BerandaBlog
Perbandingan Atap Genteng dan Cor, Mana yang Lebih Bagus?

Perbandingan Atap Genteng dan Cor, Mana yang Lebih Bagus?

Bagikan
Perbandingan Atap Genteng dan Cor, Mana yang Lebih Bagus?
Feb 10, 2022

Memiliki rumah yang nyaman tentu menjadi impian semua orang. Nah, salah satu faktor yang paling penting adalah pemilihan jenis atap untuk rumah impianmu. Pada dasarnya terdapat banyak jenis atap yang bisa kamu jadikan pilihan. Masyarakat Indonesia mengenal dua jenis atap, yaitu atap genteng dan cor. Mungkin kamu perlu membuat perbandingan biaya atap genteng dan cor untuk mengetahui biaya yang perlu dikeluarkan sebelum menentukan pilihan. Selain itu, kamu juga bisa membandingkan kualitas keduanya. Berikut ulasan lengkapnya.

Perbandingan Biaya Atap Genteng dan Cor

Pilihan jenis atap yang orang Indonesia ketahui ada banyak, namun yang paling dikenal ada atap genteng dan cor. Atap genteng banyak sekali dipilih sebab memiliki harga yang lebih terjangkau. Sedangkan untuk atap cor biasanya digunakan untuk konstruksi lantai bangunan bertingkat. Bisa juga untuk konstruksi pada atap dasar dan dipakai sebagai sebuah aksen kantilever untuk ruangan dengan model minimalis.

Baca Juga: Mau Pakai Genteng Keramik? Cek Dulu Kelebihan & Kekurangannya

Jenis Atap Genteng

Jika menginginkan harga yang lebih murah, jelas sekali menggunakan genteng yang menjadi pilihan utamanya. Perlu diketahui pertimbangan dari masing-masing kelebihan serta kekurangan. Membangun rumah memerlukan pondasi yang kuat dan kokoh. Hal itu sama dengan atap genteng, yakni pondasi kuat supaya bisa membantu menahan beban genteng tersebut.

Jenis Atap Cor

Kalau diperhitungkan lagi dengan biaya atap genteng dan cor, jelas bahwa beban yang akan dikeluarkan untuk rangka dinding lebih ringan menggunakan atap genteng. Atap cor membutuhkan topangan seluruh dinding sebagai pondasi dasar atap. Dengan begitu, kamu harus memperhitungkan pondasi dari kekuatan dinding untuk dapat menahan beban cor yang relatif lebih besar dibandingkan dengan atap genteng.

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Baca Juga: Mengenal Dak Bondek dan Biaya Pemasangannya

Biaya Per Meter untuk Atap Genting dan Cor

Perlu untuk kamu ketahui bahwa membuat kerangka untuk atap cor jauh lebih lama dibandingkan dengan atap genteng. Atap cor juga akan memakan waktu kering cukup lama. Perhitungan biayanya jika tebal cor kurang lebih sebesar 12 cm, harga konstruksi cor dengan lantai kurang lebih Rp 3.000.000 per meternya dan biaya yang diperlukan untuk per meter bisa sampai Rp 540.000.

Sebagai perbandingan konstruksi atap genteng perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 200.000 per meternya dengan baja ringan. Belum termasuk ongkos pasang atau upah tukang dan harga material genteng yang diperlukan. Biaya atap cor tentu lebih mahal, namun sebanding dengan kualitas yang lebih kuat dan kokoh.

Cari Tukang Pasang dan Perbaikan Atap Mudah Pakai Kanggo

Demikianlah pembahasan mengenai perbandingan biaya atap genteng dan cor. Pilihan mana yang kamu ambil bisa diperhitungkan terlebih dahulu sesuai budget dan kebutuhan supaya nanti rumah terbangun dengan atap pilihan terbaik. Apapun jenis atapnya, soal tukang serahkan ke Kanggo aja. 

Kanggo siap membantu kamu menemukan tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumahmu, mulai dari perbaikan atap, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi. Unduh aplikasi Kanggo melalui PlayStore atau App Store sekarang. 

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami