BerandaBlog
7 Jenis Material untuk Meja Dapur Minimalis, Mana yang Paling Keren?

7 Jenis Material untuk Meja Dapur Minimalis, Mana yang Paling Keren?

Bagikan
7 Jenis Material untuk Meja Dapur Minimalis, Mana yang Paling Keren?
Des 2, 2022

Membuat meja dapur minimalis haruslah mempertimbangkan material yang digunakan di dalamnya. Sebab, meja dapur ini nantinya akan digunakan untuk aktivitas memasak seperti memotong, menyiapkan bahan, hingga tempat untuk menata makanan.

Selain itu, meja dapur juga bisa digunakan untuk menyimpan peralatan memasak yang terkadang harus disimpan dalam keadaan panas. Itulah sebabnya meja dapur yang akan dibuat mesti memiliki ketahanan yang baik terhadap dingin, panas, ataupun goresan.

Di bawah ini, sudah kami rangkum beberapa material yang bisa kamu gunakan untuk membuat meja dapur minimalis yang cantik untuk hunian kamu.

Meja Dapur Minimalis Modern

Keramik bisa jadi salah satu material yang cocok untuk membuat meja dapur yang kuat dan kokoh.

Sumber: Tile Craft

Keramik merupakan salah satu material yang bisa disulap menjadi meja dapur minimalis modern yang kekinian. Keramik memiliki berbagai macam motif yang bisa kamu sesuaikan dengan tampilan dapur kamu.

Selain itu, menggunakan keramik untuk melapisi meja dapur juga bisa melindungi meja dari panas dan juga goresan. Hal lai yang membuat keramik menjadi material yang cukup banyak digemari adalah karena harganya yang terjangkau dibandingkan dengan material lain.

Jadi, kamu tetap bisa mendapatkan tampilan meja dapur yang cantik tanpa harus menguras kantong terlalu dalam.

Berbahan Kayu

Meja dapur dari kayu untuk memberikan tampilan alami di dalam rumah.

Jenis material selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah meja dapur minimalis dari kayu. Kayu merupakan material yang tidak menghantarkan panas, sehingga aman digunakan sebagai material pembentuk meja dapur.

Selain itu, kayu cenderung mudah dibersihkan dan bisa bertahan lama jika kamu bisa merawatnya dengan baik. Tampilan yang dihasilkan dari material kayu juga bisa memberi suasana hangat di area dapur, sehingga aktivitasmu bersama anggota keluarga di sini akan semakin nyaman.

Apalagi, kamu bisa memadupadankan material kayu dan material lainnya dengan lebih mudah. Tampilan dapur pun akan terlihat lebih menarik dan tentunya menyegarkan pandangan kamu.

Baca juga: Inspirasi Dapur Kecil, Sederhana dan Tetap Juara

Berbahan Granit

Kombinasikan interior dapur dengan warna-warna yang mencolok agar dapur terlihat lebih berwarna.

Sumber: Home Designing

Meja dapur minimalis granit juga menjadi salah satu meja dapur yang cukup populer digunakan. Pasalnya, granit menjadi material yang kuat dan juga mampu meningkatkan nilai terhadap hunian tersebut. Sebab, granit dikenal memiliki harga yang cukup mahal sama seperti material marmer.

Akan tetapi, material granit mampu bertahan terhadap suhu panas dan juga goresan, sehingga jika meja dapur dilapisi dengan granit, kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu sering untuk menjaga dan melakukan perawatan agar meja dapur tidak rusak.

Granit juga mempunyai berbagai warna dan tipe yang bisa menghasilkan warna dan bentuk meja dapur yang berbeda-beda. Semua bisa kamu sesuaikan dengan konsep yang ingin kamu tampilkan pada dapur rumah kamu.

Meja Dapur Minimalis Hitam

Tampil elegan dengan meja dapur berwarna hitam.

Sumber: Home Designing

Warna hitam yang diaplikasikan pada rumah tidak selalu terlihat menyeramkan, lho! Meja dapur minimalis hitam ini merupakan salah satu contohnya. Pemilihan seluruh material mulai dari peralatan dapur, countertop, hingga dinding dapur yang berwarna hitam memberi kesan dapur minimalis yang elegan.

Ada banyak material berwarna hitam yang bisa kamu pilih sebagai pelapis meja dapur rumahmu, misalnya granit, marmer, kuarsa, solid surface, hingga keramik. Masing-masing material tersebut memiliki motif, harga, dan ketahanan yang berbeda. Oleh karena itu, kamu perlu memperhitungkan tampilan dan kebutuhan dapur rumahmu dengan baik sebelum membeli material-material tersebut.

Kamu juga bisa menambahkan dekorasi lampu berwarna kuning yang tidak terekspos agar pantulan cahayanya bisa membuat dapur terasa lebih hangat. Menarik, bukan?

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Berbahan Marmer

Gunakan marmer untuk menampilkan motif yang berbeda pada meja dapur minimalismu.

Material lain yang bisa diaplikasikan pada meja dapur adalah marmer. Marmer memiliki keunikan tersendiri pada guratan-guratannya, sehingga setiap material marmer yang digunakan pasti akan menghasilkan tampilan yang berbeda antara satu dan lainnya. Tampilan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi hunian kamu. Dengan begitu, meja dapur yang kamu miliki tidak akan bisa ditemui pada dapur-dapur lainnya.

Seperti halnya granit, penggunaan marmer juga mampu meningkatkan nilai pada hunian, lho. Marmer memiliki sifat anti noda dan tahan terhadap panas, sehingga cocok untuk diaplikasikan pada meja dapur.

Namun, karena harga marmer tergolong mahal, kamu perlu benar-benar mempersiapkan anggarannya dengan baik agar tidak over budget nantinya.

Baca juga: 13+ Inspirasi Desain Dapur Mini Bar Stylish dan Aesthetic

Berbahan Besi

Material besi yang dikemas sedemikian rupa juga bisa menghasilkan tampilan meja dapur jadi menawan.

Sumber: 99

Meja dapur minimalis dari besi atau stainless steel juga bisa menghasilkan tampilan dapur yang indah, hlo! Kamu hanya perlu mengombinasikan meja dapur dengan menutup bagian atas meja dapur menggunakan material besi untuk melindungi meja dari panas dan goresan.

Dengan melapisinya seperti pada gambar di atas, kamu tidak akan kehilangan kesan elegan pada dapur tapi tetap mendapatkan meja dapur yang kuat dan tahan lama.

Namun, material besi atau stainless steel yang digunakan menimbulkan suara yang berisik dan tidak semua orang memiliki toleransi-toleransi tinggi terhadap suara yang dihasilkan.

Meja Dapur Minimalis Terbaru

Manfaatkan beton ekspos untuk membuat meja dapur yang kekinian.

Sumber: Orami

Membuat meja dapur minimalis terbaru tidak selalu membutuhkan material-material yang mahal. Dengan mengaplikasikan beton ekspos, kamu bisa mendapatkan meja dapur yang kokoh dan tahan terhadap panas.

Material ini sering ditemui pada hunian dengan konsep unfinished atau industrial. Umumnya, material yang dipilih bukanlah material yang biasa dipakai untuk membuat jalan, tapi merupakan jenis pelat beton yang lebih halus sehingga aman untuk diaplikasikan pada dapur rumah kamu.

Selain menjaga meja dapur dari panas dan goresan, tekstur yang ada pada material beton ini juga memberi tampilan yang berbeda pada dapur.

Berbeda dengan keramik, jika salah satu bagian meja beton ini ada yang retak atau rusak, kamu harus mengganti keseluruhan meja dapur ini. Oleh karena itu, perlu pemasangan dan perawatan khusus agar meja beton ini tidak mudah retak.

Baca juga: Intip Model Dapur Minimalis Modern Terbaru di Sini!

Sudah pilih material yang sesuai dengan kebutuhanmu tapi bingung mengaplikasikannya ke dapur rumah? Panggil tukang terlatih dan terpercaya dari Kanggo untuk segala layanan pekerjaan perbaikaan dapur. Aplikasi Kanggo disiapkan untuk menghubungkan kamu dengan tukang yang memiliki berbagai keahlian, seperti instalasi listrik, perbaikan pintu atau jendela, pengecatan , pasang keramik dan berbagai pekerjaan renovasi lainnya.

Nikmati kemudahan melakukan pekerjaan bangunan bersama Kanggo. Tinggal klik, besok tukang pasti datang. Yuk, unduh aplikasinya di PlayStore atau App Store sekarang!

 

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami