BerandaBlog
Macam-Macam Bentuk Atap Rumah yang Terbaik dan Anti Mainstream

Macam-Macam Bentuk Atap Rumah yang Terbaik dan Anti Mainstream

Bagikan
Macam-Macam Bentuk Atap Rumah yang Terbaik dan Anti Mainstream
Feb 23, 2022

Terdapat macam-macam bentuk atap rumah yang dapat Anda gunakan pada hunian. Atap bukan hanya berguna untuk melindungi rumah dari panas dan hujan. Namun juga memiliki unsur estetika sehingga dapat memperindah tampilan rumah Anda.

Karena itu, Anda perlu memperhatikan bentuk dan model saat memilih atap rumah. Pastikan atap yang Anda pilih cocok dengan bentuk rumah secara keseluruhan. Agar Anda tidak salah pilih atap, simak dulu apa saja macam-macam bentuknya dibawah ini.

Baca Juga: Keunggulan Rangka Baja Ringan untuk Atap Miring

Macam-Macam Bentuk Atap Rumah

Sebenarnya ada banyak sekali bentuk atap rumah yang tersedia di pasaran. Namun pada pembahasan ini, kami merangkumkan untuk Anda 7 macam bentuk atap rumah yang terbaik. Berikut penjelasan lengkapnya.

Bentuk Atap Datar

Yang pertama adalah atap datar, bentuk atap yang sering menjadi pilihan rumah minimalis. Anda mungkin sudah familiar dengan bentuk atap yang satu ini, karena memang makin banyak menarik minat orang Indonesia.

Meskipun namanya atap datar, tetap saja akan dibuat kemiringan yang cukup untuk dapat mengalirkan air. Dengan begitu, air hujan tidak akan tergenang diatas atap rumah Anda.

Bentuk Atap Rumah Bentuk Limas

Macam-macam bentuk atap rumah yang selanjutnya adalah atap limas. Karena berbentuk segitiga dengan kemiringan yang sama, atap ini disebut juga dengan atap piramida atau atap trapesium. Kemiringan pada atap limas membuatnya cocok dijadikan ruang ekstra, seperti langit-langit ruangan yang tinggi dan loteng.

Bentuk Atap Rumah Kupu-kupu

Sesuai dengan namanya, bentuk atap rumah ini menyerupai sayap kupu-kupu. Atap kupu-kupu terdiri dari dua buah atap miring yang biasanya disusun berdampingan. Pada ujung masing-masing atap, letaknya lebih tinggi dibanding bagian tengah.

Bentuk Atap Rumah Melengkung

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Selanjutnya ada bentuk atap rumah melengkung. Bentuk atap ini cocok bagi Anda yang ingin nuansa artistik pada bagian atas rumah. Anda pun bisa gunakan bentuk lengkung yang  bervariasi, mulai dari lengkungan tinggi, lengkungan terbalik, lengkungan landai, dan lain sebagainya.

Bentuk Atap Rumah Bentuk Gergaji

Macam-macam bentuk atap rumah berikutnya adalah atap rumah bentuk gergaji. Bentuknya seperti mata gergaji yang berderetan. Hal ini karena terdapat dua atau lebih atap yang disusun berdampingan, dengan kemiringan vertikal. Penggunaan atap gergaji akan memberikan sentuhan modern pada hunian Anda.

Bentuk Atap Sandar

Masih atap dengan sudut miring, bentuk atap sandar bisa menjadi pilihan. Atap sandar memiliki sudut miring tunggal, dimana sudut bagian atasnya menempel langsung pada dinding yang lebih tinggi. Bentuk miring ini akan memudahkan air mengalir dari atap sehingga tidak menjadi genangan.

Bentuk Atap Rumah Pelana

Macam-macam bentuk atap rumah yang terakhir adalah atap pelana. Anda mungkin juga sudah cukup familiar dengan bentuk atap ini. Bentuknya yang menyerupai pelana kuda memang banyak digunakan pada rumah-rumah.

Baca Juga: Perbandingan Atap Genteng dan Cor, Mana yang Lebih Bagus?

Memasang Atap Rumah dengan Bentuk Terbaik

Memilih bentuk atap rumah tentu saja tidak lengkap tanpa disertai dengan proses pemasangan yang kokoh. Proses pemasangan ini harus Anda perhatikan dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Seperti kebocoran, atap terbawa angin, dan lain sebagainya.

Soal pemasangan atap rumah, Anda bisa mempercayakan pada Kanggo. Di Kanggo, ada banyak tukang yang sudah berpengalaman dalam membantu kebutuhan perbaikan rumah. Mulai dari pemasangan keramik, pengecatan, instalasi listrik, sampai pemasangan atap.

Jadi setelah Anda memilih satu dari macam-macam bentuk atap rumah, langsung saja cari tukang di Kanggo. Anda bisa download aplikasinya sekarang melalui Play Store dan App Store. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami