BerandaBlog
5 Langkah Mudah Memasang Keramik Lantai Rumah dengan Benar

5 Langkah Mudah Memasang Keramik Lantai Rumah dengan Benar

Bagikan
5 Langkah Mudah Memasang Keramik Lantai Rumah dengan Benar
Okt 21, 2021

Untuk menghemat biaya pembangunan atau renovasi rumah, biasanya pemilik rumah memilih mengerjakan sendiri beberapa pekerjaan bangunan, salah satunya pemasangan keramik. Ya, memasang keramik lantai memang tidak terlalu sulit dan bisa Anda lakukan sendiri tanpa jasa pasang keramik. Kuncinya adalah pemahaman teknik dan ketekunan selama pengerjaan.

Yuk simak langkah mudah memasang keramik lantai rumah dengan benar!

1. Siapkan Alat dan Bahan

Bahan utama yang diperlukan tentu saja keramik. Anda dapat memilih keramik berbagai jenis keramik lantai sesuai keinginan. Lebih baik siapkan keramik dengan jumlah lebih banyak dari yang Anda butuhkan. Hal ini untuk berjaga-jaga jika Anda keramik yang pecah saat pemasangan.

Setelah itu siapkan bahan dan peralatan lainnya seperti semen khusus keramik, papan aplikator, nat keramik, tile spacer, meteran, benang tebal, pensil, dan sarung tangan jika diperlukan.

Baca Juga: 8 Inspirasi Keramik Dinding Dapur Motif yang Menarik

2. Ukur Luas Lantai Ruangan

Untuk dapat memasang keramik dengan baik, Anda harus mengetahui secara pasti luas lantai ruangan tersebut. Hal ini akan membantu menentukan ukuran keramik dan berapa jumlah yang dibutuhkan. Ukur menggunakan meteran dari kiri ke kanan lalu bawah ke atas, jangan lupa buat garis dengan pensil atau beri tanda tepat di tengah. Setelah itu, pasang benang mengikuti garis meteran sebagai garis acuan untuk pemasangan keramik.

3. Rendam Keramik Lantai dalam Air Suhu Normal

Ada yang ingin ditanyakan?
Konsultasi GRATIS dengan Kanggo Sekarang
Hubungi Kami

Sebelum keramik dipasang, sebaiknya direndam di dalam air dengan suhu normal. Langkah ini akan membuka pori-pori keramik dan membuatnya lebih elastis sehingga menempel sempurna saat proses pemasangan. Selain itu, proses perendaman dapat membersihkan debu dan kerikil yang menempel pada keramik.

4. Pasang Keramik dengan Baik

Aplikasikan semen khusus secara tipis dan merata ke permukaan lantai, lakukan per area agar pengerjaan lebih terkontrol. Pasang keramik lantai dengan cara menempel dan menekan keramik satu per satu. Padatkan keramik agar terlihat rapi dengan mengetuk keramik yang baru dipasang dengan palu karet.

Baca Juga: Model Keramik Tangga Kasar, Bikin Hunian Makin Cantik

5. Memasang Nat Keramik

Untuk menyempurnakan pemasangan keramik lantai, Anda perlu memasang nat keramik. Lakukan pemasangan nat keramik 2-4 hari setelah pengerjaan pemasangan keramik lantai. Keramik lantai yang baru terpasang membutuhkan waktu untuk memastikan sisa udara dari rongga keramik sudah keluar.

Itulah langkah mudah memasang keramik lantai rumah dengan benar. Pengerjaan renovasi ganti keramik atau pemasangan keramik lantai memang tidak terlalu sulit dan bisa Anda lakukan sendiri. Namun, untuk mempermudah pengerjaan dan menghemat waktu, Anda bisa cari jasa pasang keramik berpengalaman.

Kanggo siap membantu Anda menemukan tukang untuk segala kebutuhan perbaikan rumah Anda, mulai dari perbaikan dinding, pengecatan, pasang keramik, instalasi listrik, hingga renovasi. Download aplikasi Kanggo di Play Store sekarang. Kanggo, #TukangReadyToGo

Bagikan
Bacaan Asyik Lainnya
Selengkapnya
Baca Berita
Selengkapnya
Butuh Bantuan?
Tanya Kanggo
Punya pertanyaan atau ingin
konsultasi, kami siap membantu
Hubungi Kami