BerandaBlog
Waspada Dinding Lembap Berjamur, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Waspada Dinding Lembap Berjamur, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagikan
Waspada Dinding Lembap Berjamur, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Okt 14, 2021

Dinding lembap berjamur tak hanya mengganggu pemandangan tapi juga berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan. Jamur yang menempel di tembok rumah dapat terhirup, kontak dengan kulit, hingga jatuh di atas makanan. Efeknya bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Jika dinding rumah Anda mulai lembap dan berjamur, ini saatnya Anda melakukan perbaikan rumah. Dengan membersihkan dinding dan pengecatan ulang, dinding rumah kembali tampak cantik seperti sedia kala. Ingin tahu cara mengatasi dinding lembap berjamur? Simak caranya di bawah ini!

Membersihkan Dinding & Pengecatan Ulang

Untuk mengembalikan keindahan dan kenyamanan rumah Anda, dinding lembap berjamur dapat dihilangkan dengan pengecatan ulang. Namun, sebelum melakukan pengecatan jangan lupa untuk membersihkan dinding dari jamur terlebih dahulu. Jika tidak, kemungkinan besar jamur yang masih hidup di dinding akan dengan mudah menembus lapisan cat yang baru.

Mulai proses membersihkan dinding dengan mengaplikasikan larutan baking soda atau cuka ke dinding lembap berjamur secara menyeluruh dan biarkan permukaannya mengelupas. Setelah kering, kerik bagian yang mengelupas, rapikan dengan amplas, lalu lapisi dengan pelapis dinding waterproof. Setelah lapisan waterproof kering, Anda dapat melakukan pengecatan ulang agar tampilan dinding rumah kembali cerah.

Baca Juga: 8 Jenis Cat Tembok Warna Hijau Menawan dan Kombinasinya

Perbaikan Dinding Lembap Berjamur

Ada banyak penyebab dinding lembap atau basah. Penyebab yang paling umum adalah air hujan yang merembes melalui dinding atau genteng, serapan kelembapan dari tanah, pengembunan pada permukaan dinding yang dingin. Berikut ini beberapa cara mengatasi dinding lembap berjamur sesuai dengan penyebabnya.

Rembesan Air dari Bawah Tanah
Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Air tanah yang naik melalui pondasi dapat menyebabkan bekas belang basah atau lembap, cat menggelembung, atau menghasilkan serbukan kapur pada permukaan dinding dekat lantai. Hal ini biasa terjadi karena aliran udara bawah lantai atau sistem drainase saluran air yang buruk.

Solusi perbaikannya adalah dengan memperbaiki sistem drainase atau saluran air, memastikan ada cukup ruang kosong di bawah papan lantai untuk membantu proses penguapan air tanah dan dialirkan keluar melalui ventilasi bawah lantai. Selain itu, Anda dapat memasang kedap air pada lantai atau dinding dan sebaiknya diserahkan kepada tenaga tukang perbaikan rumah profesional.

Dinding Berjamur karena Pengembunan

Jika penyebab dinding basah atau lembap tidak diketahui, Anda bisa melakukan sebuah uji coba. Pertama, keringkan dinding lalu tempelkan alumunium foil dan rekatkan dengan lakban hingga rapat pada area dinding yang bermasalah. Cek setelah 24 jam, apakah permukaan aluminium foil menjadi basah? Jika basah, kemungkinan besar masalah utama dinding rumah Anda adalah pengembunan. Pengembunan terjadi akibat sistem ventilasi yang buruk sehingga uap air di udara terjebak di dalam rumah.

Solusi perbaikannya adalah dengan memasang ventilasi yang baik untuk ruangan atau bisa juga menggunakan exhaust fan di ruangan yang cenderung mudah lembap seperti dapur dan kamar mandi. Pemasangannya dapat dilakukan oleh tukang profesional agar lebih efektif dan efisien.

Kebocoran

Kebocoran biasa terjadi karena genteng yang pecah, renggang, atau retak. Namun, bisa juga terjadi karena kesalahan pada struktur atap, talang air atau karpet genteng yang bocor. Dinding lembap berjamur akibat kebocoran terlihat dari bekas basah di area dekat atau sejalur dengan saluran air. Selain itu, dinding lembap atau basah bisa terjadi akibat kebocoran pipa air yang tertanam pada dinding. Solusi perbaikannya mudah yaitu dengan memperbaiki kerusakan di atap dan mengatasi kebocoran pipa yang ada di rumah Anda.

Membersihkan dinding lembap berjamur dan pengecatan ulang memang penting untuk menjaga keindahan rumah Anda dan menghindari bahaya kesehatan. Untuk mempermudah pengerjaan dan menghemat waktu, sebaiknya Anda cari tukang berpengalaman yang ahli dalam perbaikan dinding dan cat. Kanggo siap membantu Anda menemukan tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi. Download aplikasi Kanggo di Play Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Baca Juga: Rincian Biaya Plester Dinding dan Cara Menghitung

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami