BerandaBlog
5 Model Meja Dapur Granit, Unik dan Tampak Mewah

5 Model Meja Dapur Granit, Unik dan Tampak Mewah

Bagikan
5 Model Meja Dapur Granit, Unik dan Tampak Mewah
Des 12, 2022

Meja dapur granit telah menjadi salah satu elemen yang banyak dicari. Hal tersebut sebetulnya tidak mengherankan karena granit bisa mengubah tampilan dapur yang awalnya sederhana menjadi tampak elegan, bahkan tampak lebih mewah. Granit adalah batuan beku berwarna dengan butiran yang cukup besar sehingga dapat langsung terlihat dengan mata. Sebagai batu alam, granit merupakan bahan yang cukup keras. Karena itu, bahan granit cukup sering dipilih sebagai bahan countertop atau meja dapur. Sebetulnya, apa saja keunggulan dan model meja dapur granit? Simak di bawah sini!

Keunggulan Meja Dapur Granit

Granit merupakan material yang durable sehingga dapat diandalkan untuk meja dapur.

Tentunya, bukan tanpa alasan batu granit kerap dipilih sebagai bahan meja dapur. Berikut ini beberapa keunggulan meja dapur atau countertop berbahan granit.

1. Tahan Goresan

Salah satu keunggulan utama meja granit ialah bahannya sangat tahan lama sebab tahan terhadap goresan. Granit termasuk material terkeras kedua di dunia, setelah berlian.

Meskipun begitu, kamu tetap perlu menggunakan talenan untuk memotong makanan karena pisau yang tajam masih dapat merusak granit. Dengan pemasangan dan penggunaan yang benar, meja granit akan bertahan selama beberapa dekade.

2. Harganya Terjangkau

Banyak orang yang keliru menganggap granit sama dengan marmer. Keduanya bahan yang berbeda. Tak seperti marmer, meja granit relatif lebih terjangkau.

3. Tahan Panas

Menariknya lagi, countertop granit bersifat tahan panas. Jadi, kalau kamu tak sengaja menaruh panci atau wajan panas di atasnya, meja granit tak akan rusak. Namun, jika ingin meja dapur tersebut lebih awet, tentu sebaiknya selalu gunakan alas.

4. Mudah Dibersihkan

Saat ada makanan atau minuman tumpah di atas meja dapur berbahan granit, kamu bisa membersihkannya dengan air atau air sabun. Jika terlanjur mengering, kamu dapat mengikis kotoran secara perlahan. Umumnya, kotoran bisa terangkat.

Apabila countertop granit dilapisi sealant, meja dapur bahkan cenderung tahan terhadap noda. Jadi, kotoran pun akan makin sulit menempel di meja dapur berbahan granit.

5. Unik

Setiap potongan granit memiliki karakter atau motif yang unik sehingga dijamin tidak ada yang mempunyai countertop dengan motif sama persis seperti milikmu.

Model Meja Dapur Granit

Kamu dapat menggunakan granit pada kitchen set atau kitchen island. 

Sumber: Home Designing

Setelah mengetahui keunggulan meja dapur granit, apakah kamu tertarik menggunakannya? Kalau begitu, intip beberapa inspirasi model meja dapur granit yang telah kami siapkan di bawah ini!

Meja Dapur Granit Putih

Meja dapur granit putih sangat versatile sehingga kamu dapat mengaplikasikannya pada berbagai konsep desain. 

Sumber: Home Designing

Beberapa dari kamu mungkin bertanya, mengapa memilih meja dapur granit putih? Terkait keunggulan granit sudah dibahas sebelumnya. Jadi, kamu tentu sudah tahu alasan di balik pemilihannya.

Lalu, mengapa warna putih? Sebetulnya jawabannya cukup sederhana, meja dapur berwarna putih tak lekang oleh waktu. Mengingat granit cukup tahan lama, tentu kamu perlu menentukan warna yang tak tampak ketinggalan zaman pada tahun-tahun mendatang.

Tak hanya itu, meja dapur granit putih juga dapat dipadukan dengan berbagai konsep desain. Kamu bisa menggunakannya di dapur bernuansa klasik, country, tradisional, hingga modern minimalis.

Baca juga: Intip Model Dapur Minimalis Modern Terbaru di Sini!

Meja Dapur Granit Hitam

Penggunaan warna hitam untuk countertop dapat membuat dapur terasa berkarakter.

Sumber: Houzz

Sebagian orang khawatir meja dapur yang berwarna hitam akan membuat ruangan terlalu gelap atau terasa lifeless. Padahal, penggunaan meja dapur granit hitam justru akan membuat ruangan terasa bold dan berkarakter.

Di samping itu, countertop hitam juga mudah dikombinasikan dengan aneka warna furnitur. Untuk menghasilkan tampilan modern dan dramatis, kamu dapat mengombinasikan meja dapur granit hitam dengan kitchen cabinet berwarna putih.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Apabila kamu menginginkan ruangan terasa lebih ceria, kamu bisa memadukan countertop granit yang berwarna hitam dengan furnitur dapur berwarna cerah.

Meja Dapur Granit Cream

Untuk menghasilan dapur dengan nuansa hangat, kamu bisa menggunakan meja dapur granit berawarna cream.

Sumber: Houzz

Bagaimana bila kamu menginginkan suasana dapur yang terasa hangat? Meja dapur granit cream jawabannya. Meja dapur berwarna cream bisa menghadirkan warm ambience dan kesan elegan yang sangat disukai oleh kebanyakan pemilik rumah.

Menariknya, dengan penggunaan warna cream, kamu tidak hanya leluasa dalam memadukan warna perlengkapan dapur, tetapi juga sangat fleksibel dalam mengombinasikan material.

Material kayu, batu, hingga metal terlihat cantik bersanding dengan kitchen island berwarna cream. Karakternya versatile seperti warna putih, tetapi kesan yang diciptakan lebih hangat sehingga pas sekali untuk latar keluarga makan bersama.

Meja Dapur Granit 60×60 cm

Ukuran meja dapur yang lebih pendek akan menyediakan area gerak yang lebih luas di sisi tertentu. 

Sumber: Houzz

Dalam beberapa poin sebelumnya, pembahasan model meja dapur granit lebih fokus pada warna. Padahal, beberapa dari kamu mungkin ada yang ingin mengetahui pemilihan countertop terkait ukuran.

Meskipun granit dapat digunakan pada permukaan kitchen set, pembahasan terkait penggunaan granit cukup banyak yang berfokus pada kitchen island. Maka dari itu, kali ini mari kita batasi pembahasannya pada kitchen island saja.

Umumnya, kitchen island dibuat memanjang sejajar dengan panjang kitchen cabinet yang menempel pada dinding. Namun, sebetulnya kamu memiliki opsi untuk membuat meja dapur granit 60×60 cm, lho.

Keuntungannya, kamu bisa memiliki area gerak yang lebih luas di sisi tertentu, misalnya di sisi bak cuci atau di sisi kompor, tergantung peletakkan meja dapur tersebut.

Bentuknya yang persegi juga membuatmu lebih leluasa saat menyantap makanan seperti saat sarapan yang lazim dilakukan dengan cepat di kitchen island.

Baca juga: Tips Menemukan Ukuran Meja Makan yang Ideal. Cek di Sini!

Nah, berdasarkan pembahasan di atas, ternyata ada baragam model meja dapur granit yang dapat kamu gunakan. Keunggulan dan ketersediaannya dalam aneka warna memang membuat granit sangat menarik dijadikan pilihan sebagai material meja dapur.

Apakah kamu tertarik menggunakan meja dapur granit, tetapi countertop dapurmu saat ini sudah menggunakan material lain? Tenang saja, kamu selalu dapat melakukan renovasi atau home improvement.

Kalau kamu sudah mengetahui bentuk dan warna meja granit yang akan kamu pilih, kamu tinggal menghubungi tukang Kanggo untuk melakukan renovasi dapur.

Kanggo adalah aplikasi tukang bangunan online yang siap menjawab berbagai kebutuhan terkait bangunan, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, hingga renovasi dapur.

Kamu bisa memesan jasa tukang Kanggo melalui aplikasi yang bisa diunduh melalui App Store atau Google Play Store. Nikmati dan rasakan kemudahan renovasi hunian bersama Kanggo.

Dengan aplikasi Kanggo, cari tukang yang terlatih dan profesional jadi praktis. Yuk, coba Kanggo sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami