BerandaBlog
Lengkapi Desain dengan Model Plafon PVC Kamar Tidur Terbaru

Lengkapi Desain dengan Model Plafon PVC Kamar Tidur Terbaru

Bagikan
Lengkapi Desain dengan Model Plafon PVC Kamar Tidur Terbaru
Agt 7, 2022

Bahan PVC merupakan material yang tepat untuk dijadikan bahan plafon kamar tidur. Dengan mengaplikasikan plafon jenis ini, kamu lebih mudah membuat desain yang diinginkan, termasuk memperbaikinya bila ada kerusakan.

Mengingat kamar tidur merupakan tempat beristirahat usai lelah beraktivitas di luar rumah, desain ruangan yang satu ini tentu perlu kamu tentukan dengan cermat. Mulai dari gaya ruangan hingga desain plafonnya sudah pasti perlu dipertimbangkan.

Baca juga: Rumah Makin Indah dan Nyaman dengan Plafon Minimalis

Kabar baiknya, kali ini kami akan membagikan inspirasi model plafon PVC kamar tidur terbaru untukmu. Namun, sebelum mengintip ide-ide desainnya, mari kenali terlebih dahulu terkait plafon PVC itu sendiri.

Mengenal Plafon PVC

<yoastmark class=

Sumber: Fun Shine Light

Plafon PVC adalah pelapis langit-langit bangunan yang terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC). Sebagai material sintetis atau buatan pabrik, PVC memiliki karakter yang ringan dan kuat. Berhubung bahan ini cukup kuat, risiko adanya kerusakan material saat pemasangan plafon pun relatif rendah.

Tidak hanya itu, plafon PVC juga bersifat tahan air sehingga lebih efektif dan tahan di daerah dengan kelembapan tinggi. Di samping tahan air, material PVC juga tahan rayap dan tidak akan ditumbuhi lumut.

Sayangnya, plafon PVC cenderung mudah rusak bila terkena panas karena material ini adalah bentuk polimer dari plastik. Tampilan plastiknya juga seringkali terlihat cukup jelas pada ruangan.

Meski begitu, tampilan akhirnya terlihat mulus dan bisa dibuat dalam aneka desain, warna, serta ukuran. Jadi, kamu dapat menyiasati tampilannya dengan menghadirkan desain plafon PVC kamar tidur yang menarik.

Ide Model Plafon PVC Kamar Tidur Terbaru

Karakternya yang mudah dibentuk, membuatmu leluasa menerapkan aneka desain <yoastmark class=

Sumber: Holly Blue Interio

Berbeda dengan plafon gypsum, plafon PVC relatif lebih mudah dibentuk. Karena itu, kamu bisa mempertimbangkan aneka model plafon PVC kamar tidur terbaru di bawah ini!

Model Plafon PVC Kamar Tidur 3×3 Meter

Upayakan memasang plafon besar seukuran ruangan untuk menghindari garis pembatas yang bisa membuat kamar tampak sempit.
Upayakan memasang plafon besar seukuran ruangan untuk menghindari garis pembatas yang bisa membuat kamar tampak sempit.

Sumber: Homedit

Ukuran 3×3 meter bukanlah ukuran yang cukup luas untuk kamar tidur. Maka dari itu, kamu perlu menentukan desainnya dengan cermat agar ruangan tak terlihat makin sempit.

Salah satu yang perlu kamu perhatikan adalah model plafon. Untuk model plafon 3×3 meter, kamu sebaiknya tidak menerapkan motif atau bentuk yang bermacam-macam.

Jika memungkinkan, pasanglah plafon dengan luas seukuran ruangan agar tidak terlalu banyak garis pembatas yang membuat ruangan tampak makin kecil.

Sebagai titik fokus desain, kamu bisa memasang lampu dengan bentuk minimalis di tengah plafon.

Baca juga: 9 Model Plafon Ruang Tamu Sederhana yang Menginspirasi

Model Plafon Polos yang Sleek

Model <yoastmark class=

Kalau kamu menginginkan kamar tidur yang sleek, pertimbangkanlah penggunaan plafon yang polos. Gunakan warna putih hampir di sebagian besar ruangan kamar, mulai dari plafon, dinding, hingga furnitur.

Dengan begitu ruangan kamar akan terasa makin rapi dan segar. Kemudian, kamu bisa membuat sedikit bagian cekung untuk penempatan lampu tanam. Pemilihan desain yang minim distraksi seperti ini tentu membuat waktu istirahatmu makin optimal.

Supaya ruangan tetap terasa rapi dan lapang, tetapi terhindar dari kesan monoton, berikanlah sentuhan beberapa warna berbeda yang tetap bisa berpadu sempurna dengan warna putih yang dominan, misalnya warna hitam atau abu-abu.

Baca juga: 10 Inspirasi Cat Rumah Warna Abu-Abu yang Menawan

Motif Garis untuk Plafon

Motif geometri seperti garis merupakan pilihan pas untuk menghasilkan desain yang variatif tetapi tidak berlebihan.
Motif geometri seperti garis merupakan pilihan pas untuk menghasilkan desain yang variatif tetapi tidak berlebihan.

Apakah kamu termasuk yang menyukai sedikit variasi, tetapi tak ingin ornamen berlebihan? Jika demikian, kamu bisa mempertimbangkan motif geometris seperti garis untuk motif plafon PVC kamar tidur.

Kamu bisa memasang plafon bermotif garis dengan atau tanpa lis. Jika menginginkan tanpa lis atau garis tepi, kamu bisa menggunakan plafon PVC putih saja dengan bentuk garis-garis satu.

Sementara itu, garis tepi berwarna silver atau abu-abu juga dapat kamu pertimbangkan bila ingin mempertegas motif plafon.

Di samping untuk kamar, plafon PVC bermotif garis juga cocok untuk dipasang pada bagian luar rumah, misalnya di beranda. Adanya plafon yang terlihat mengilap dengan motif garis tentu membuat hunianmu tampak makin indah.

Model Plafon Minimalis

Siasati karakter plafon PVC yang mengilap dengan penggunaan indirect light
Siasati karakter plafon PVC yang mengilap dengan penggunaan indirect light

Sumber: Mirach Interior

Bagi beberapa orang, cahaya lampu yang terlalu terang menyulitkan untuk beristirahat. Namun, tak semua orang bisa beristirahat di tengah suasana ruangan yang benar-benar gelap. Sebagai solusinya, kamu perlu menciptakan suasana kamar tidur yang temaram.

Sayangnya, plafon berbahan PVC memiliki karakter yang mengilap sehingga akan tampak cukup silau ketika terkena sinar lampu.

Apabila kamu menghadapi persoalan di atas, cobalah terapkan desain plafon PVC kamar tidur minimalis dengan indirect light atau lampu tersembunyi seperti pada gambar.

Ruangan dengan pencahayaan yang tidak terlalu banyak akan membuatmu lebih cepat tertidur. Selain itu, kesan lega dan lapang pada desain kamar tidur minimalis juga bisa membantumu beristirahat dengan maksimal.

Baca juga: Desain Kamar Mandi Minimalis: Nyaman Sekaligus Fungsional

Model Plafon PVC Kamar Tidur Mewah

Membuat area plafon yang cekung untuk penempatan crystal chandelier dapat meningkatkan kesan mewah dari kamar tidurmu.
Membuat area plafon yang cekung untuk penempatan crystal chandelier dapat meningkatkan kesan mewah dari kamar tidurmu.

Plafon dengan material PVC juga dapat tetap dapat kamu gunakan saat ingin menghadirkan desain kamar tidur yang mewah. Tentunya, ada detail-detail desain yang perlu kamu perhatikan untuk mencapai kesan classy dan luxurious pada kamar tidur.

Untuk membuat desain plafon PVC kamar tidur yang mewah, kamu bisa menghadirkan plafon cekung pada bagian tertentu. Namun, kali ini bukan untuk memasang lampu tanam agar tidak mencolok pada ruangan.

Justru area plafon yang cekung tersebut bisa kamu jadikan titik fokus desain yang menegaskan kesan mewah pada ruangan, misalnya dengan meletakkan crystal chandelier di sana.

Selain itu, kamu juga tetap bisa memanfaatkan indirect lighting yang disembunyikan pada cekungan plafon. Akan tetapi, kali ini justru ditujukan agar keberadaan chandelier tersebut makin tampak jelas. Dengan begitu, kamar tidurmu akan makin terlihat mewah.

Tidak lupa, kamu juga perlu memilih bahan-bahan kain yang tepat untuk furnitur. Penggunaan material suede untuk headboard dan sofa tentu akan membuat keseluruhan kamar tidur lebih elegan.

Baca juga: 15 Rekomendasi Dekorasi Kamar Tidur Minimalis dan Aesthetic

Itulah beberapa inspirasi model plafon PVC kamar tidur terbaru yang kami rekomendasikan. Jika kamu sudah menemukan desain yang sesuai keinginanmu, kamu bisa pesan Tukang Jagoan untuk mengaplikasikannya ke dalam hunianmu.

Kanggo menghadirkan aplikasi dengan ratusan solusi untuk segalah kebutuhan rumahmu. Tukang Jagoan yang terlatih dan terpercaya memiliki banyak keahlian untuk melayani segala keperluan rumahmu dari jasa layanan perbaiki listrik jeglek, renovasi kecil, hingga pemasangan plafon.

Tunggu apa lagi, Yuk, unduh aplikasi Kanggo melalui App Store atau Google Play Store dan nikmati promo mingguan yang ada!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami