BerandaBlog
5 Ukuran 6×12 Denah Rumah 3 Kamar yang Pas Untuk Kamu!

5 Ukuran 6×12 Denah Rumah 3 Kamar yang Pas Untuk Kamu!

Bagikan
5 Ukuran 6×12 Denah Rumah 3 Kamar yang Pas Untuk Kamu!
Nov 29, 2022

Ukuran 6×12 denah rumah 3 kamar menjadi salah satu desain rumah yang paling banyak digemari. Sebab, rumah dengan ukuran ini dianggap paling ideal bagi keluarga kecil yang memiliki dua orang anak.

Jika kamu bisa merancang denah ukuran rumah ini dengan tepat, kamu bisa mendapatkan carport, teras rumah, dan juga halaman yang bisa kamu gunakan untuk beraktivitas bersama anggota keluargamu. Untuk membantu kamu memiliki gambaran denah rumah yang akan kamu buat, berikut kami siapkan beberapa referensi yang bisa kamu contek.

Ukuran 6×12 Denah Rumah 3 Kamar 1 Lantai

Sumber: 99

Gambar yang satu ini merupakan rumah ukuran 6×12 denah rumah 3 kamar 1 lantai yang bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk membangun rumah minimalis yang kamu impikan.

Rumah ini berisi 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan ruang tamu dengan ukuran yang sama besar. Selain itu, kamu juga mendapatkan carport serta taman pada bagian depan dan belakang rumah.

Ukuran 6×12 Denah Rumah 3 Kamar dengan Dapur Terbuka

Sumber: 99

Apabila kamu ingin memiliki rumah dengan desain yang berbeda dengan rumah-rumah pada umumnya, coba ubah dapur rumahmu menjadi dapur terbuka yang menyatu dengan taman belakang rumah.

Meskipun desain rumah ini tidak memiliki carport di dalamnya, kamu bisa mendapatkan lebih banyak space untuk difungsikan sebagai ruang keluarga atau bahkan taman bermain di belakang rumah.

Baca juga: Memanfaatkan Ruang dengan Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana

Ukuran 6×12 Denah Rumah 3 Kamar dengan Taman yang Luas

Sumber: 99

Mewujudkan rumah dengan 3 kamar tidur juga bisa dilakukan dengan membuat bangunan rumah menjadi 2 lantai, lho! Dengan membangunnya menjadi 2 lantai, kamu bisa mendapatkan lebih banyak ruang di dalam rumah.

Gambar di atas adalah contoh denah rumah 3 kamar tidur ukuran 6×12 yang bisa kamu aplikasikan pada tempat tinggalmu. Masing-masing ruangan juga bisa dibangun dengan ukuran yang lebih besar daripada rumah 3 kamar yang dibangun 1 lantai.

Ukuran 6×12 Denah Rumah 3 Kamar 2 Lantai

denah-rumah-6x12

Sumber: Arsitag

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Desain rumah ukuran 6×12 selanjutnya dibangun menjadi 2 lantai seperti pada gambar di atas, hanya saja yang membedakannya dengan desain pada gambar sebelumnya adalah keberadaan ruang jemur di bagian belakang rumah.

Area jemuran berada di dekat taman belakang agar dapat diakses dengan mudah. Selain itu, jumlah kamar yang ada berada di atas juga hanya dibangun 1 kamar tidur dan 1 kamar mandi saja, sehingga masih ada banyak space yang bisa kamu bangun kembali jika membutuhkan ruang tambahan.

Baca juga: Inspirasi Denah Rumah Minimalis 2 Lantai yang Nyaman

Ukuran 6×12 Minimalis

denah-rumah-6x12

Sumber: 99

Jika biasanya ruang dapur berada di bagian belakang rumah, desain yang satu ini menempatkan ruang dapur di area depan rumah. Biasanya, pemilik rumah yang membiarkan orang lain untuk mengakses area dapur memang ingin melakukan aktivitas di sana bersama-sama.

Oleh karena itu, menempatkan dapur di bagian depan rumah menjadi solusi agar para tamu tidak perlu melewati ruangan lain yang sifatnya lebih privat saat akan menuju dapur.

Meletakkan dapur di bagian depan rumah juga bisa jadi salah satu cara untuk menjaga area dapur tetap bersih, lho! Sebab, kamu pasti tidak menginginkan orang lain melihat dapur rumahmu kotor dan berantakan, sehingga kamu akan terbiasa untuk merapikan dan membersihkan area tersebut.

Ukuran 6×12 dengan Balkon

denah-rumah-6x12

Sumber: 99

Desain rumah ukuran 6×13 yang terakhir hadir dengan memanfaatkan space yang tersisa untuk dijadikan balkon rumah. Balkon atau teras lantai atas ternyata mempunyai banyak manfaat, lho!

Tidak hanya sekedar membuat rumah terlihat lebih estetis, keberadaan balkon rumah juga digunakan untuk banyak aktivitas lain, seperti tempat bersantai, area berolahraga, tempat bekerja, atau sebagai lahan untuk berkebun.

Baca juga: 9 Desain Teras Rumah Cantik Anti Mainstream!

Itu tadi beberapa contoh denah rumah 3 kamar tidur ukuran 6×12 yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat rumah ukuran 6×13 dengan 3 kamar tidur versimu sendiri.

Membuat denah ukuran rumah seperti ini memang bukanlah hal yang mudah. Kamu perlu menghitung dan memahami luas serta ukuran rumah yang akan kamu bangun.

Namun, apabila kamu masih merasa kesulitan dengan perhitungan-perhitungan tersebut. kamu bisa konsultasikan rencana pembangunan hunianmu kepada tim konsultan profesional agar perencanaannya menjadi lebih akurat.

Akan tetapi, untuk persoalan pertukangan, tukang dari Kanggo adalah solusi yang paling tepat. Sebab, Kanggo memiliki tenaga tukang terlatih dan profesional yang bisa kamu andalkan untuk seluruh pekerjaan home improvement. Yuk unduh sekarang melalui App Store atau PlayStore.

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami