BerandaBlog
Pentingnya Pembagian Area Agar Dapur Lebih Nyaman

Pentingnya Pembagian Area Agar Dapur Lebih Nyaman

Bagikan
Pentingnya Pembagian Area Agar Dapur Lebih Nyaman
Des 20, 2021

Rencana renovasi biasanya dimulai dengan menentukan desain dan tema ruangan. Namun, untuk renovasi dapur sebaiknya Anda memulai dengan perencanaan sistem zonasi atau pembagian area dapur agar lebih nyaman beraktivitas.

Di beberapa desain rumah modern, dapur kerap digabungkan dengan ruang makan. Bahkan beberapa rumah sudah mengekspos posisi dapur bahkan saat membuka pintu utama. Oleh karena itu, saat ini jenis dapur bisa dibagi dua yaitu dapur kering atau bersih dan dapur basah atau dapur kotor dengan fungsi yang berbeda pula. Jenis dapur boleh saja berubah seiring perkembangan ide desain arsitektur, namun tiga kegiatan utama dalam dapur tentu tidak berubah yaitu menyimpan, membersihkan, serta memasak.

Baca Juga: Cara Ampuh Atasi Wastafel Dapur yang Mampet

Pembagian Area Dapur berdasarkan Kitchen Triangle

Desain pembagian area dapur dikenal dengan istilah kitchen triangle

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
atau segitiga kerja. Istilah ini merujuk pada kegiatan dapur yang berfokus di sekitar kompor, area mencuci, dan lemari penyimpanan. Konsep segitiga kerja membagi dapur menjadi tiga zona sesuai kegiatan yaitu memasak, mencuci, dan menyimpan. Menata tiga titik tersebut dengan baik merupakan kunci untuk memudahkan pekerjaan dan menambah kenyamanan di dapur.

Pembagian area kerja dengan zonasi seperti ini juga dapat menyelaraskan keseluruhan konsep rumah. Pemilihan furnitur dan tata letak dapur juga dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan dan anggaran. Dengan pembagian area, dapur Anda terlihat lebih tertata dan memudahkan siapapun melakukan pekerjaan dapur.

Di sisi atau zona memasak umumnya diletakkan kompor dan oven. Area ini juga dilengkapi tempat persiapan untuk menyiapkan bahan masakan, seperti mengupas dan memotong. Untuk memudahkan kegiatan memasak, area ini juga bisa didekatkan dengan penyimpanan bumbu-bumbu.

Baca Juga: 9+ Model Plafon Dapur Hunian Minimalis, Unik, dan Kekinian

Zona penyimpanan merupakan bagian dapur yang dikhususkan untuk menyimpan bahan makanan dan juga peralatan memasak. Tempatkan kulkas dan rak penyimpanan alat masak serta makan di sisi ini. Simpan bahan makanan dan peralatan sesuai fungsi agar mudah ditemukan.

Lalu ada zona mencuci untuk kegiatan pembersihan sebelum dan sesudah memasak. Area ini khusus  untuk membersihkan bahan makanan dan peralatan makan serta masak yang sudah dipakai.

Itulah pembahasan pentingnya pembagian area atau zonasi agar dapur lebih tertata dan nyaman. Sedang merencanakan renovasi dapur? Temukan tukang terpercaya hingga bahan bangunan berkualitas di Kanggo.

Aplikasi Kanggo dapat membantu Anda menemukan tukang sesuai kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi. Download aplikasi Kanggo di Play Store & App Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami