BerandaBlog
5 Cara Pasang Plafon Gypsum di Rumah

5 Cara Pasang Plafon Gypsum di Rumah

Bagikan
5 Cara Pasang Plafon Gypsum di Rumah
Mar 22, 2022

Cara pasang plafon gypsum perlu dilakukan dengan tepat dan hati-hati. Plafon gypsum adalah salah satu jenis plafon yang cukup banyak digunakan di bagian langit-langit rumah. Beberapa keunggulannya adalah mampu meredam panas dan menjadi penghias pada hunian kesayanganmu.

Pembahasan ini akan mengulas mengenai langkah-langkah pemasangan plafon gypsum di rumah. Simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Cara Pasang Plafon Gypsum dengan Tepat

Pemasangan plafon gypsum biasanya dilakukan ketika atap rumah sudah terpasang dengan baik. Plafon akan menutup bagian langit-langit rumah sehingga tampak lebih rapi. Berikut langkah-langkah dalam memasang plafon gypsum di rumah.

Mempersiapkan Alat dan Bahan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Yang terpenting tentu saja adalah papan plafon gypsum dan rangka plafon. Kemudian peralatan untuk mempraktekkan cara pasang plafon gypsum. Seperti bor, sekrup, meteran, waterpass, dempul, dan lain sebagainya.

Mengukur Ketinggian Ruangan

Begitu peralatan siap, kamu dapat mengukur ketinggian ruangan yang akan dipasangi plafon gypsum. Ukur ketinggian ruangan dengan meteran dan buat garis sebagai penanda jarak. Penanda jarak ini akan digunakan untuk acuan dalam pemasangan wall angle dan rangka plafon.

Memasang Wall Angle

Cara pasang plafon gypsum yang selanjutnya adalah pemasangan wall angle. Pemasangan wall angle ini dilakukan pada garis penanda yang sudah kamu buat sebelumnya. Wall angle berfungsi sebagai penyangga plafon agar lebih kuat dan kokoh.

Memasang Rangka Plafon

Setelah wall angle terpasang, langkah selanjutnya adalah pemasangan rangka plafon. Kamu dapat menggunakan jenis rangka hollow yang akan menahan plafon. Buat juga gantungan rangka plafon yang akan menguatkan sebagai penyangga plafon.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Saat membuat gantungan plafon, pastikan kamu memberikan jarak antar gantungan. Jarak ideal antar gantungan adalah 80 cm, dimana semakin dekat jaraknya maka rangka plafon semakin kokoh. Ini adalah salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam menerapkan cara pasang plafon gypsum.

Memasang Papan Plafon Gypsum

Begitu pemasangan rangka selesai, kamu bisa mulai memasang papan plafon gypsum. Sebelum memasang, pastikan papan plafon tidak terbalik dan sesuai dengan modelnya.Kalau terbalik, kamu perlu membongkar dan memasangnya ulang nanti. Hal ini tentu akan menyulitkan dan memakan waktu lebih banyak.

Pemasangan papan plafon dapat kamu lakukan dengan mengikuti jalur gantungan rangka yang sudah dipasang sebelumnya. Kuatkan pemasangan papan plafon gypsum dengan sekrup menggunakan bor. Jarak ideal antara sekrup pada papan plafon adalah sekitar 10 cm.

Mendempul dan Pengecatan Plafon

Langkah terakhir dalam cara pasang plafon gypsum adalah pendempulan dan pengecatan. Saat memasang plafon gypsum, kamu bisa melihat sambungan antara papan plafon yang kurang indah dipandang. Karena itu, proses pendempulan memegang peranan penting dalam memperhalus papan plafon.

Untuk tampilan yang lebih indah dan rapi, kamu juga dapat mengecat papan plafon setelah didempul. Biasanya cat yang digunakan untuk plafon adalah warna putih, yang mana bisa menyatu dengan mudah dengan warna ruangan.

Pasang Plafon Gypsum dengan Profesional

Memasang plafon gypsum memang membutuhkan waktu, tenaga, dan tentu saja keahlian yang mumpuni. Terutama dalam proses pemasangan rangka plafon agar bisa kokoh dalam menopang plafon secara keseluruhan.

Untuk hasil pemasangan plafon yang lebih rapi dan kokoh, kamu bisa mempercayakan prosesnya pada orang yang sudah ahli. Di Kanggo, ada banyak tukang berpengalaman yang siap membantu proses pemasangan plafon gypsum dan urusan perbaikan lainnya di rumahmu.

Jadi, serahkan saja cara pasang plafon gypsum yang tepat pada tukang di Kanggo. Yuk unduh aplikasi Kanggo di PlayStore atau App Store sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami