BerandaBlog
Desain Pagar Depan Rumah yang Buat Hunian Jadi Menawan

Desain Pagar Depan Rumah yang Buat Hunian Jadi Menawan

Bagikan
Desain Pagar Depan Rumah yang Buat Hunian Jadi Menawan
Okt 17, 2022

Kesan pertama adalah sesuatu yang akan bertahan lama dalam benak seseorang. Bayangkan, sebuah rumah megah yang dapat dilihat dari kejauhan dengan ornamen indah pada fasad dan dengan lanskap cantik.

Sayangnya, saat kamu mendekati rumah tersebut, desain pagar depan rumah tampak kurang estetik. Nilai keseluruhan rumah pun berkurang, bukan?

Desain pagar rumah memainkan peran sangat penting dalam meningkatkan daya tarik sebuah hunian. Desain gerbang depan dapat meningkatkan estetika rumah dan membuat tempat tinggalmu terlihat lebih menawan.

Selain alasan keamanan dan kepraktisan, desain pagar rumah juga melengkapi sebuah hunian dan menggambarkan kepribadian pemiliknya. Kalau kamu sedang mencari ide desain pagar depan rumah, berikut ini beberapa desain yang bisa kamu jadikan referensi.

Pagar Depan Rumah Minimalis

Seperti bagian rumah lain, pagar minimalis juga berbentuk simpel dan mengutamakan fungsi.
Seperti bagian rumah lain, pagar minimalis juga berbentuk simpel dan mengutamakan fungsi.

Seperti yang sudah diketahui, konsep desain minimalis mengutamakan fungsi dan memiliki bentuk yang simpel. Kedua karakteristik tersebut juga berlaku untuk desain pagar depan rumah minimalis.

Baca juga: 7 Ide Pagar Rumah Minimalis Modern yang Estetis

Kalau kamu mau menghadirkan desain minimalis pada pagar depan rumah, kamu dapat memilih model pagar yang simpel, tetapi sangat fungsional. Pagar berbahan metal yang disusun horizontal seperti pada gambar di atas dapat menjadi pertimbangan.

Tidak lupa, gunakan warna-warna netral yang sangat menonjolkan kesan minimalis seperti hitam atau putih.

Pagar Depan Rumah Klasik

Pagar rumah klasik biasanya dibuat dari material besi tempa.
Pagar rumah klasik biasanya dibuat dari material besi tempa.

Terdapat beberapa karakteristik utama dari pagar depan rumah klasik. Pertama, material yang dipilih untuk pagar klasik ialah besi tempa. Umumnya, besi tersebut diwarnai hitam atau warna gelap lainnya. Tak sedikit juga yang diwarnai dengan warna emas, tergantung keseluruhan konsep rumah.

Ciri khas lain dari pagar klasik adalah memiliki ornamen yang detail di pagar. Kadang, besi pagar sengaja dibentuk atau diberi ukiran.

Ketika melihat pagar klasik, kemungkinan kamu akan segera menyadarinya. Karakter terakhir dari pagar ini, sesuai namanya, terlihat klasik atau old school. Bahkan, banyak pagar klasik yang akan mengingatkanmu pada gambaran kerajaan atau peradaban kuno.

Pagar Depan Rumah Tembok

Pagar tembok sangat sesuai diaplikasikan pada rumah di area yang bising.
Pagar tembok sangat sesuai diaplikasikan pada rumah di area yang bising.

Di samping besi, tembok juga kerap digunakan sebagai material pagar. Salah satu keunggulan tembok yaitu dapat menghalau atau meredam suara. Jadi, kalau kamu tinggal di area yang bising, pagar depan rumah tembok patut menjadi pertimbangan.

Selain meredam suara ribut dari luar, pagar tembok juga memberikan fungsi keamanan. Adapun model pagar tembok yang bisa kamu terapkan sebetulnya sangat variatif. Kamu dapat menerapkan pagar tembok tinggi, setengah dinding, atau kombinasi dengan material lain.

Biasanya, pagar tembok dikombinasikan dengan logam, seperti stainless steel, besi, atau galvalum.

Baca juga: Ide Variasi Pagar Tembok agar Tampilan Rumah Makin Menarik

Pagar Rumah Depan Batu Alam

Kalau kamu mencari material pagar yang sanggup bertahan selama 20-30 tahun, batu alam adalah jawabannya.
Kalau kamu mencari material pagar yang sanggup bertahan selama 20-30 tahun, batu alam adalah jawabannya.

Batu alam termasuk material yang mempunyai banyak fungsi, salah satunya untuk menyusun pagar rumah. Pagar rumah depan batu alam

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
dapat mempercantik tampilan eksterior hunian sambil menghadirkan kesan natural.

Lebih dari itu, batu alam merupakan material yang stabil dan tahan lama. Ketahanannya bisa mencapai 20-30 tahun.

Kalau kamu menyukai mix and match material, batu alam juga dapat diandalkan sebab tersedia dalam beragam tekstur dan warna. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memadukannya dengan material lain.

Terlepas dari berbagai kelebihan tersebut, kamu perlu cermat saat memilih jenis batu alam yang akan digunakan untuk pagar. Terlebih jika rumahmu berada di daerah tropis. Pasalnya, beberapa jenis batu alam dapat menyerap air sehingga dalam jangka waktu panjang berisiko ditumbuhi lumut.

Maka dari itu, pertimbangkan batu alam yang cocok untuk iklim Indonesia, misalnya batu sabak, batu kewal, batu andesit, batu palimanan, atau limestone. Selain memilih jenis batu, kamu juga bisa membersihkan pagar secara rutin dengan sikat kawat atau melakukan coating setiap 2-3 tahun sekali.

Pagar Rumah Depan Minimalis Modern

Pagar rumah dengan konsep minimalis modern akan tampak fungsional sekaligus simpel.
Pagar rumah dengan konsep minimalis modern akan tampak fungsional sekaligus simpel.

Arsitektur minimalis modern mengacu pada gaya desain yang clean dan simpel. Gaya desain modern kadang disebut juga arsitektur kontemporer karena selalu berubah mengikuti tren.

Akan tetapi, konsep desain modern dan minimalis selalu memiliki benang merah, yaitu desain yang fungsional dan seamless. Gaya tersebut juga yang akan kamu temukan pada pagar rumah depan minimalis modern.

Dari sisi material, pagar rumah minimalis dan modern lebih sering menggunakan bahan metal seperti stainless steel. Sesuai konsepnya, kamu tak akan menemukan banyak ornamen pada pagar yang satu ini.

Seperti pada gambar di atas, dari jauh pagar minimalis modern mungkin tampak berbentuk persegi panjang saja. Adapun detail-detail garis horizontal atau vertikal tidak semata hadir sebagai elemen dekorasi, tetapi juga berfungsi sebagai handle.

Di samping material dan bentuknya, palet warna rumah modern minimalis juga cukup khas. Warna cat eksterior untuk rumah modern minimalis antara lain hitam, abu-abu, atau warna netral lainnya. Kami merekomendasikan penggunaan warna abu-abu untuk pagar rumah depan minimalis modern.

Baca juga: 10 Inspirasi Cat Rumah Warna Abu-Abu yang Menawan

Pagar Rumah Depan Mewah

Pemilihan motif dan warna yang tepat dapat menciptakan kesan elegan serta mewah pada pagar rumah.
Pemilihan motif dan warna yang tepat dapat menciptakan kesan elegan serta mewah pada pagar rumah.

Pagar rumah depan mewah sering kali hadir dengan desain yang bold, baik dari sisi warna maupun motif. Sebagai contoh, banyak rumah mewah menggunakan pagar depan dengan desain rumit dari logam yang diwarnai emas.

Selain itu, tidak sedikit pagar rumah mewah yang terbuat dari logam, tetapi diberi warna abu-abu seperti batu agar berpadu sempurna dengan tiang-tiang beton megah di sekitarnya.

Adapun motif yang dapat dipilih untuk pagar rumah mewah sebenarnya cukup variatif, mulai dari motif abstrak sampai motif-motif yang merepresentasikan nilai tertentu bagi penghuninya seperti lotus.

Jangan lupa, kesan mewah perlu dijaga hingga ke elemen-elemen di balik pagar rumah. Apabila jarak antara pagar rumah dan pintu depan cukup jauh, kamu mungkin perlu menata halaman dengan bunga-bunga tertentu yang akan makin membuat hunianmu terasa mewah.

Pertimbangkan juga desain rumah secara keseluruhan serta salah satu bagian pentingnya, yaitu pintu depan. Pintu yang akan dilihat oleh semua pengunjung tersebut perlu menegaskan kesan luxurious.

Itulah beberapa inspirasi desain pagar depan rumah yang dapat kamu sesuaikan dengan konsep keseluruhan hunian. Tentukan terlebih dahulu konsep desain yang ingin kamu terapkan, lalu kamu bisa memilih desain pagar rumah yang sesuai konsep tersebut dan memberikan fungsi optimal.

Tentunya, setiap orang memiliki tujuan berbeda yang ingin dicapai saat memasang pagar rumah. Sebagian mungkin hanya memerlukan perlindungan privasi sebab tempat tinggal berada di dalam perumahan cluster dengan keamanan ketat.

Namun, beberapa dari kamu mungkin membutuhkan juga perlindungan keamanan karena rumahmu berada di jalan utama.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, kamu dapat memilih material serta desain pagar yang tepat. Tak perlu khawatir terkait pengerjaannya sebab kini ada tukang Kanggo yang terlatih dan profesional siap membantumu.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang akan menjawab berbagai kebutuhanmu terkait instalasi dan renovasi bangunan, mulai dari pemasangan pintu, perbaikan tembok, hingga renovasi rumah kecil.

Nah, bagi kamu yang mau memasang atau memperbaiki pagar depan rumah, segera hubungi tukang Kanggo sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami
Aplikasi Kanggo
Pesan Tukang Jagoan Sekarang
Download