BerandaBlog
Cara Pasang Shower Air Panas dan Air Dingin dengan Tepat

Cara Pasang Shower Air Panas dan Air Dingin dengan Tepat

Bagikan
Cara Pasang Shower Air Panas dan Air Dingin dengan Tepat
Apr 2, 2022

Cara pasang shower air panas dan dingin perlu dilakukan dengan tepat. Pemasangan shower air panas dan dingin sendiri memang cukup banyak diminati. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah mudah mendapat air panas kapan pun.

Pembahasan kali ini akan mengulas tentang cara memasang keran shower untuk air panas dan dingin di kamar mandi. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Cara Tepat Pasang Shower Air Panas dan Air Dingin

Sebelum melakukan pemasangan shower, pastikan kamu telah menutup saluran air terlebih dahulu. Matikan sumber air dan tutup pipa aliran air agar proses pemasangan shower tidak terganggu.

Berikut langkah-langkah untuk memasang shower air panas dan dingin di kamar mandi:

Pilih Jenis Alat Pemanas

Langkah pertama adalah memilih jenis alat pemanas atau water heater yang ingin kamu gunakan. Water heater sendiri beragam, baik dari segi sumber tenaga, model, atau kapasitas tangki.

Pastikan kamu memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kamar mandi di rumah. Pemilihan water heater juga akan berpengaruh pada langkah-langkah selanjutnya. Mulai dari pemasangan pipa sampai keran shower.

Tentukan Titik Keran

Selanjutnya, kamu dapat menentukan titik pemasangan keran. Ketika menentukan titik keran, kamu juga menghitung jarak antara water heater dengan keran shower. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui berapa banyak pipa yang akan digunakan.

Baca Juga: Cara Menutup Keran Air yang Bocor dengan Tepat & Mudah

Siapkan Keran untuk Pasang Shower Air

Cara pasang shower air panas yang selanjutnya adalah menyiapkan keran shower. Karena akan memasang air panas dan dingin, maka keran yang perlu kamu siapkan jumlahnya dua buah. Keran shower ini yang nantinya akan dihubungkan dengan saluran alat pemanas melalui pipa.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Untuk keran air panas, sebaiknya kamu menggunakan keran berbahan logam. Sedangkan untuk keran air dingin, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti plastik.

Pilih Pipa yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah pemilihan pipa yang akan menjadi saluran air. Untuk bahan, sebaiknya kamu menggunakan pipa dengan material PERT. Pipa PERT cocok untuk dipasang pada shower air panas karena kuat, ringan, serta tahan terhadap korosi.

Selain material, kamu juga perlu memilih pipa berdasarkan ukuran diameter. Diameter pipa berpengaruh pada kecepatan aliran air, yang idealnya 3 meter per-detik. Sedangkan ukuran diameter yang ideal untuk pipa shower air panas adalah 15 mm.

Pasang Pipa Pilihan

Setelah memilih pipa yang tepat, kamu dapat memasangnya sebagai saluran air panas dan dingin. Pasang pipa untuk menghubungkan antara water heater dengan keran shower. Jika ada bagian-bagian yang perlu lebih kuat dan menghindari kebocoran, kamu bisa memasang seal tape.

Pasang Keran Shower Air

Langkah terakhir adalah memasang keran shower yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Pasang keran shower pada sambungan pipa untuk bisa mengeluarkan air panas dari water heater. Jangan lupa untuk memasang keran air dingin dan menyambungkannya pada pipa saluran air utama di rumah.

Baca Juga: Cara Memasang Shower di Kamar Mandi Rumah

Pastikan Shower Bisa Digunakan dengan Lancar

Setelah menyelesaikan proses pemasangan, cek apakah shower sudah bisa bekerja dengan baik. Pastikan keran shower dapat mengeluarkan air panas dan dingin tanpa tersendat. Cek juga apakah ada kebocoran pada shower atau pipa.

Untuk hasil pemasangan shower yang maksimal, kamu bisa mempercayakan tugas ini pada Kanggo. Di Kanggo, ada banyak tukang berpengalaman yang siap membantu pemasangan shower di kamar mandi Anda. Tunggu apa lagi? Serahkan saja penerapan cara pasang shower air panas dan dingin yang tepat pada tukang di Kanggo. Yuk, unduh aplikasinya di PlayStore atau App Store sekarang.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami