BerandaBlog
9 Model Tangga Minimalis dan Futuristik, Percantik Hunianmu!

9 Model Tangga Minimalis dan Futuristik, Percantik Hunianmu!

Bagikan
9 Model Tangga Minimalis dan Futuristik, Percantik Hunianmu!
Agt 27, 2022

Guna memaksimalkan keterbatasan lahan yang ada, banyak orang memutuskan untuk membangun hunian dua lantai agar seluruh kebutuhan bisa terpenuhi. Dalam membangun rumah dua lantai, keberadaan tangga tentu sangat esensial bagi hunian.

Menurut Wikipedia, pengertian tangga adalah sebuah konstruksi yang dirancang untuk menjadi penghubung antara dua tingkat vertikal yang memiliki jarak satu sama lain. Kini, terdapat beragam bentuk dan model tangga yang dibuat sesuai dengan desain rumah yang sudah diterapkan. Karena estetika hunian perlu diperhatikan, keselarasan desain rumah dengan model tangga rumah juga menjadi perhatian utama. Selain itu aspek ergonomi dan pemanfaatan ruang tentunya perlu direncanakan dengan baik pula.

Jika bicara tentang tangga, yang paling sering terlihat memang hanya bagian anak tangganya, meski sebenarnya tangga memiliki beberapa bagian lain yang menopang keberadaan konstruksi tersebut. Bagian lain dari tangga yang perlu kamu ketahui antara lain ibu tangga, railing, baluster, dan bordes.

Yuk, simak inspirasi model tangga minimalis dua lantai kece dan futuristik yang bisa kamu tiru untuk hunian milikmu!

Model Tangga Minimalis Baluster Kaca

Hunian gaya modern banyak menggunakan model tangga minimalis baluster kaca. 
Hunian gaya modern banyak menggunakan model tangga minimalis baluster kaca.

Sumber: ruangarsitek.id

Model tangga dengan baluster kaca ini memang banyak ditemukan pada rumah mewah minimalis dan modern. Umumnya, baluster kaca dipadukan dengan anak tangga yang terbuat dari material marmer atau keramik.

Tapi, tenang! Saat ini telah banyak penggunaan baluster kaca yang dipadukan dengan anak tangga dari material kayu. Pada bagian atas baluster bisa kamu tambahkan railing dari material stainless steel agar menambah kesan modern pada tangga tersebut. Pastikan pula jarak anak tangga satu dengan yang lain jaraknya tidak terlalu tinggi agar nyaman ketika dilewati.

Model Tangga Minimalis Berbentuk Helix

Model tangga minimalis berbentuk helix terkenal dengan bentuk liukannya yang menawan. 
Model tangga minimalis berbentuk helix terkenal dengan bentuk liukannya yang menawan.

Sumber: www.coomberesidential.com

Contoh tangga rumah minimalis berbentuk helix biasanya digunakan pada rumah model lama atau klasik. Namun, model tangga minimalis berbentuk helix juga bisa diaplikasikan pada desain rumah modern, lho!

Tangga heliks terkenal dengan bentuk liukannya yang menawan dan kamu bisa memadukan beberapa material menjadi satu guna membuat tampilan tangga tersebut menjadi lebih menarik dan modern.

Kamu bisa membuat baluster tangga dari material besi berwarna hitam yang akan membuat tangga lebih kokoh dan modern. Supaya tangga semakin kuat, buatlah anak tangga dari material beton, ya!

Model Tangga Minimalis Multifungsi

Area kosong di bawah tangga dapat digunakan untuk rak penyimpanan. 
Area kosong di bawah tangga dapat digunakan untuk rak penyimpanan.

Sumber: vikufurniture.co.id

Apabila kamu memiliki hunian yang tidak terlalu luas, kamu bisa membuat tangga rumah yang multifungsi. Tangga rumah yang satu ini bisa kamu desain dengan minimalis dan area bawah tangga yang kosong bisa kamu pergunakan sebagai lemari penyimpanan.

Lemari ini memiliki beberapa ruang penyimpanan dengan bentuk yang menyesuaikan area yang kosong di bawah tangga. Kamu juga bisa memanfaatkan area kosong bawah tangga dengan membangun dapur mini bar di bawah tangga, lho! Desain tangga yang menarik dengan berbagai ukuran lemari yang terhubung dengan tempat memasak di bagian bawahnya akan membuatmu nyaman untuk beraktivitas di dapur.

Model Tangga Minimalis Material Kayu Bentuk Lurus

Model tangga material kayu bentuk lurus cocok untuk hunian minimalis.
Model tangga material kayu bentuk lurus cocok untuk hunian minimalis.

Sumber: ruangarsitek.id

Apakah kamu menginginkan tangga rumah yang elegan tetapi tetap minimalis? Model tangga minimalis kayu berbentuk lurus bisa kamu pilih. Bentuk dari model tangga ini memanjang ke atas tanpa adanya cabang dan belokan. Pembuatan tangga kayu lurus ini membutuhkan space yang cukup besar karena faktor kemiringannya cukup memakan tempat. Model tangga rumah ini juga tidak dianjurkan untuk dibuat terlalu tinggi atau terlalu curam karena membahayakanmu dan anggota keluarga lainnya.

Model Tangga Minimalis dengan Tempat Bersantai

Model tangga minimalis dengan tempat bersantai cocok untuk hunian yang luas. 
Model tangga minimalis dengan tempat bersantai cocok untuk hunian yang luas.

Sumber: furnizing.com

Bagi kamu yang memiliki area luas untuk membangun tangga, manfaatkan area tersebut sebagai tempat bersantai. Model tangga minimalis ini disertai dengan anak tangga berukuran besar di bagian bawahnya sehingga kamu bisa menjadikan anak tangga tersebut layaknya tempat duduk.

Kamu bisa membuat tangga ini di dekat jendela rumah minimalis berukuran besar agar semakin sempurna waktu bersantaimu bersama keluarga. Kamu juga bisa menambahkan cushion warna-warni agar area tangga tempat bersantai menjadi lebih nyaman.

Model Tangga Minimalis Gantung Tanpa Railing

Anak tangga pada model tangga gantung tanpa railing ini dibuat seolah melayang tanpa rangka.
Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
Anak tangga pada model tangga gantung tanpa railing ini dibuat seolah melayang tanpa rangka.

Sumber: furniterus.com

Desain tangga kayu gantung satu ini terlihat sangat modern, kan? Anak tangganya dibuat seolah tanpa rangka dan tampak melayang. Model tangga melayang ini sering disebut tangga kantilever.

Tangga kantilever dibuat tidak bersudut lancip pada ujung di setiap anak tangganya sehingga tangga ini terkesan luwes. Tidak adanya railing pada susunan anak tangga ini menambah kesan unik dan futuristik.

Model Tangga Minimalis Gaya Industrial

Material baja dan kayu pada model tangga gaya industrial ini dibuat menonjol.
Material baja dan kayu pada model tangga gaya industrial ini dibuat menonjol.

Sumber: courtina.id

Kesederhanaan rumah modern terkadang mengadopsi konsep industrial dengan ornamen-ornamen unfinished-nya, misalnya saja pada desain tangga kayu yang satu ini. Anak tangga kayu yang dibuat unfinished dan dipadukan dengan material besi membuat model tangga besi terbaru ini sangat menonjol.

Baluster tangga model industrial di atas juga dibuat lurus membentuk desain tangga dan terbuat dari material besi sehingga menambah kesan industrial pada tangga minimalis satu ini.

Model Tangga Minimalis Bentuk Spiral

Model tangga minimalis bentuk spiral sudah sejak dulu digunakan dalam berbagai jenis rumah.
Model tangga minimalis bentuk spiral sudah sejak dulu digunakan dalam berbagai jenis rumah.

Sumber: www.rumahpermai.com

Model tangga spiral sebenarnya sudah sejak lama digunakan dalam berbagai gaya rumah. Namun, kebanyakan model tangga ini digunakan sebagai akses untuk naik ke loteng rumah atau tempat menjemur pakaian.

Dengan berkembangnya konsep interior minimalis, kini model tangga minimalis ruang sempit ini cocok untuk kamu gunakan sebagai akses naik ke lantai dua pada hunianmu yang tidak luas.

Selain untuk menguatkan tampilan minimalis pada hunian, jenis tangga yang satu ini juga awet, ergonomis, dan harga materialnya ekonomis karena terbuat dari besi.

Jika kamu memilih model tangga spiral, pastikan untuk memilih material yang berkualitas tinggi, ya! Pasalnya, material dengan kualitas yang baik, tentu akan menjamin tingkat keselamatan penggunanya.

Model Tangga Minimalis Gaya Kontemporer

Tangga bergaya kontemporer ini biasanya menempel pada dinding, dan banyak digunakan di hunian berkonsep minimalis.
Tangga bergaya kontemporer ini biasanya menempel pada dinding, dan banyak digunakan di hunian berkonsep minimalis.

Sumber: lucsio.blogspot.com

Desain tangga rumah minimalis gaya kontemporer adalah desain tangga yang paling sering kamu temukan di rumah atau apartemen mewah. Ciri khas dari desain tangga rumah ini adalah baluster (pagar tangga) menggunakan material kaca. Sedangkan material yang digunakan pada anak tangganya terbuat dari material kayu oak agar tidak licin. Terkadang di beberapa hunian berkonsep kontemporer tangga ini ditambahkan ambience lampu di bagian anak tangganya.

Tangga rumah ini biasanya ditempatkan menempel pada dinding dan tidak menjadikan focal point ruangan. Lebar tangga yang dibuat pun sesuai dengan proporsi bangunan rumah. Jika rumahmu tidak terlalu luas, kamu bisa memilih model tangga L yang berbelok.

Baca Juga: 7 Ide Tangga Minimalis agar Hunian Makin Elegan

Tips Memilih dan Menentukan Model Tangga Minimalis Hunian

Dengan adanya banyaknya permintaan masyarakat akan tangga minimalis untuk konsep hunian mereka, kini tangga minimalis telah dibuat dengan berbagai macam model yang unik dan menarik. Keunikan dari model tangga minimalis ini membuat rumahmu tampak lebih indah, menarik, dan futuristik.

Berikut ini terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui agar tidak salah memilih model tangga minimalis untuk hunianmu, antara lain:

Pilihlah Material Tangga Sesuai dengan Kebutuhan

Tangga bisa saja dibuat dari material kayu, keramik, besi, beton, batu atau yang lainnya. Bahan yang kamu pilih harus disesuaikan dengan kebutuhan desain, estetika, dan keamanan tangga tersebut. Apabila rumahmu berkonsep minimalis, sebaiknya menggunakan tangga dari material besi atau kayu agar menghemat ruang.

Atur Jarak antar Anak Tangga

Hal yang tidak kalah penting dalam mendesain tangga rumah minimalis adalah jarak antar anak tangga. Kamu perlu memperhatikan desainnya agar tidak menimbulkan kesan sempit. Namun, kamu juga tidak bisa membuat desain anak tangga yang memiliki jarak cukup tinggi karena akan berpengaruh terhadap jarak kaki saat melangkah. Jarak ideal antar anak tangga berkisar antara 15 cm hingga 19 cm. Ukuran tersebut sudah cukup aman dan nyaman untuk dilewati anak kecil hingga orang dewasa.

Buat Anak Tangga yang Tidak Curam

Meskipun disarankan untuk membuat tangga yang tidak terlalu memakan ruang untuk hunian minimalis, kamu juga harus memperhatikan keselamatanmu dan anggota keluarga lainnya. Pasalnya, tangga yang terlalu curam dan sempit sangat berbahaya saat dilewati.

Tidak disarankan memilih model tangga minimalis yang tingkat kemiringannya lebih dari 45 derajat karena dapat terjadi kecelakaan, apalagi untuk kamu yang memiliki anak kecil.

Apabila kamu sudah telanjur menggunakan model tangga rumah yang curam, kamu dapat menambahkan railing agar kamu dan anggota keluarga lainnya dapat melintasinya secara aman. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan model tangga spiral yang tidak terlalu membutuhkan banyak ruang.

Sesuaikan Model Tangga dengan Konsep Rumah

Untuk menciptakan suatu keindahan desain rumah baik interior maupun eksterior, kamu perlu menciptakan suatu keseimbangan dan keselarasan desain tangga. Diharapkan model tangga yang selaras dengan konsep hunianmu akan mampu memberikan kesan manis pada desain keseluruhan rumah.

Dari kesembilan model tangga minimalis di atas, mana yang ingin kamu terapkan di hunian milikmu? Apabila sudah menentukan pilihan, kamu bisa berdiskusi dengan arsitektur dan desainer interior supaya mendapatkan model tangga minimalis yang benar-benar sempurna untuk rumah impianmu. Semoga sembilan model tangga minimalis tadi bisa menginspirasi kamu, ya!

Kini, kamu tak perlu bingung jika ingin merenovasi rumahmu. Kamu bisa menghubungi tim profesional dari Kanggo untuk membantu pengerjaannya.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan terkait hunianmu, mulai dari renovasi rumah, pemasangan plafon, pemasangan dan perbaikan pintu, pemasangan keramik, instalasi listrik, hingga perbaikan dapur.

Tukang Kanggo yang profesional telah dibekali berbagai keterampilan sehingga kualitas pengerjaan renovasi, termasuk mewujudkan hunian impianmu dan dijamin akan memberikan hasil yang maksimal.

Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk segera unduh aplikasi Kanggo di Google Play Store atau App Store dan konsultasikan kebutuhanmu dengan konsultan profesional dari Kanggo! #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami