BerandaBlog
13+ Inspirasi Desain Dapur Mini Bar Stylish dan Aesthetic

13+ Inspirasi Desain Dapur Mini Bar Stylish dan Aesthetic

Bagikan
13+ Inspirasi Desain Dapur Mini Bar Stylish dan Aesthetic
Agt 11, 2022

Salah satu fasilitas yang paling esensial yang harus ada di dalam hunian adalah dapur. Dapur tidak hanya menjadi tempat untuk memasak, tapi dapat dijadikan sebagai tempat berkumpul dan mengobrol, baik sebagai ruang makan ataupun ruangan untuk menjamu tamu. Penyatuan dapur dan ruang makan bisa diaplikasikan dalam bentuk dapur mini bar. Penggunaannya bisa mengatasi keterbatasaan ruangan dalam hunianmu. Selain itu, juga dapat difungsikan sebagar pembatas area dapur dengan ruang keluarga tangpa terlihat sesak atau sempit.

Cek inspirasi 13 desain yang stylish dan aesthetic di bawah!

Dapur Mini Bar Gaya Kontemporer

Dapur mini bar kontemporer menggunakan warna netral pada interior dapur.

Sumber: Beddodesignconcept

Dapur mini bar dengan gaya kontemporer terlihat sangat mencuri perhatian. Gaya kontemporer ini dapat diaplikasikan dengan penggunaan warna cat tembok interior dapur seperti warna putih yang diaplikasikan pada dinding dapur, kitchen set berwarna hijau sage, dan meja bar berwarna hitam. Kamu juga dapat menggunakan lampu gantung dengan gantungan berwarna hitam sehingga mendapatkan perpaduan yang apik untuk interior dapur. Penyatuan oven pada kitchen set mempertegas aksen kontemporer pada dapurmu.

Dapur Mini Bar Tema Industrial

Dapur mini bar tema industrial banyak menggunakan unsur logam.

Sumber: Furniterus

Kini banyak orang menyukai interior dapur yang mengusung gaya industrial, mulai dari penggunaan meja kayu dengan finishing sederhana, kursi bar dari kerangka besi hollow, hingga penggunaan dekorasi berbahan logam. Sentuhan gaya industrial yang kental membuat dapur minimalis terlihat sangat eye catching dan menarik, bukan?

Dapur Mini Bar Modern dan Elegan

Dapur mini bar modern dan elegan dengan menggunakan elemen alam di dalamnya.

Sumber: Leo Furniture

Desain modern ini terlihat sangat elegan dengan penggunaan elemen batu alam di dalamnya. Misalnya saja penggunaan keramik marmer yang kali ini diaplikasikan pada lantai, backsplash, hingga meja barnya.

Tampilan warna putih yang mendominasi seluruh ruangan akan memberikan kesan glamour pada dapur tersebut. Untuk menambah kesan mewah, kamu bisa menambahkan kursi bar dengan model yang unik seperti di gambar atas. Sungguh modern dan elegan sekali, ya?

Dapur Mini Bar dari Kayu

Dapur mini bar dari kayu terlihat sangat artistik.

Sumber: The Gorbals LA

Dapur bergaya minimalis memang identik dengan penggunaan furnitur simpel dan menghindari banyak aksen yang berlebihan. Penggunaan material kayu dapat diaplikasikan pada lemari kabinet, meja dapur, dan meja bar. Ini merupakan kunci agar dapur terlihat simpel dan praktis.

Selain itu, terdapat banyak tempat penyimpanan yang dapat membantumu untuk mengurangi banyaknya barang yang berada di luar kabinet sehingga dapur dapat terlihat lebih rapi dan bersih.

Dapur Mini Bar Nuansa Colorful

Ruangan dengan banyak warna tentu dapat membuat orang yang melihatnya merasa bersemangat dan bahagia.

Sumber: Hias

Ruangan dengan banyak warna tentu dapat membuat orang yang melihatnya merasa bersemangat dan bahagia. Gunakan meja marmer pada mini bar dan tambahkan beberapa kursi lucu warna-warni. Jangan takut untuk mengombinasikan berbagai warna yang kamu suka. Pastikan warna tersebut komposisinya balance saat diaplikasikan ke dalam ruangan, ya.

Dapur Mini Bar di Bawah Tangga

Dapur mini bar di bawah tangga tidak memerlukan ruang ekstra.

Sumber: Interior Design

Bagi kamu yang mempunyai hunian berukuran kecil, kamu bisa mencoba desain mini bar di bawah tangga. Dengan begini, kamu tidak memerlukan ruang ekstra untuk membuat lekukan pada meja mini bar. Kamu cukup memanfaatkan ruang kosong pada area di bawah tangga.

Dapur Mini Bar Menghadap Jendela

Dapur mini bar menghadap jendela memiliki kenyamanan yang berbeda.

Sumber: Pinterest

Jika dapurmu mempunyai ruangan yang sangat terbatas, janganlah ragu untuk meletakkan meja bar menghadap ke jendela. Dengan menghadap jendela, kamu bisa menyantap makanan sambil menikmati pemandangan luar.

Dapur Mini Bar Nuansa Monokrom

Sumber: enrkonstruksi

Apakah kamu menyukai warna monokrom seperti warna putih dan hitam? Konsep monokrom memang tidak lekang oleh waktu dan tidak membosankan.

Kamu bisa meletakkan meja bar yang bermaterial plastik berwarna putih untuk bagian permukaan mejanya dan warna hitam untuk kaki mejanya. Warna putih dan hitam minimalis ini membuat tampilan terlihat lebih rapi dan bersih.

Dapur Mini Bar dengan Sekat Tembok

Sumber: Q Homemart

Desain dapur dengan mini bar yang tak kalah unik adalah dapur mini bar dengan sekat tembok. Pojok dapur akan tampak menarik dengan adanya sekat tembok yang tidak full dan bisa dimanfaatkan sebagai meja bar.

Selain menjadi pembeda dari ruang lainnya, sekat tembok tersebut juga memberikan spotlight tersendiri, lho! Hunian milikmu juga akan tampak rapi karena ditambah dengan kombinasi warna cream pada dinding dan material kayu yang ciamik pada furnitur dapur.

Dapur Mini Bar dengan Lampu Unik

Sumber: Rupawon

Jangan pernah meremehkan aksen lampu pada dekorasi hunianmu, ya. Kamu bisa memasang lampu yang unik sehingga dapurmu tampak lebih mewah.

Pemilihan warna silver pada gantungan lampu memberi kesan modern dan elegan. Selain itu, pilihlah warna lampu yang warm seperti kekuningan untuk menciptakan nuansa hangat pada ruangan.

Dapur Mini Bar Berwarna Pastel

Sumber: thegorbalsla

Apabila kamu ingin membangun suasana yang feminin dan kekinian, cobalah memadukan warna-warna pastel

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami
dan netral. Warna hijau pastel dan cream biasanya menjadi pilihan yang disukai oleh banyak orang. Kamu juga bisa menggunakan perpaduan warna lain, seperti biru pastel dan light yellow.

Dapur Mini Bar Semi-Outdoor

Sumber: Desainrumahtv Blogspot

Konsep semi-outdoor sangat cocok bagi kamu yang mencari rumah dengan bidang kosong di halaman luar. Selain itu, dapur ini bisa langsung terhubung ke area outdoor seperti halaman belakang rumah. Pada umumnya, rumah yang mengusung dapur mini bar bertema semi-outdoor akan menggabungkan ruang santai untuk mengobrol atau sekadar menikmati kopi di sore hari.

Dapur Mini Bar Nuansa Gelap

Sumber: pakdehfurniture.id

Tidak ada salahnya membuat dapur mini bar dengan nuansa gelap, lho! Tentunya, kamu harus mengatur penerangan di dalamnya sehingga ruangan terlihat tidak sumpek.

Untuk menambah keindahan, kamu bisa meletakkan beberapa pot tanaman hijau berukuran kecil sebagai dekorasi. Menggunakan interior warna gelap akan membuat hunianmu terkesan mewah dan elegan.

Dapur Mini Bar Tema Skandinavia

Sumber: interiordesign.id

Budaya Skandinavia memang sangat kental dengan gaya hidup minimalis. Dalam hal interior rumah, gaya Skandinavia lebih berfokus pada sisi fungsionalnya. Sama halnya dengan konsep hunian, dapur mini bar dengan gaya Skandinavia menggunakan warna putih sehingga memberi kesan natural di sekitarnya.

Tampilannya mungkin sangat sederhana, tapi jika kamu berhasil mengaplikasikan gaya Skandinavia ini pada dapurmu akan menciptakan kesan alami dan efek ilusi ruangan dapur yang lebih luas.

Baca Juga: Inspirasi Model Dapur Minimalis untuk Segala Jenis Hunian

Jenis Mini Bar

Ada beberapa jenis bar yang biasa digunakan di ruang public, antara lain seperti berikut ini:

Straight Bar

Straight bar adalah jenis bar yang memanjang dan dapat disesuaikan dengan luas ruangan yang ingin dipasang. Bar ini mempunyai banyak rak di belakang meja bar sebagai tempat untuk penyimpanan barang seperti minuman, piring, gelas dan perabotan lainnya.

Corner Bar

Corner bar sering disebut bar sudut karena memang letaknya di sudut ruangan. Bar jenis ini merupakan hasil modifikasi yang dibuat menyudut daripada harus menempel dan memanjang di sepanjang dinding.

Ukuran barnya pun lebih kecil dibandingkan jenis bar lainnya sehingga dari segi fungsional masih sangat kurang. Tak jarang corner bar ini hanya digunakan untuk dekorasi ruangan saja.

Folding Bar

Folding bar atau bar lipat adalah jenis bar yang paling banyak digunakan saat ini. Meja bar ini menjadi solusi tepat karena tidak memakan tempat. Ketika meja ini tidak ingin digunakan, kamu bisa melipatnya. Sungguh, simpel, kan?

L – Shaped Bar

Bar dengan bentuk huruf L ini banyak diterapkan di rumah minimalis atau rumah yang memiliki lahan sempit untuk dibuat dapur. Bar ini dipilih untuk memanfaatkan space yang sempit.

Baca Juga: 7 Inspirasi Desain Dapur Minimalis yang Cocok untuk Kamu

Tips Menghadirkan Dapur Mini Bar Rumah Minimalis

Pertimbangkan Ruang Terlebih Dahulu

Tips yang pertama dalam menghadirkan dapur mini bar pada hunianmu adalah mempertimbangkan terlebih dahulu ruangan yang akan digunakan. Mini bar harus berada di tempat yang mudah dijangkau. Selain itu, siapkan pula area sekitar mini bar yang cukup bebas dan jelas fungsinya. Kamu bisa memilih konsep open plan tanpa sekat.

Tentukan Ukuran yang Ideal

Setelah memutuskan ruangan yang akan dipakai membangun dapur mini bar, ukur ruangan tersebut untuk mengetahui besarnya furnitur yang akan dipakai, seperti meja bar, kursi bar, dan kitchen set. Setelah kamu memahami ruang yang tersedia, mulailah untuk mempertimbangkan gaya, fungsi furnitur, dan dimensi ruangan.

Memilih Warna Netral yang Cerah

Terdapat beberapa warna subway tile yang dijumpai di pasaran tapi ada baiknya kamu memilih warna netral dan cerah. Subway tile dengan pilihan warna abu muda atau putih merupakan pilihan terbaik yang nantinya dapat dipertimbangkan untuk dapur mini barmu.

Maksimalkan Pencahayaan

Jangan ragu untuk menambahkan pencahayaan yang lebih pada sebuah dapur mini barmu. Kamu bisa mengatur cahaya alami dari sinar matahari dengan memasang jendela besar pada dapurmu. Pengaplikasian hanging lamp juga bisa membuat dapurmu terlihat menarik saat malam hari, lho!

Meja Tersambung dengan Island Dapur

Kamu dapat sambungkan meja dengan island yang berada di tengah dapur. Meja ini juga dapat digunakan sebagai area makan. Selain itu, dengan cara ini kamu tetap dapat memisahkan area dining table dengan area persiapan makanan.

Pilihlah Dekorasi yang Menarik

Tips selanjutnya adalah menambahkan sentuhan dekorasi yang menarik dan keren. Misalnya, meletakkan sebuah vas cantik yang diisi dengan tanaman hijau di meja bar sehingga ruangan terasa sejuk dan natural.

 

Hal yang paling penting adalah kamu dapat membangun dapur mini bar ini pada space kosong sehingga hunianmu tidak tampak sesak. Jika kamu lagi ingin menciptakan dapur mini bar di dalam hunianmu, kamu bisa menghubungi Tukang Jagoan Kanggo yang siap melayani segala layanan perbaikan dapur. Tukang Jagoan Kanggo terlatih dan terpercaya untuk segala keperluan home improvement kamu. Tidak perlu kahawatir lagi, kamu bisa melakukan pekerjaan atau berkumpul bersama keluarga dan memercayakan urusan rumah kepada kami. Aplikasi Kanggo bisa di unduh langsung melalui PlayStore atau App Store sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami