BerandaBlog
5 Material Meja Akuarium Minimalis yang Bisa Kamu Pilih!

5 Material Meja Akuarium Minimalis yang Bisa Kamu Pilih!

Bagikan
5 Material Meja Akuarium Minimalis yang Bisa Kamu Pilih!
Des 31, 2022

Memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang menyenangkan. Terdapat banyak jenis hewan yang bisa dijadikan peliharaan. Salah satunya adalah ikan hias. Memang mengoleksi berbagai macam ikan hias menjadi hobi bagi sebagian orang. Bahkan mereka rela mengeluarkan bujet lebih untuk mendapatkan ikan hias jenis tertentu dengan harga yang cukup fantastis. Selain dapat membuat kolam ikan minimalis depan rumah, kamu juga bisa membeli berbagai macam bentuk akuarium sebagai interior rumah minimalis sekaligus menjadi rumah untuk ikan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa memesan meja khusus untuk meletakkan akuarium atau akuarium berbentuk meja yang multifungsi. Kini, telah banyak model meja akuarium minimalis yang dijual di pasaran, tentunya dengan material dan harga yang bervariasi.

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari meja untuk meletakkan akuarium, di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi yang bisa menjadi referensi kamu.

Meja Akuarium Minimalis dari Besi

Meja aquarium minimalis dari besi sangat kokoh, kuat, dan awet.

Sumber: Wayfair

Meja akuarium minimalis dari besi seperti di atas mungkin cocok untuk kamu gunakan. Selain tampilan yang menarik, material besi merupakan komponen yang keras dan kuat sehingga bisa digunakan jangka panjang. Jika rumah kamu mengusung konsep industrial, penggunaan komponen besi bisa jadi pilihan yang tepat.

Model besi juga cocok untuk dimodifikasi menjadi meja akuarium dua tingkat. Kamu tinggal menambahkan satu akuarium lagi pada posisi bawahnya, tapi dengan memperhatikan ukuran akuarium karena posisi di bawahnya lebih kecil.

Baca juga: 7 Inspirasi Rak TV Minimalis yang Cocok untuk Segala Jenis Hunian

Meja Akuarium Minimalis dari Kayu

Meja aquarium minimalis dari kayu sangat cocok digunakan pada hunian bergaya Japandi.

Sumber: Wayfair

Kayu merupakan material yang paling banyak digunakan untuk membuat meja akuarium minimalis. Jika rumah kamu mengusung konsep Japandi yang dominan unsur natural pada furnitur interior, pemilihan meja akuarium minimalis dari kayu sangatlah tepat. Pilihlah material kayu yang kuat dan kokoh seperti kayu jati dan mahoni.

Berikut ini terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu dapat ketika menggunakan material kayu pada meja akuarium, antara lain:

  • Kayu memiliki nilai estetika yang tinggi.
  • Beragam tekstur kayu sehingga dapat dipilih sesuai selera.
  • Tampilan furnitur dari material kayu sangat menarik secara visual.

Meja Akuarium Minimalis dari Baja dan Kaca

Sumber: Wayfair

Model meja akuarium minimalis selanjutnya yang menarik untuk dijadikan referensi yaitu meja akuarium berbahan dasar baja dan kaca. Perpaduan dua material ini menghasilkan desain meja akuarium minimalis yang modern dan elegan. Pasalnya penggunaan baja yang dilapisi cat PVC warna putih pada bagian kaki-kaki meja membuatnya tampak mengilap. Sedangkan pada bagian atas akuarium terdapat kaca bening yang membuat orang bisa melihat isi akuarium dengan jelas. Bukan hanya itu, tampilan meja akuarium minimalis ini semakin menarik karena meja akuarium ini bisa untuk meletakkan minuman dan makanan di kaca atas akuarium.

Baca juga: 9 Dekorasi Kamar Aesthetic, Simple, dan Low Budget

Meja Akuarium Minimalis HPL

Material HPL bisa kamu jadikan pilihan meja aquarium karena materialnya tahan api dan anti bakteri.

Sumber: Wayfair

HPL kepanjangan dari High Pressure Laminate atau kayu yang telah dilaminasi tekanan tinggi sehingga menciptakan lembaran yang sangat padat dan keras. Material HPL bisa kamu jadikan pilihan dalam membuat meja akuarium karena materialnya tahan api dan anti bakteri.

Karena akuarium berhubungan langsung dengan air, terkadang cipratan air tersebut tersebut menghadirkan kesan lembab dan mengundang bakteri. Untungnya, meja akuarium minimalis dari HPL ini cenderung lebih mudah dibersihkan dan tahan terhadap air dalam jangka panjang, ya.

Meja Akuarium Minimalis dari Kaca

Sumber: Wayfair

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Material kaca memang tidak pernah gagal untuk menampilkan kesan minimalis dan modern pada suatu hunian sehingga kamu bisa menggunakan meja akuarium berbentuk kubus seperti gambar di atas. Bagian atasnya ada papan kaca yang berukuran lebih besar. Fungsi papan kaca tersebut untuk menutup akuarium sekaligus menjadi tempat meletakkan minuman atau makanan. Meja akuarium ini terlihat sempurna tanpa ada kerangka pada sisi-sisinya sehingga tidak ada yang menghalangi pemandangan ke isi akuarium tersebut. Filter akuarium ini berada di bagian bawah meja dan ditutupi dengan material yang tidak tembus pandang.

Baca juga: 11+ Miliki Model Meja Makan Minimalis yang Space Saving

Meja Akuarium Minimalis Kaca dan Kayu

Sumber: Pinterest

Pernahkah kamu membayangkan memasak di dapur ditemani dengan ikan-ikan yang cantik di dalam akuarium? Adanya terobosan baru yakni model meja dapur yang dilengkapi dengan adanya akuarium di bawahnya maka kegiatan memasak pun akan lebih menyenangkan, lho! Material yang dipakai yaitu perpaduan antara kaca dan kayu. Tentunya kombinasi kedua material ini membuat meja akuarium minimalis ini terlihat sangat moden dan cantik.

Berdasarkan letaknya, ukuran akuarium satu ini memang relatif besar. Peletakan akuarium ini hanya di sisi sebelah kiri saja. Sedangkan sisi lainya bisa kamu gunakan untuk menyimpan bahan-bahan makanan dan minuman. Agar tampilan akuarium lebih futuristik, kamu bisa menambahkan lampu neon berwarna biru untuk pencahayaanya, ya.

Baca juga:9 Dekorasi Ruang TV, Berikan Visual Interior yang Ciamik!

Tips Merawat Meja Akuarium Minimalis

Selain memelihara dan merawat akuarium, kamu jangan lupa merawat mejanya juga ya! Perawatan meja akuarium ini bergantung pada jenis materialnya. Berikut ini sejumlah tips memeliharanya agar estetika terjaga berdasarkan materialnya.

Akuarium Logam

Meja akuarium dari bahan logam cukup mudah dibersihkan, kok! Meja akuarium dari baja atau aluminium biasa hanya perlu dilap mingguan dengan kain microfiber yang lembab untuk menghilangkan noda air dan debu.

Akuarium MDF, Particleboard, dan Plywood Stand

Kebanyakan meja akuarium dari material MDF, Particleboard, dan Plywood Stand memiliki rak di dalamnya. Kamu perlu mengelap bagian dalamnya untuk menghilangkan debu dan bekas tetesan air. Gunakan kain lembab untuk pekerjaan tersebut. Setelah itu lap dengan kain kering, ya. Bagian luar kabinet bisa kamu bersihkan dan dipoles kembali untuk menambah kilau. Namun, jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke meja akuarium karena material ini akan menyerap cairan pembersih tersebut. Lebih baik semprotkan cairan pembersih ke kain lalu seka ke meja akuarium.

Akuarium Kayu Solid

Meja akuarium dari kayu solid harus dirawat seperti halnya furnitur kayu lainnya. Cara merawat meja akuarium dari material ini sangatlah mudah yaitu seka percikan atau tetesan air yang mengenai meja agar tidak meninggalkan noda. Aplikasikan produk perawatan kayu setiap beberapa minggu sekali agar kayu tidak mengering dan tetap terlihat bagus, ya.

Nah, apakah kamu sudah menemukan model meja akuarium minimalis yang cocok untuk diletakkan di rumahmu? Adanya beragam desain meja akuarium saat ini, pilihlah model yang sesuai dengan konsep hunianmu. Kalau sudah, bersiaplah menata akuarium tersebut, misalnya mulai dari pemilihan ikan hias, tanaman air, dan dekorasi lainnya. Jangan lupa juga untuk merawat kebersihan akuariumnya, ya!

Jika kamu membutuhkan tukang untuk membantu melakukan home improvement, kamu bisa menghubungi Kanggo dan biarkan mereka menangani pengerjaan bangunan rumah kamu.

Kamu bisa menghubunginya melalui aplikasi yang bisa kamu unduh via App Store atau Google Play Store. Nikmati dan rasakan kemudahannya bersama Kanggo. Dengan adanya aplikasi Kanggo, sekarang cari tukang yang terlatih dan profesional menjadi mudah, tinggal klik, besok tukang akan datang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami