BerandaBlog
Cara Cepat Mengatasi Saluran Paralon Mampet, Anti Repot!

Cara Cepat Mengatasi Saluran Paralon Mampet, Anti Repot!

Bagikan
Cara Cepat Mengatasi Saluran Paralon Mampet, Anti Repot!
Mar 6, 2022

Cara mengatasi saluran paralon mampet bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Pipa paralon yang mampet memang bisa menimbulkan masalah di rumah. Mulai dari saluran air yang tersumbat, bau tak sedap, sampai resiko kebocoran pipa.

Jadi sebelum masalah semakin membesar, Anda perlu untuk mengatasinya segera. Anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan bahan yang simpel. Bahan-bahan tersebut dapat Anda dapatkan dengan mudah dan harga yang relatif terjangkau.

Apa saja bahan-bahan tersebut dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini, ya!

Mengatasi Saluran Paralon Mampet, Simak Caranya

Berikut cara dan bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi saluran paralon yang mampet:

Selang Air

Cara paling mudah untuk masalah saluran paralon yang mampet adalah menggunakan selang air. Masukkan selang air ke dalam paralon yang mampet tersebut. Lalu aliri air ke dalam paralon melalui selang dari kran terdekat.

Cara ini dapat Anda gunakan jika kotoran yang menyumbat paralon tidak terlalu banyak. Atau kotoran tersebut bukan jenis yang terlalu melekat hingga sulit untuk dibersihkan menggunakan selang air saja.

Mengatasi Saluran Paralon Mampet dengan Minuman Karbonasi

Anda dapat menggunakan minuman karbonasi atau bersoda untuk atasi saluran paralon mampet. Minuman karbonasi memiliki kandungan yang dapat mengangkat kotoran pada pipa paralon. Anda hanya perlu menuangkan dua liter minuman karbonasi ke dalam saluran paralon.

Kemudian diamkan selama dua jam agar minuman karbonasi bekerja dengan baik. Setelah itu, siram pipa paralon dengan air sampai bersih.

Lemon, Baking Soda, dan Cuka

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Jika Anda memiliki ketiga bahan ini di dapur, Anda bisa memanfaatkannya untuk atasi saluran paralon yang mampet. Lemon, baking soda, dan cuka memiliki kandungan yang dapat mengangkat kotoran serta lemak. Cocok digunakan untuk membersihkan kotoran yang menyumbat pada saluran paralon.

Cara mengatasi saluran paralon mampet dengan ketiga bahan ini pun mudah. Anda hanya perlu mencampurkan ketiga bahan tersebut, lalu masukkan pada saluran paralon. Diamkan selama beberapa saat, kemudian siram dengan air.

Tali dan Plastik

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan tali dan plastik. Siapkan plastik dan gulung seukuran diameter paralon. Lalu siapkan tali sepanjang pipa paralon yang tersumbat, kalau bisa lebih panjang untuk jaga-jaga.

Ikat gulungan plastik menggunakan tali yang sudah Anda siapkan. Masukkan gulungan plastik dan tali ke dalam pipa paralon. Anda bisa mengaliri paralon dengan air untuk membantu plastik dan tali terdorong sampai ujung paralon.

Begitu gulungan plastik sudah muncul di ujung satunya, Anda bisa menarik tali secara perlahan. Tali ini akan menarik kotoran yang menyumbat pada saluran paralon. Cara ini cocok Anda gunakan untuk pipa paralon yang bentuknya tegak lurus.

Kapan Harus Ganti Pipa Paralon Baru?

Saluran paralon yang mampet memang bisa Anda atasi sendiri menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan. Namun jika kerusakan terus terjadi, bahkan sampai terjadi kebocoran, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengganti dengan pipa yang baru.

Tidak punya waktu untuk atasi saluran paralon yang mampet sendiri? Atau ingin ganti pipa paralon dengan yang baru tapi tidak tahu caranya?

Tidak usah bingung. Panggil saja tukang di Kanggo. Di Kanggo, ada banyak tukang berpengalaman yang siap membantu atasi masalah saluran paralon di rumah Anda. Mau perbaiki saluran yang mampet atau ganti pipa, semua bisa dilakukan.

Jadi, serahkan saja urusan tersebut pada tukang di Kanggo yang tahu pasti cara mengatasi saluran paralon mampet. Download segera aplikasinya di perangkat Anda.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami