BerandaBlog
Dapur Perlu Renovasi? Cek 5 Alasan Anda Harus Renovasi Dapur

Dapur Perlu Renovasi? Cek 5 Alasan Anda Harus Renovasi Dapur

Bagikan
Dapur Perlu Renovasi? Cek 5 Alasan Anda Harus Renovasi Dapur
Nov 8, 2021

Renovasi dapur merupakan salah satu pekerjaan renovasi yang membawa perubahan besar untuk rumah Anda. Ada dua macam dapur yang paling umum di Indonesia, yaitu dapur masak atau kotor yang fungsi utamanya adalah untuk memasak dan mencuci perlengkapan masak dan dapur bersih yang fungsinya termasuk ruang untuk menerima tamu. Apapun jenis dapur rumah Anda, renovasi dapur baik dilakukan jika sudah waktunya.

Kapan waktu yang tepat untuk renovasi dapur? Tergantung kebutuhan dan tujuan renovasi Anda. Ada beberapa hal yang dapat menjadi alasan renovasi dapur. Berikut ini 5 alasan Anda harus renovasi dapur.

  1. Butuh Dapur Lebih Luas & Nyaman

Banyak pekerjaan yang perlu dilakukan di dapur, mulai dari memasak hingga mencuci alat masak. Pekerjaan dapur tersebut tentu membutuhkan ruang yang cukup luas dan nyaman. Bayangkan ukuran ruangan dapur yang tersisa untuk bergerak setelah dapur terisi kitchen set, kompor, dan kulkas. Belum lagi jika ada rak penyimpanan tambahan, maka semakin sedikit ruang untuk bergerak.

Renovasi dapur dengan mengubah bentuk dapur menjadi letter L atau U dapat menambah ruang untuk bergerak. Anda dapat lebih leluasa memasak dan mengerjakan pekerjaan dapur lainnya.

Baca Juga: 7 Inspirasi Dapur Minimalis, Simpel dan Aesthetic

  1. Ingin Ganti Suasana Memasak

Alasan renovasi rumah tidak harus selalu masalah fungsional. Pernah merasa bosan di rumah karena suasana yang muram dan terasa membosankan? Mungkin Anda jenuh dengan suasana dan pemandangan yang sama setiap hari. 

Renovasi dapur dapat dilakukan untuk mengganti suasana sehingga Anda lebih semangat memasak dan mengerjakan pekerjaan dapur. Tidak perlu langsung melakukan renovasi besar, Anda bisa mulai dengan memperbaharui kitchen set, perabotan, atau meja counter

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
agar terlihat lebih modern dan menambah nilai estetika dapur Anda.

  1. Perlu Dapur Ramah Anak

Anggota keluarga Anda bertambah, kini ada seorang anak yang mengisi kegiatan harian Anda. Begitu memasuki masa balita, kemampuan berjalan serta meraih anak akan semakin tinggi, bersamaan dengan meningkatnya rasa penasaran dan biasanya mulai pandai meniru semua kegiatan yang ia lihat. Merenovasi atau mengubah layout dapur agar lebih aman menjadi sebuah kewajiban. 

Renovasi dapur yang bisa Anda lakukan adalah memperluas ruangan untuk memasak agar anak dapat terlibat dalam proses memasak. Letakkan barang elektronik, mudah pecah, dan tajam lebih tinggi atau jauh dari jangkauan anak. Tetap ingat, meski sudah direnovasi menjadi ramah anak, Anda harus selalu mengawasi anak terutama saat berada di dapur.

  1. Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Jika di masa yang akan datang Anda berencana untuk menjual kembali rumah Anda, renovasi interior memiliki pengaruh terhadap nilai jual kembali rumah. Area dapur yang rapi dan aesthetic akan menarik lebih banyak calon pembeli. Renovasi dapur dapat membantu Anda mempertahankan nilai jual kembali terbaik rumah Anda pada saat menjualnya di masa depan.

  1. Menghindari Biaya Tak Terduga

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa setiap benda memiliki masa pakai, termasuk isi dapur Anda. Biasanya setelah 5-10 tahun, Anda akan mulai merasakan masalah seperti engsel kabinet yang sulit ditutup, keran air atau pipa wastafel bocor, dinding mengelupas, dan barang elektronik mulai rusak satu persatu. Daripada menunggu rusak sewaktu-waktu, lebih baik Anda melakukan renovasi menyeluruh dengan mengganti isi dapur yang masa pakainya hampir habis. 

Baca Juga: Menghitung Biaya Renovasi Rumah yang Sesuai dengan Budget

Meskipun biaya renovasi tidak murah, biaya ini lebih terencana dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta anggaran yang ada. Hal tersebut tentu lebih baik daripada menghabiskan uang untuk membayar biaya tak terduga dari perbaikan barang yang rusak bergantian.

Itulah 5 alasan Anda harus renovasi dapur. Semoga pembahasan di atas menginspirasi Anda untuk mewujudkan dapur impian. Cari tukang renovasi berpengalaman dengan biaya terjangkau? Kanggo siap membantu Anda menemukan tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi. Download aplikasi Kanggo di Play Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami