BerandaBlog
Bahaya Atap Galvalum untuk Rumah, Waspada Sebelum Terjadi Masalah

Bahaya Atap Galvalum untuk Rumah, Waspada Sebelum Terjadi Masalah

Bagikan
Bahaya Atap Galvalum untuk Rumah, Waspada Sebelum Terjadi Masalah
Mar 21, 2022

Bahaya atap galvalum perlu kamu kenali terlebih dahulu sebelum menggunakan jenis atap yang satu ini. Atap galvalum atau yang dikenal juga dengan atap baja ringan memang salah satu atap yang sering digunakan di Indonesia.

Meski begitu, ada resiko bahaya yang mungkin dihadapi. Apa bahaya tersebut dan bagaimana cara menghindarinya? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

Mengenal Atap Galvalum dan Bahayanya

Sebelum membahas tentang bahaya atap galvalum, kamu perlu mengetahui keunggulan atap tersebut. Atap galvalum memiliki bobot yang ringan namun kuat, membuat banyak orang memilih untuk menggunakannya.

Keunggulan lain dari atap ini adalah anti rayap, pemasangan yang mudah, dan dapat didaur ulang. Dari segi harga, atap galvalum relatif lebih murah dibanding dengan atap dari material baja dan kayu.

Namun penggunaan atap ini juga dapat mengundang bahaya terkait dengan sengatan arus listrik. Bahan baja ringan pada atap ini merupakan jenis material yang mudah menghantarkan listrik. Begitu arus listrik mengenai atap galvalum ini, penghuni rumah bisa terkena bahaya.

Seperti kejadian di tahun 2020 silam, dimana ada seorang pria yang meninggal ketika sedang membetulkan atap. Hal serupa juga terjadi di tahun 2019 dan memakan korban dua orang pria. Penyebab kedua kejadian ini sama, yaitu arus listrik yang mengalir melalui atap galvalum dan menyambar mereka.

Berdasarkan kejadian tersebut, resiko yang sama bisa saja muncul saat menggunakan atap galvalum. Sengatan arus listrik melalui atap galvalum bisa berbahaya, mulai dari luka bakar sampai kematian.

Tips Agar Terhindar Bahaya Atap Galvalum

Walaupun ada resiko yang mungkin muncul, atap galvalum tetap bisa digunakan dengan baik. Intinya adalah mencegah sengatan arus listrik pada atap jenis ini. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menghindari bahaya dari atap bahan baja ringan tersebut.

Perhatikan Rangkaian Listrik di Rumah

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Yang pertama adalah memperhatikan rangkaian listrik yang ada di rumah kamu. Jangan sampai ada kabel yang terkelupas sehingga dapat menghantarkan listrik. Gunakan pipa, pembungkus kabel, dan material instalasi listrik lainnya dengan bahan berkualitas.

Lakukan Instalasi Listrik dengan Aman

Tips selanjutnya untuk terhindar dari bahaya atap galvalum yang bisa kamu terapkan adalah melakukan instalasi listrik dengan aman. Pastikan kamu telah memeriksa kelayakan listrik di rumah sebelum menyambungkannya ke PLN. Untuk instalasi yang lebih aman, kamu bisa meminta bantuan ahli yang sudah profesional.

Matikan Listrik Saat Pemasangan Atap

Ketika kamu hendak melakukan pemasangan atau perbaikan atap, sebaiknya matikan dahulu arus listrik di rumah. Hal ini untuk mencegah sengatan arus listrik atau korsleting yang dapat membahayakanmu dan keluarga di rumah.

Serahkan Proses Pemasangan Atap Galvalum pada Ahlinya

Agar atap galvalum terpasang dengan baik dan terhindar dari bahaya, sebaiknya kamu menyerahkan tugas tersebut pada ahlinya. Selain faktor bahaya, pemasangan atap yang tepat juga penting agar tidak mudah lepas dan menyebabkan kebocoran.

Soal pemasangan atap rumah galvalum, kamu bisa mempercayakan pada Kanggo. Di Kanggo, ada banyak tukang berpengalaman yang siap membantu pemasangan atap dan urusan perbaikan rumah lainnya.

Jadi, percayakan saja soal pemasangan yang aman dan terhindar dari bahaya atap galvalum pada tukang di Kanggo. Download aplikasi Kanggo sekarang melalui Playstore dan Appstore sekarang!

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami