menyediakan ruang main khusus. Keberadaan ruang main anak akan memberikan kenyamanan untuk seluruh penghuni rumah. Anak dapat bebas bermain dan bereksplorasi tanpa khawatir menyentuh barang berbahaya. Selain itu, Anda dapat menghindari pemandangan barang-barang dan mainan si kecil berserakan di ruang keluarga, kamar tidur, hingga ruang makan.

Apakah ruang main anak harus luas? Tidak juga. Anda tidak perlu khawatir, ruang bermain anak yang baik tidak harus luas atau sebesar ruangan-ruangan lainnya. Lalu, bagaimana membangun ruang bermain yang menyenangkan dan aman untuk ruang main anak? Berikut ini 5 tips renovasi ruang main anak.

1. Pilih Warna Cat atau Wallpaper yang Tepat

Sama halnya dengan ruangan lain di rumah, pemilihan warna ruang main anak akan berpengaruh pada suasana hati dan mood anak. Komposisi kontras dengan warna-warna primer memang membuat ruangan terlihat lebih cerah, namun terlalu banyak warna kontras justru membuat mata mudah lelah. 

Jika ingin menggunakan warna terang, kombinasikan sebagai gradasi atau aksen saja. Gradasi warna merah ke merah mudah atau kuning ke kuning pastel bisa menjadi pilihan untuk ruang main yang cerah. Jika ruang bermain anak digabung sebagai ruang istirahat, Anda dapat memilih warna lembut seperti warna pastel, cokelat, hijau, atau krem karena memberikan kesan yang menenangkan. 

Baca Juga: Inspirasi Cat Rumah Minimalis Tampak Depan Warna Cerah 2022

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

2. Sediakan Lemari Penyimpanan

Lemari penyimpanan merupakan furnitur wajib di ruang main anak. Lemari penyimpanan, atau bentuk tempat penyimpanan lainnya, bisa membuat ruangan terlihat lebih rapi karena semua mainan memiliki tempatnya masing-masing. Anda juga bisa mengajarkan anak untuk belajar merapikan mainannya sendiri. Pastikan lemari penyimpanan yang digunakan memiliki ukuran yang mampu dijangkau si kecil.

3. Pastikan Memiliki Sirkulasi Udara & Pencahayaan yang Baik

Ruang bermain harus memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Pastikan ada ventilasi udara atau jendela yang layak di ruang bermain. Untuk pencahayaan, Anda bisa mengandalkan cahaya alami di siang hari dari jendela dan memasang lampu yang sesuai dengan besar ruangan agar tidak terlalu terang atau redup, pas dengan kebutuhan aktivitas anak.

4. Pilih Mainan Sesuai Usia Anak & Batasi Jumlahnya

Beberapa penelitian membuktikan jumlah mainan yang terlalu banyak justru membuat anak mengalami kebingungan. Mainan yang terlalu banyak juga akan memenuhi ruang bermain dan akhirnya anak kekurangan ruang untuk beraktivitas dengan nyaman. Solusinya, Anda dapat melihat mainan apa yang sedang digemari atau menarik untuk seusia anak Anda. Jika ada beberapa mainan, lebih baik dibuat giliran main dan mainan yang sedang tidak dimainkan bisa disimpan terlebih dahulu.

5. Ciptakan Ruang yang Aman & Nyaman dengan Bahan Bangunan Berkualitas

Ruang bermain harus memiliki standar keamanan dan kenyamanan yang tinggi karena pengguna utama ruangan tersebut adalah anak Anda. Pemilihan material mulai dari keramik hingga cat tembok harus mempertimbangkan keselamatan anak saat bermain. Pastikan cat dinding yang digunakan bebas bahan berbahaya yang dapat terhirup atau termakan oleh anak. Selain itu, cek pilihan untuk memakai pelindung lantai untuk meredam benturan jika anak terjatuh.

Itulah beberapa tips renovasi ruang main anak agar nyaman dan aman untuk digunakan. Memiliki ruang khusus untuk bermain memang bukan sebuah kewajiban, namun akan memberi banyak manfaat untuk keluarga Anda. Sedang merencanakan renovasi ruang bermain? Temukan tukang terpercaya hingga bahan bangunan berkualitas di Kanggo.

Aplikasi Kanggo dapat membantu Anda menemukan tukang sesuai kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi. Download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami